√ Cara Mengatasi Radang Kuku Kambing (Panduan Lengkap)

1 min read

√ Cara Mengatasi Radang Kuku Kambing (Panduan Lengkap)

Cara Mengatasi Radang Kuku Kambing (Panduan Lengkap) Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi radang kuku pada kambing, yang pastinya akan kita pandu secara lengkap dan terperinci melalui artikel berikut ini :

Cara Mengatasi Radang Kuku Kambing (Panduan Lengkap)

Banyak masyarakat yang ternak kambing dengan tujuan untuk mendapatkan tambahan penghasilan, ternak kambing juga  adalah salah satu budidaya yang cukup menjanjikan. Tetapi perlu anda ketahui pada ternak kambing, ada terdapat berbagai masalah mulai dari kesehatan, kondisi tempat, pakan dan lingkungan yang akan mempengaruhi kondisi hewan ternak anda, salah satunya adalah peradangan pada kuku kambing. Hal ini dapat berdampak buruk bagi kondisi kambing yang anda ternak, yang mana butuh penangan khusus untuk mengatasinya.

Radang kuku pada tenak kambing ini bisa membuat kambing merasa gatal, gelisah, garuk garuk, dan bisa membuat kambing menjadi stress, nafsu makan turun, kambing menjadi kurus dan mudah terserang penyakit tentunya

Penyebab Radang Kuku

Sebelum kita bahas lebih jauh untuk proses penanganan radang pada kuku kambing sebaiknya kita harus tau terlebih dahulu penyebab semua ini. Penyebab dalam kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri sphaeroporus necrophorus yang ada dalam minuman, pakan kambing, kandang ataupun alat  yang digunakan dapam peternakan itu sendiri.

Memisahkan Kambing yang Terinfeksi

Langkah pertama adalah apabila Anda menemukan kambing yang terkena serangan radang pada kukunya, segera anda pisahkan atau di sendirikan ditempat lain dari kambing yang lainnya. Dengan melakukan pemisahan ini tujuannya agar tidak terjadinya penularan radang kuku ke kambing lainnya yang disebabkan infeksi.

Baca Juga:  Cara Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal Mudah dan Praktis untuk Pemula (Sukses)

Selain itu juga tujuan pemisahan ini bukan hanya sebagai pencegahan penularan, akan tetapi unutk mengkarantina kambing yang terkena infeksi radang kuku. Untuk dilakukan pengobatan dan penanganan secara kusus.

Memotong Kuku Kambing yang Terinfeksi

Setelah dilakukan pemisahan pada kambing yang lain, selanjutnya anda lakukan pemotongan kuku yang terinfeksi, dengan menggunakan gunting yang kuat, lakukan dengan hati-hati. Agar kondisi peradangan tidak menjadi meluas ke anggota lainnya serta mengurangi rasa sakit yang diderita oleh kambing akibat peradangan tersebut. Pemotongan dilakukan pada seluruh kuku kambing yang terkena atau mengalami peradangan.

Bersihkan Dengan Menggunakan Alkohol

Selanjutnya setelah dilakukan pemotongan kuku kambing yang terinfeksi anda dapat membersihkan bagian kuku yang sudah dipotong dengan menggunakan alkohol, larutan formaldehid atau cairan antiseptik lainnya. Kemudian berikan obat salep sulfatizol setelah Anda membersihkan bagian kuku kambing yang mengalami peradangan.

Setelah itu tutuplah dengan menggunakan perban pada bagian kuku yang sudah diobati. Ulangi pembersihan dan penutupan dengan menggunakan perban agar kambing dapar berangsur dengan kondisi primanya.

Membersihkan Kandang Kambing

Selain mengobati anda juga harus tau cara pencegahannya, sebab mencegah lebih baik dari pada mengobati. Untuk pencegahan sebaiknya anda membersihkan kandang kambing dan lakukan penataan ulang kekondisi yang sesuai. Dengan memperhatikan kebersihan, pencahayaan dan kelembapan pada kandang kambing guna mencegah kondisi penyakit yang akan muncul kembali.

Demikian ulasan mengenai Cara Mengatasi Radang Kuku Kambing (Panduan Lengkap) yang dapat dijelaskan dengan terperinci oleh berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat beternak semoga sukses dan trimakasih.

Kandungan Gizi Ikan Kakap

admin
1 min read

Makanan Yang Mengandung Fosfor

admin
2 min read

Budidaya Bekicot Dalam Drum

admin
2 min read