Cara Menanam Jeruk Manis Agar Berbuah Lebat

1 min read

9 Cara Budidaya Jeruk Manis 100% Berhasil

Cara Menanam Jeruk Manis Agar Berbuah Lebat – Hai sobat berkebun kali ini kita akan membahas tentang cara menenam jeruk. Jeruk adalah merupakan salah satu buah yang banyak sekali memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan kita. Diantara kandungan yang ada dalam buah jeruk adalah karbohidrat, gula,ย  lemak, protein, thiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, vitamin B6, folat, vitamin C, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, dan zink.

Jadi tidak ada salahnya jika kita membudidayakan buah jeruk, selain banyak khasiatnya juga dapat menjadi peluang bisnis nih bagi kita karena jeruk juga memiliki banyak peminat sehingga jika kita jual maka akan memperoleh keuntungan yang lumayan.

Nah pada kesempatan kali ini, Berkebun akan memberikan informasi nih mengenai bagaimana sih cara membudidaya jeruk manis yang mudah-mudahan berhasil. Untuk mengetahui informasinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Cara Menanam Jeruk Manis Agar Berbuah Lebat

1. Siapkan Bibit

Untuk membudidaya jeruk, seperti biasanya kita terlebih dahulu mempersiapkan bibit jeruk yang baik dan bagus. Carilah bibit jeruk yang bagus dan juga berkualitas, karena bibit akan mempengaruhi hasil yang akan diperoleh nantinya.

2. Pengolahan Lahan

Sebelum melakukan pengolahan lahan, pastikan anda sudah menyiapkan lahan untuk ditanami jeruk nantinya. Lahan harus terhindar darri ancaman banjir dan longsor, dan siapkan lah lahan yang cukup. Kemudian pengolahan lahan bisa dilakukan dengan bagaimana tanahnya dan bagaimana dengan tumbuh jeruk manis agar dapat menyesuaikan dalam pengolahan tersebut.

Baca Juga:  โˆš Ilmu Cara Budidaya Kopi Agar Hasil Panen Melimpah (Panduan Lengkap)

3. Penanaman

Sebelum melakukan penanaman, terlebih dahulu siapkan media tanam untuk jeruk, bisa menggunakan polybag, pot, ataupun tanah langsung dan lain sebagainya. Dalam penanaman buah jeruk yang bagus adalah men-stek bibit jeruk manis yang sudah teruji kualitasnya dan menghasilkan buah yang bagus dan juga super. Panjang stek untuk setiap batang minimal 25 cm agar mudah dan bagus dalam perkembangan nantinya. Namun jeruk yang ditanam harus sudah tumbuh dalam media tanam tetapi hasil semua itu adalah dengan stek.

4. Penyiraman

Dalam melakukan proses penyiraman yang baik, dilakukan dengan tidak boleh terlalu basah. Lakukanlah penyiraman pada pagi dan sore hari.

5. Pemilihan Pupuk Kimia dan Organik

Untuk pemilihan pupuk kimia pilihlah pupuk yang bagus dan juga berkualitas, untuk jeruk manis biasanya bagus digunakan adalah pupuk mutiara. Selain itu pupuk organik juga berperan penting dalam proses perkembangan, maka gunakanlah juga pupuk organik yang bagus dan juga berkualitas.

6. Pemeliharaan dan Penyemprotan

Pemeliharaan merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan agar tidak mudah busuk dan terkena penyakit. Kemudian lakukanlah penyemprotan untuk membasmi hama yang ada di tanaman jeruk. Dan berhati-hatilah dalam proses penyemprotan.

7. Pemupukan

Pemupukan dilakukan dengan manabur pupuk kimia yang khusus untuk buah jeruk, karena dengan pemupukan akan membantu perangsangan dalam pembuahan yang akan dihasilkan. Pemupukan juga harus dilakukan agak jauh agar dari akar atau batang jeruk manis karena jika dekat akan terkena layu atau menjadi mati. Hindarilah hal tersebut agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

8. Pemangkasan

Pemangkasan jeruk dilakukan agar terdapat batang baru lagi yang akan membuat batang jeruk manis tersebut tumbuh benih-benih baru. Pemangkasan sangat bagus karena akan menimbulkan buah yang cukup lama jika dibiarkan.

Baca Juga:  Manfaat Buah Persik Untuk Kesehatan Yang Penting Di Ketahui

9. Panen

9 Cara Budidaya Jeruk Manis 100% Berhasil
Cara Menanam Jeruk Manis Agar Berbuah Lebat

Panen jeruk manis ini dapat dilakukan jika sudah matang semuanya. Adapun ciri utama dari jeruk manis yang sudah dapat di panen adalah warnanya yang sudah pudar, maka jeruk tersebut sudah siap untuk dipanen.

Demikianlah informasi mengenaiย Cara Menanam Jeruk Manis Agar Berbuah Lebat. Semoga informasi ini dapat membantu anda dalam menanam buah jeruk manis. Semoga bermanfaat dan berhasil. Terimakasih ๐Ÿ™‚