√ Ilmu Cara Memelihara Musang Pandan Yang Baik dan Benar

2 min read

√ Ilmu Cara Memelihara Musang Pandan Yang Baik dan Benar

Ilmu Cara Memelihara Musang Pandan Yang Baik dan Benar – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan bahas mengenai ilmu cara memelihara musang pandan yang baik dan benar, agar musang yang kita pelihara benar-benar jinak.

Ilmu Cara Memelihara Musang Pandan Yang Baik dan Benar

Musang merupakan salah satu jenis hewan karnivora (pemangsa) yang termasuk ke dalam suku Viverridae. Tetapi ada beberapa jenis musang yang termasuk hewan omnivora, salah satunya yaitu musang pandan atau dapat juga disebut dengan musang luwak. Musang jenis ini merupakan salah satu jenis musang yang paling dikenal daripada jenis musang yang lainnya. Selain itu juga, jenis musang pandan ini akan mengeluarkan aroma yang mirip dengan harum daun pandan sebab inilah jenis musang ini disebut dengan musang pandan.

Meskipun musang tergolong binatang yang mudah untuk dipelihara,  akan tetapi tetap saja anda harus tahu dan paham bagaimana cara merawat musang yang baik dan benar. Berikut ini adalah cara memelihara musang pandan yang baik dan benar :

1. Memahami lebih dalam tentang musang

Sebelum anda memelihara musang sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu seluk beluk tentang binatang musang ini. Mulai dari jenis-jenis musang, sifat musang, karakter musang dan lain sebagainya, sehingga jika anda sudah paham maka akan memudahkan anda dalam merawatnya.

Secara alami musang pandan adalah jenis hewan yang penuh energy dan penuh akan keingintahuan. Sehingga anda perlu menyiapkan atribut-atribut atau rumah yang nyaman serta aman untuk mereka tinggali. Selain itu juga, anda rancang tempat bermain musang dengan membuat terowongan atau tempat tidur gantung, karena musang ini suka menggali. Tidak hanya itu, musang pandan juga dapat anda latih untuk menggunakan kotak pasir.

Baca Juga:  9 Langkah & Cara Budidaya Ternak Burung Puyuh Dengan Tepat

Musang adalah hewan mamalia dari keluarga karnivora (pemakan daging), namun  musang juga adalah hewan omnivora (pemakan segalanya) sebab ia juga bisa memakan buah-buahan seperti kopi, pisang dan pepaya. Selain itu musang juga bersifat nokturnal banyak aktif di malam hari dibandingkan pada siang hari. Tapi hal itu bukan berarti musang tidak bisa diajak bermain di siang hari, musang juga termasuk hewan penyayang yang tidak suka dengan yang namanya kesepian. Jadi buat anda yang memiliki banyak kesibukan dan tidak ada waktu bermain bersama hewan peliharaannya, sebaiknya jangan memelihara musang.

2. Meyiapkan kandang yang nyaman

Tempat tinggal atau kandang yang nyaman adalah hal yang sangat penting bagi hewan peliharaan, sebab mereka juga makhluk hidup yang membutuhkan ketenangan dan kenyamanan. Yang terpenting adalah anda harus rajin untuk mencuci kandang, mencuci tempat makan dan membersihkan tempat minumnya, minimal dua minggu sekali atau jika sudah terlihat kotor. Hal ini bertujuan agar tidak ada bakteri dan penyakit yang berkembang biak di dalam kandang.

3. Memberikan makanan kesukaan

Selanjutnya anda bisa memberikan makanan kesukaanya sebab musang ini adalah jenis hewan omnivora, daftar makanan mereka mencangkup daging dan herbal buah, serta beri buah-buahan lainnya, serangga dan hewan pengerat, ular kecil, kadal, katak dan lain sebagainya.

Apabila musang sedang sakit atau mengalami luka, sebaiknya anda hidarkan dari obat-obatan berbahan kimia. Hal ini disebabkan hewan musang pandan termasuk ke dalam jenis mamalia yang sensitif terhadap beberapa jenis obat.

4. Memandikan musang

Agar musang peliharaan anda terlihat bersih, wangi dan sehat sebaiknya anda harus rajin memandikannya, paling tidak 1 sampai 2 kali sebulan, bersihkan telinga dan memerikasakanya secara rutin juga sangat disarankan. Hal ini karena apabila lilin telinga atau kotoran telinga yang ada pada musang tidak segera dibersihkan maka dikhawatirkan dapat menyebabkan infeksi.

Baca Juga:  Budidaya Jangkrik Dengan 7 Cara Bagi Pemula (Sukses)

5. Menjaga kesehatan musang

Selanjutnya adalah anda harus menjaga kesehatan hewan peliharaan anda, untuk menjaga kesehatannya anda bisa memberi vitamin tambahan yang bisa anda beli di toko hewan di kota terdekat anda. Dan yang paling penting, jangan sampai musang peliharaan mengalami obesitas atau kegemukan karena hal itu bisa membuat kematian mendadak karena serangan jantung.

Selain itu juga disarankan untuk mendapatkan vaksinasi distemper dan rabies setiap tahunnya. Merk khusus vaksin akan lebih disukai dari pada yang lain untuk musang sehingga konsultasi dengan dokter hewan anda mengenai vaksin yang cocok.

Demikianlah ulasan mengenai Ilmu Cara Memelihara Musang Pandan Yang Baik dan Benar yang dapat dijelaskan dengan terperinci oleh berkebun.co.id, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya salam sukses dan terimakasih.

Makanan Ikan Nila

admin
2 min read

Makanan Ikan Gurame

admin
2 min read

Cara Merawat Ikan Guppy

admin
2 min read