√ Ilmu Cara Memelihara Ikan Arwana Di Akuarium (Panduan Lengkap)

3 min read

Ilmu Cara Memelihara Ikan Arwana Di Akuarium (Panduan Lengkap)

Ilmu Cara Memelihara Ikan Arwana Di Akuarium (Panduan Lengkap) Hai sobat, kali ini berkebun.co.id akan berbagi ilmu kepada anda semua yang memiliki peliharaan ikan arwana, terutama kepada anda semua yang pemula dan masih belum tau cara memelihara ikan hias yang satu ini.

Ilmu Cara Memelihara Ikan Arwana Di Akuarium (Panduan Lengkap)

Siapa yang tidak mengenal Ikan Arwana, ikan yang memiliki sisik yang cantik dan unik ini menjadi incaran para kolektor ikan untuk dibudidayakan karena nilai jualnya yang tinggi. Namun, nilai jual yang tinggi berbanding lurus dengan perawatannya yang gampang-gampang susah. jika anda memiliki dan suka Ikan Arwana, maka anda wajib tahu cara memelihara Ikan Arwana di akuarium, agar ikan yang harganya mahal baru saja kamu beli ini tidak mati ketika dipelihara di aqurium rumah anda.

Sebelum kita masuk untuk membahas cara memelihara ikan arwana, anda juga harus tau, secara klasifikasi ilmiah, Ikan Arwana masuk kedalam famili Osteoglasidae yang memiliki karakteristik lidah yang bertulang (bony-tounge). Dilihat dari morfologinya, pada bagian dasar mulut Ikan Arwana memiliki tulang yang berperan sebagai gigi. Ditambah pada bibir bahwanya terdapat tambahan organ seperti ikan lele yaitu dua buah sungut seperti kumis berfungsi dalam melakukan sensor getar ataupun menangkap frekuensi getaran dalam mengetahui posisi mangsa maupun ancaman pada permukaan maupun didalam air. Sungut ini juga merupakan salah satu penilaian keindahan Ikan Arwana itu sendiri.

Sebutan lain dari ikan ini adalah ikan Saratoga Barramundi di Australia,  Golden Red dan Banjar merah di Asia, kemudian Platapad, Kelesa, Siluk, Kayangan Aruwana, dan ikan naga karena bentuknya seperti naga. Nama dari Ikan Arwana ini bermacam – macam karena persebarannya di seluruh dunia dari  Benua  Asia, Australia, Amerika hingga  Benua Afrika.

Meskipun harga ikan arwana ini tergolong mahal dan langka, tetapi banyak sekali orang yang ingin memeliharanya dikarnakan jenis ikan ini memiliki keindahan tersendiri, dengan bentuk yang panjang memiliki sisik yang besar besar dengan perpaduan bentuk tubuh, warna dan keunikan kumisnya maka ikan ini terlihat elegan dengan sedikit sombong, menjadi banyak orang ingin memeliharanya di aquarium rumah. Namun, beberapa masalah muncul karena banyak yang ingin memeliharanya namun juga mengalami banyak kegagalan sebelum Ikan Arwana ini beranjak dewasa dan tak sempat dijual ataupun melihat keindahannya. Oleh sebab itu,  anda bisa memperhatikan beberapa cara memelihara Ikan Arwana sebagai berikut :

Baca Juga:  Ternak Kroto Untuk Pemula 100% Berhasil (Panen)

1. Ukuran Akuarium

Ikan Arwana adalah spesies ikan tawar,  dan dapat dipeliharan dalam akuarium dari anakan hingga dewasa. Namun, perlu diperhatikan ukuran aquarium untuk Ikan Arwana berbeda-beda menurut ukuran tubuhnya. Ukuran akuarium Ikan Arwana minimal tiga kali dari panjang tubuh ikan dari bibir hingga sirip belakang dengan lebar akuarium 1,5 kali  panjang ikan. Secara simpel maka apabila ikan mencapai 1 meter maka minimal ukuran panjang 1,5 meter, lebarnya 75 cm dan tingginya 60 cm.

Untuk ukuran ikan arwana melebihi 20cm, maka harus segera memindahkannya di aquarium yang berukuran sekitar 100cm x 50cm x 45cm dengan ketebalan kaca sekitar 8mm. Untuk panjang tubuh Ikan Arwana ketika sekitar 45cm atau lebih maka ukuran aquarium yang sesuai adalah yang berukuran 120cm x 60cm x 55cm dengan ketebalan kaca sebaiknya sekitar 10-12mm.

Jika panjang tubuh Ikan Arwana sudah melebihi  dari 80cm  aquarium yang digunakan memiliki ukuran 200cm x 100cm x 75cm dan memiliki ketebalan 30mm. Bagi anda yang berminat memelihara Ikan Arwana dari anakan hingga dewasa, maka persiapkan akuarium yang memiliki ukuran sesuai dengan ukuran Ikan Arwana dewasa. Ukuran akuarium Ikan Arwana mempengaruhi perkembangan dari tubuhnya , dan tentunya akan menambah keindahan saat dipandang.

2. Air

Air adalah hal yang paling utama pada pemeliharaan untuk ikan hias, apalagi air yang akan digunakan akan di pandang dan dipajang, makan air pada akuarium Ikan Arwana haruslah bersih karena akan mengandung larutan oksigen yang membuat ikan nyaman berenang dalam akuarium. Warna air jernih  sehat tak berwarna dan tak berbau. dan yang terpenting adalah air tersebut adalah air tawar.

3. Pemilihan Anakan Ikan Arwana

Dalam pemilihan anakan ikan arwana anda harus teliti, ukuran anakan ikan normal yang biasanya dijual di pasaran yaitu 10-12 cm. Perhatikan sebelum membeli, pastikan Ikan Arwana sehat dan berprilaku aktif. Anda juga bisa mengujinya dengan memberikan makanan pada ikan dan lihat bagaimana reaksi dari ikan tersebut, apakah ikan akan mengejar dan melahap makanan tersebut atau tidak. Pilihan Ikan Arwana yang terbaik biasanya varietas  jenis Super Red atau Golden red. Untuk pemula, kamu bisa memilih  jenis Arwana Pino (green arwana) atau Arwana brazil (Silver) yang harganya cukup terjangkau.

Baca Juga:  Makanan Ikan Gurame

4. Kebersihan Akuarium

Kebersihan akuarium harus benar – benar terjaga, sebab air yang kotor dapat membuat jamur atau lumut yang akan tumbuh di dalam akuarium itu sendiri, anda harus rajin untuk membersihkan kotoran pada akuarium, lakukan secara perlahan yang tidak mengganggu Ikan Arwana. Alat yang digunakan juga bisa didapat di toko ikan hias seperti penyedot yang dapat membersihkan kotoran yang ada di dalam akuarium.

5. Pergantian Air Akuarium

Untuk pergantian air pada akuarium sedikitnya anda harus menggantinya satu minggu sekali, air yang jarang diganti mengandung sedimen maupun endapan organik sisa – sisa kotoran dan makanan dari Ikan Arwana.  Air baru sebaiknya diendapkan dahulu selama satu hari. Menggantinya juga secara bertahap dengan mengganti  20 persen kemudian 50 persen.

6. Pemberian Pakan

Agar ikan arwana anda panjang umur, rutin untuk memberi makan, beri makan dua kali sehari pagi dan sore secukupnya. Pastikan makanan habis dan tak mengendap karena bisa menimbulkan sumber penyakit. Tambahkan porsi dari makanan seiring tumbuh berkembangnya ukuran tubuh Ikan Arwana. Dalam penggunaan pakan hidup, sebaiknya buang dahulu bagian tubuh pakan yang dapat melukai tubuh maupun mulut dari Ikan Arwana akuarium. Seperti kaki, tanduk, duri kepala udang maupun kaki. Kemudian pakan dapat dilemahkan dahulu agar Ikan Arwana tidak terlalu lelah karena kesulitan dalam menangkap mangsanya, jangan sering memberikan obat – obatan.

7. Temperatur

Untuk temparatur lingkungan Ikan Arwana disarankan sekitar 26°C – 30 °C. Hindari perubahan suhu yang mendadak, karena akan menyebabkan ikan arwana stres. tempatkan akuarium pada daerah teduh. Suhu terlalu tinggi juga menyebabkan insang ikan menggulung.

Demikianlah ulasan mengenai Ilmu Cara Memelihara Ikan Arwana Di Akuarium (Panduan Lengkap) yang dapat kami bagi, mudah – mudahan bermanfaat bagi pembacanya selamat mencoba semgoga sukses dan trimakasih.

Kandungan Gizi Ikan Kakap

admin
1 min read

Makanan Yang Mengandung Fosfor

admin
2 min read

Budidaya Bekicot Dalam Drum

admin
2 min read