√ Cara Melatih Suara Kenari Agar Keras dan Panjang (Panduan Lengkap)

2 min read

√ Cara Melatih Suara Kenari Agar Keras dan Panjang (Panduan Lengkap)

Cara Melatih Suara Kenari Agar Keras dan Panjang (Panduan Lengkap) – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas mengenai cara melatih suara kenari agar keras dan panjang, yang akan di jelaskan oleh berkebun.co.id, melalui artikel berikut ini :

Cara Melatih Suara Kenari Agar Keras dan Panjang (Panduan Lengkap)

Burung kenari adalah salah satu jenis burung yang banyak dipelihara dan digemari oleh para pecinta burung kicau, Sebab jenis burung kenari ini memiliki suara yang khas, merdu dan nyaring. Bahkan saat ini, sudah banyak perlombaan burung yang menjadikan kenari sebagai salah satu burung lomba dalam kategori suara lo sobat.

Untuk mendapatkan burung kenari yang memiliki suara keras, panjang dan nyaring maka anda perlu melakukan perawatan dan perlakuan khusus. Sebab untuk mendapatkan suara burung kenari yang keras dan panjang bukan pekerjaan yang instan sob.

Hal yang paling penting dalam melatih burung kenari adalah untuk melantangkan suara kicauannya, dan hal ini tentu akan berkaitan dengan kesehatan burung tersebut, apabila kenari tersebut sehat, maka burung kenari tersebut semakin lantang juga suaranya. Setelah suara kenari mulai lantang, maka tahapan anda berikutnya adalah melatih kekuatan otot dada dan sayapnya, dengan begitu burung kenari anda akan memiliki energi yang cukup untuk menggetarkan kotak suaranya dengan otot dada dan sayap dalam waktu yang cukup lama.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk melatih agar burung kenari anda mendapatkan suara yang keras dan panjang, menurut pengalaman para penggemar kenari :

1. Melatih kenari muda

Untuk memaksimalkan suara kenari muda, maka burung anda bisa ditempelkan dengan burung kenari yang sudah mapan atau sudah rajin bersuara. Sehingga burung kenari muda akan memiliki kecenderungan meniru, dan usahakan juga harus memiliki tutornya yang memiliki suara yang keras dan panjang.

Baca Juga:  Cara Merawat Kucing Kampung

2. Pengumbaran

Pengumbaran bisa dilakukan dengan cara menggunakan kandang umbaran atau sangkar harian yang mempunyai ukuran cukup luas atau besar.

Apabila kenari dilatih dalam kandang umbaran, maka dua tenggeran diletakkan dalam jarak yang agak berjauhan. Pengumbaran bisa dilakukan ketika burung kenari anda selesai dimandikan atau pada saat penjemuran. Durasi latihan bisa disesuaikan dengan durasi penjemuran, misalkan 2 – 3 jam dalam satu hari.

Apabila anda menggunakan sangkar harian berukuran besar atau luas, maka tempatkan beberapa tenggeran di dalam sangkarnya. Dan posisikan juga tempat pakan, tempat minum, serta pakan tambahannya pada posisi saling berjauhan, agar burung kenari akan lebih aktif bergerak. Penggunaan sangkar luas ini bisa dilakukan setiap hari selama masa terapi yang dibutuhkan.

3. Memperhatikan nutrisi pada makanan kenari

Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan cara memperhatikan nutrisi makanan burung kenari yang anda berikan setiap harinya. Anda bisa berikan air larutan selama dua hari dalam seminggu, dan sisanya anda bisa berikan air mineral atau air bersih yang matang.

Jika anda lakukan ini setiap hari , maka burung kenari anda akan cepat memiliki suara yang lebih lantang dan keras dari biasanya, dan hal ini tentu butuh waktu yang cukup lama atau tergantung kondisi dari burung tersebut dan selama itu pula perawatan yang tepat, dan harus tetap diberikan. Dengan nutrisi yang selalu terpenuhi, maka semua organ tubuh burung kenari bisa berfungsi secara normal, termasuk beberapa organ yang memiliki hubungan menghasilkan suara yang maksimal dan keras.

4. Memberikan makanan khusus

Selanjutnya anda juga bisa memberikan berbagai macam jenis makanan untuk burung kenari supaya mempunyai suara yang keras dan panjang. Seperti misalnya ramuan dari daun mengkudu, ramuan daun gingseng dengan cara mengantungnya pada sangkar seperti pada waktu pemberian sayuran lainnya.
Dan anda bisa berikan makanan tambahan seperti biji-bijian, yang mengandung cukup protein dan energi, serta sayuran hijau dan buah-buahan yang berwarna merah. Menurut beberapa dari para penggemar burung kenari ini mereka juga sering memberikan kroto atau telur semut pada kenarinya dengan jumlah hanya 3 butir saja setiap 1 – 2 kali seminggu. Telur puyuh juga bisa anda berikan untuk membantu memaksimalkan suara burung kenari dan juga bisa untuk menjaga kesehatannya.

Baca Juga:  Cara Merawat Burung Perkutut : Langkah Perawatan dan Tips Memilih Perkutut Jantan

5. Lakukan pemasteran

Cara selanjutnya agar kenari anda memiliki suara yang keras dan panjang adalah dengan cara melakukan pemasteran pada burung kenari peliharaan anda. Pemasteran ini juga bisa dilakukan untuk membantu menjadikan burung kenari menjadi pecah suaranya. Pemasteran bisa anda lakukan dengan cara menutupkan kain pada sangkar. Dimana burung kenari di dalamnya sudah dimandikan dan dijemur sehingga kondisi kenari masih segar, selanjutnya anda bisa sandingkan suara burung lain yang telah jadi.

Proses memperdengarkan suara kicaun burung yang telah jadi tersebut diharapkan bisa ditiru oleh burung kenari yang ada di dalam sangkar. Pemasteran ini juga bisa dilakukan sebagai salah satu cara untuk mengatasi kenari yang macet untuk bersuara supaya bisa menjadi bersuara kembali.

Demikian ulasan Cara Melatih Suara Kenari Agar Keras dan Panjang (Panduan Lengkap) yang dapat dijelaskan oleh berkebun.co.id, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang masih pemula, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.