Cara Budidaya Kelinci Potong (Bahas Lengkap)

1 min read

7 Cara Beternak Kelinci Yang Benar dan Menguntungkan

Cara Budidaya Kelinci Potong (Bahas Lengkap) – Hai sobat Berkebun.co.id. Kelinci merupakan salah satu hewan ternak yang banyak sekali disukai oleh semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga dewasa. Pada kesempatan kali ini Berkebun akan memberikan informasi mengenai cara beternak kelinci potong yang tepat dan juga menguntungkan. Agar kalian tidak salah-salah dalam beternak maka langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Cara Budidaya Kelinci Potong (Bahas Lengkap)

1. Bibit Unggul

Kelinci memiliki banyak sekali jenis dan variasaiĀ  harga, jika ingin berternak kelinci hias maka pilihlah indukan kelinci yang berkualitas dan jika kelinci daging maka pilihlah juga yang berkualitas agar ternak berjalan dengan lancar.

2. Kandang

Sebelum membuat kandang, terlebih dahulu menentukan lokasi untuk kelinci, sebaiknya jauhkan dari pemukiman agar baunya tidak menganggu. Kemudian untuk membuat kandang jika indukan betina dan jantan belum siap kawin maka pisahkan kandang karena akan membaut kelinci stress dan mati.

Kelinci ini merupakan jenis hewan yang rentan stress dan mati, sehingga jauhkan dari kebisingan ataupun stress agar kelinci dapat diternak dengan baik dan lancar.

3. Pakan

Untuk pakan kelinci sendiri, ada banyak sekali macamnya apalagi kelinci pedaging ada sayuran, hampas tahu, sedangkan untuk kelinci hias dapat dibelikan di toko khusus agar dapat menjaga bulu kelinci tersebut tetap sehat.

4. Cara Mengawinkan

Cara mengawinkan kelinci adalah dengan cara mencarikan indukan yang siap kawin dan sudah cukup umur. Cukup dengan menyatukan dalam kandang dan beri ketenangan untuk kawin, kemudian tinggal menunggu beberapa hari saja. Umur si betina pun harus cukup karena jika tidak cukup umur akan melukai kelinci betina.

Baca Juga:  Cara Ternak Jentik Nyamuk Untuk Pakan Ikan Mudah dan Praktis

5. Tanda Kelinci Sudah Anakan

Adapun ciri kelinci yang berhasil dalam perkawinannya memiliki ciri diantaranya adalah bulu-bulu mulai rontok, dan sering agresif dengan menyerang. Sebaiknya dipisahkan kandang dengan kelinci jantan saat betina sedang memiliki emosional yang tinggi.

6. Anakan

Setelah mengandung kemudian kelinci akan melahirkan anak, dan rentan sekali ketika kelinci lapar dapat memakan anaknya sendiri. Dan faktor keberhasilan anak tergantung dari indukan. Umumnya akan ada hidup 1-3 ekor atau lebih yang akan bertahan hidup.

7. Vitamin

7 Cara Beternak Kelinci Yang Benar dan Menguntungkan
Cara Budidaya Kelinci Potong (Bahas Lengkap)

Untuk menjaga kebugaran dan kesehatan kelinci sebaiknya diberikan vitamin setiap minggu agar kesehatannya lebih terjaga dan jangan lupa untuk memberikan vitamin dan jangan sampai stress karena pemberian air yang banyak akan membuat kelinci stress dan mati.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai Cara Budidaya Kelinci Potong (Bahas Lengkap) Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kalian yang akan beternak kelinci selamat mencoba semoga sukses dan Terimakasih šŸ™‚