Budidaya Ikan Arwana : Ph Air, Temperatur Air, Pemilihan Jenis Ikan, Pemeliharaan dan Cara Mengembangbiakkannya

4 min read

Budidaya Ikan Arwana : Ph Air, Temperatur Air, Pemilihan Jenis Ikan, Pemeliharaan dan Cara Mengembangbiakkannya

Budidaya Ikan Arwana : Ph Air, Temperatur Air, Pemilihan Jenis Ikan, Pemeliharaan dan Cara Mengembangbiakkannya – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Budidaya Ikan Louhan.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :

Budidaya Ikan Arwana : Ph Air, Temperatur Air, Pemilihan Jenis Ikan, Pemeliharaan dan Cara Mengembangbiakkannya


Ikan arwana ialah tipe ikan yang lumayan susah buat dibudidayakan .Kamu harus mempunyai modal yang banyak sebab bibit, zona pemeliharaan, serta teknik- teknik memelihara ikan ini memerlukan biaya yang besar.

Budidaya ikan arwana terkategori tidak gampang. Kamu wajib mencermati zona pemeliharaannya yang dapat berbentuk kolam ataupun akuarium yang lumayan luas.

Untuk budidaya ikan arwana dalam jumlah yang banyak hingga hendaknya Kamu memakai kolam yang luas serta berbatu sebab ikan ini suka dengan habitat berbatu seperti laut.

Tetapi Kamu tidak harus bersedih bila rumah Kamu ataupun posisi buat memelihara ikan ini tidak sangat luas, Kamu juga dapat memakai akuarium.


Langkah Awal Budidaya Arwana


Menata Tempat Penangkaran

Perihal yang senantiasa butuh Kamu perhatikan merupakan Kamu wajib menata akuarium semacam kolam dengan banyak batu supaya ikan arwana Kamu betah serta bertahan lama.

Ikan yang tidak betah hidup di tempatnya terletak bisa menimbulkan ikan tersebut mati ataupun tidak ingin tumbuh biak.

Bila perihal itu terjalin hingga Kamu yang hendak merugi. Telah menghasilkan banyak duit tetapi tidak terdapat hasilnya.

Melindungi Ph Air

Perihal lain yang wajib Kamu perhatikan dalam memelihara ikan arwana merupakan kepribadian air di kolam ataupun akuarium wajib senantiasa jernih serta upayakan air terus mengalir.

Kamu pula wajib senantiasa melindungi kandungan Ph dalam air ialah 6 ataupun 7, jangan lebih ataupun kurang sebab tidak baik buat ikan arwana.

Mencermati Temperatur Air

Upayakan suhunya normal antara 26 sampai 30 derajat celcius. Ikan ini suka dengan sinar sehingga Kamu wajib menerangi akuarium ataupun kolam bila lokasinya tertutup ataupun terhalang matahari.

Tetapi jangan galat, ikan ini pula tidak dapat hidup di dasar cahaya matahari langsung, ikan ini cuma perlu sinar seperlunya ialah tidak hitam ataupun tidak sangat cerah.

Buat budidaya ikan arwana dengan akuarium hingga Kamu wajib sediakan sebagian akuarium sebab ikan arwana berusia yang berdimensi besar tidak dapat ditempatkan dalam satu akuarium.

Tata cara budidaya dengan akuarium ini memerlukan perlengkapan yang lengkap semacam perlengkapan pengatur temperatur, oksigen pembuat gelembung, serta perputaran air supaya senantiasa mengalir.

Sebaliknya buat budidaya dengan media kolam Kamu wajib sediakan kolam yang luas supaya dapat menampung sebagian induk arwana buat dikembangbiakan.

Baca Juga:  Budidaya Jintan Hitam

Kolam yang luas membuat pergerakan ikan arwana besar jadi lebih gampang serta fleksibel. Kamu pula bisa mencampurkan budidaya ikan arwana antara kolam dengan akuarium.

Kamu dapat memilah induk yang sudah dirawat di akuarium setelah itu Kamu dapat memindahkan ikan arwana tersebut ke dalam kolam.

Memilah Jenis Ikan

Sehabis sediakan zona buat memelihara ikan arwana, bisa jadi Kamu masih bimbang buat memilah tipe ikan yang Kamu hendak pelihara.

Bila Kamu mempunyai modal lumayan besar serta menginginkan keuntungan yang besar pula hingga Kamu harus memilah arwana super red.

harga super red ini besar ialah buat ikan berusia dapat menggapai 5 juta rupiah per ekor sebaliknya bibit per ekor dapat menggapai 1 juta rupiah.

Pembesaran Benih

Berikutnya buat pembesaran benih, Kamu wajib menunggu hingga berdimensi 12 centimeter. Buat benih yang masih kecil berdimensi dekat 1 centimeter bisa diberi makan cacing pita.

Bila seekor ikan telah mulai berusia serta berdimensi dekat 12 centimeter, hingga Kamu wajib memisahkan ikan tersebut dari

ikan- ikan kecil ataupun kanak- kanak ikan sebab arwana tipe ikan pemakan segalanya tanpa memedulikan itu anaknya sendiri.

Sehingga bila Kamu mau mempunyai ikan peliharaan yang banyak hingga Kamu wajib lekas menghindari terbentuknya ikan berusia memangsa ikan anakan.

Sehabis Kamu memindahkan ikan arwana yang masih kecil hingga ikan itu bisa dipelihara hingga berdimensi 25 sampai 40 centimeter.

ikan arwana berdimensi semacam itu yang sangat dicari oleh para peminat ikan ini. Sebab ikan muda berkarakter kasar serta gesit sehingga ikan muda dengan dimensi semacam ini sangat disukai.

Buat menciptakan corak ikan yang lebih natural, Kamu bisa menjemur ikan arwana pada pagi hari sebab cahaya matahari pagi sangat baik buat membentuk corak natural yang brilian.


Proses Pemeliharaan Ikan Arwana

Proses pembesaran ikan bisa dicoba dengan berikan makanan dengan dimensi lumayan besar ataupun obat yang mempunyai zat faktor perkembangan yang banyak dijual di pasaran.

Kamu wajib berjaga- jaga dikala memanen ikan sebab berarti buat melindungi keadaan ikan arwana tidak cacat ataupun terluka sehingga biayanya senantiasa besar di pasaran.

Pakan Ikan

Buat pakan ataupun santapan yang diberikan buat ikan arwana ini wajib berbentuk gabungan pellet yang memiliki 32% protein.

Serta bermacam- macam pakan hidup berbentuk ikan mas, udang, ataupun potongan daging serta kepiting kecil.

Pakan diberikan dengan dimensi dekat 2 persen dari berat badan ikan tiap hari dengan dipecah jadi 2 kali pemberian pakan pada pagi serta sore hari. Masa kawin ikan ini umumnya pada bulan Juli serta Desember.

Menjaga Ikan Arwana

Ikan yang sudah matang kelaminnya berusia 4 tahun dengan panjang badan dekat 45- 60 centimeter. Perbandingan tipe kelamin baru dapat dikenal dikala arwana berusia 3- 4 tahun.

Perbandingan kelamin bisa dilihat dari dimensi badan serta dimensi rongga mulut. Ikan jantan lebih gampang dikenali dari wujud serta tingkahnya.

Bila Kamu memandang terdapat ikan yang tidak ingin makan itu berarti ikan jantan sebab ia lagi melindungi anaknya dalam mulutnya.

Baca Juga:  Tanam Cabai Keriting : Proses Pembibitan, Penanaman dan Panen Sukses(Panduan Lengkap)

Budidaya Ikan Arwana : Ph Air, Temperatur Air, Pemilihan Jenis Ikan, Pemeliharaan dan Cara Mengembangbiakkannya

Cara Mengembangbiakkan Ikan Arwana

Arwana super red ini diminati oleh banyak orang sehingga Kamu tidak butuh takut kalau ikan yang Kamu sudah pelihara dengan sulit payah tidak hendak laku di pasaran.

Bila Kamu tidak memiliki modal yang lumayan, hingga Kamu hendaknya memilah ikan arwana silver yang harga bibitnya tidak sangat mahal.

Bila Kamu sudah sukses memelihara arwana silver serta sukses menjual dengan keuntungan yang lumayan barulah Kamu lama- lama dapat bergeser ke arwana super red.

Umur induk arwana yang siap buat dikembangbiakkan merupakan 4 tahun ataupun lebih. Hendaknya Kamu memisahkan ikan arwana indukan dengan arwana yang lain.

Sebab Kamu wajib berikan ikan indukan dengan santapan spesial ialah udang. Arwana muda yang berusia dekat 2 tahun pula memerlukan udang.

Sehingga keberadaannya wajib dipisahkan dengan ikan berusia sebab ikan berusia yang pergerakannya lebih lelet dapat kalah saing dengan ikan anak muda yang lebih kilat.

Bila perihal semacam itu terjalin hingga ikan berusia hendak kurang nutrisi sehingga tidak bisa menciptakan bibit yang bagus. Kemudian gimana metode membedakan ikan jantan dengan ikan betina?

Ikan betina mempunyai badan serta kepala yang lebih kecil dibanding dengan ikan jantan. Bila Kamu telah mengawali buat memelihara ikan arwana ini hingga

Menjodohkan ikan arwana bukanlah susah, kala di dalam kolam ataupun akuarium ada ikan yang bertentangan tipe hingga ikan- ikan tersebut bisa berjodoh dengan sendirinya.

Untuk memandang karakteristik ikan arwana yang sudah berjodoh merupakan kedua ikan hendak berenang memutar dengan kepala serta buntut silih melekat.

Bila Kamu menciptakan 2 ikan arwana dengan gelagat demikian hingga Kamu wajib lekas memindahkan ke kolam ataupun akuarium tertentu supaya kedua ikan itu bisa tumbuh biak dengan baik.

Ikan arwana tidak butuh memperoleh dorongan dikala pembuahan serta bertelur. Kala ikan arwana betina menghasilkan telur hingga ikan arwana jantan seakan memakan telur tersebut.

Sesungguhnya telur ikan tersebut hendak dibuahi oleh ikan arwana jantan hingga keluar larva. Larva yang telah dikeluarkan oleh ikan arwana jantan umumnya yang telah berusia 8 minggu.

Corak ikan arwana wajib dicermati sebab arwana yang sangat dicari merupakan arwana yang bercorak eksotis serta indah brilian.

Buat mempermudah Kamu dalam menjual ikan arwana hingga Kamu wajib mencari channel orang- orang pecinta ikan arwana ataupun agen penjual ikan hias.

Corak ialah salah satu kepribadian yang wajib Kamu perhatikan buat dijadikan indukan. Ikan dengan corak yang bagus pula hendak menciptakan bibit yang bagus.

Demikian ulasan mengenai Budidaya Ikan Arwana : Ph Air, Temperatur Air, Pemilihan Jenis Ikan, Pemeliharaan dan Cara Mengembangbiakkannya , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Menanam Kiwi Di Dataran Rendah

admin
2 min read

Daun Semangka Kuning

admin
2 min read