Ayam Bangkok Aduan, Tips Merawatnya (Agar Tangguh)

Posted on

Ayam Bangkok Aduan, Cara Merawatnya (Agar Tangguh) – Hai sobat berkebun.co.id, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara merawat ayam bangkok aduan agar lebih kuat dan tangguh, yang akan di jelaskan secara singkat dan terperinci melalui artikel berikut ini :

Ayam Bangkok Aduan, Tips Merawatnya (Agar Tangguh)

Ayam bangkok adalah salah satu jenis ayam peliharaan yang sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat umum khususnya untuk para pecinta ayam aduan, tentunya nama ayam bangkok sudah sangat populer di hampir segala daerah di tanah air. Sesuai dengan julukan dan namanya yaitu “ayam bangkok”.

Ayam bangkok ini berasal dari negara Thailand yang sudah populer dan berkualtas tinggi dalam hal ayam petarung, ayam bangkok ini memiliki jiwa petarung yang tinggi, memiliki body yang gagah, pukulan yang kuat dan memiliki kaki yang kokoh, seperti halnya ayam liar lain yang jika bertarung dia akan bertarung sampai mati demi menjaga wilayah kekuasaanya.

Oleh sebab itu mari kita simak cara merawat ayam bangkok agar lebih tangguh dalam bertarung.

Pemilihan Jenis Ayama Bangkok

Ada beberapa jenis ayam bangkok yang dapat anda pilih, jenis ayam ini dapat di bedakan ke dalam beberapa jenis sesuai dengan warna dari bulunya yaitu :

  • Jali : Memiliki ciri dengan warna dasar bulu blirik yang bulunya campuran dari berbagai warna seperti putih, hitam dan merah.
  • Putih : yang bulunya memiliki warna keseluruhannya berwarna putih.
  • Wiring : yang memiliki ciri warna dasar hitam lengkap dengan ekor yang bewarna kuning kemarahan dan bulu rawis.
  • Klawu : jenis ini memiliki warna dasar bewarna abu – abu.
  • Blorok : Ini adalah jenis yang memiliki bulu dengan bercak-bercak dari berbagai kumpulan warna seperti putih, hutam dan merah.
  • Jragen : memiliki warna dasar hitam.
  • Wangkas : ini adalah jenis yang mirip dengan rawisnya dengan warna kuning kemerahan.

Selain dari jenis ayam bangkok yang anda pilih, anda juga bisa melihat dari beberapa ciri-ciri ayam bangkok yang berkualitas diantaranya adalah :

  • Bentuk Kepala, Bentuk kepala adalah merupakan indikator petunjuk gaya dan teknik permainan ayam petarung, oleh sebab itu anda bisa mulai melihat ciri-ciri dari bagian tubuh yang satu ini.
  • Penampilan Paruh, penampilan paruh juga dapat menjadi petunjuk tingkat ketahanan ayam bangkok, yang bagus adalah memiliki paruh dengan bentuk parit, dekok, dan beralur, alur paruh yang dalam dimulai dari pangkal lubang hidung sampai ujung paruh yang menandakan ayam tersebut sangat kuat.
  • Jengger, jengger pastinya dimiliki semua ayam jantan tetapi ada ciri jengger yang menandakan ayam tersebut kuat, anda bisa melihat bentuk jengger yang menyerupai blangkon.
  • Kulit Muka ayam, kulit muka menggambarkan bagaimana karakter dan sikap ayam dalam bertarung, ayam bangkok yang berkulit muka tebal berdaging dan berkerut kerut umumnya memiliki gaya tarung yang tenang dan memiliki tahan menerima pukulan, sedangkan dengan kulit yang tipis umumnya memiliki karakter tarung yang gesit tetapi rentan terluka saat menerima pukulan.
  • Leher, kepala yang bagus tidak memberikan kelebihan apapun jika tidak ditunjang dengan struktur dan bentuk leher yang baik, leher ayam bangkok yang baik adalah leher dengan struktur tulang yang kecil, leher semacam ini umumnya dapat mengatur keluwesan gerakan kepala dan dapat mengunci gerakan leher kepala lawan.
  • Penampilan badan, ayam bangkok yang bagus umumnya memiliki badan yang proposional, badan yang panjang dan pinggang berisi adalah tanda ayam dengan kemampuan tarung yang mumpuni, diusahakan memilih bentuk ayam dengan huruf v jika dilihat dari atas bentuk seperti ini menandakan bahwa ayam memiliki bahu yang lebar.
  • penampilan dada ayam, penampilan dada juga menentukan ketangguhan ayam dalam bertarung, tulang dada yang panjang adalah ciri ayam bangkok yang bagus, karena biasanya tulang dada seperti itu menandakan bahwa ayam memiliki daya tahan yang baik dan memiliki pukulan yang kuat.
  • Bentuk paha, bentuk dan kekuatan paha ayam menunjukan seberapa kencang pukulan ayam tersebut, paha ayam bangkok yang bagus adalah yang bentuknya menyerupai paha belalang, yakni terlihat pipih dari depan tetapi terlihat gempal dari samping. Bentuk paha seperti ini  menunjukan bahwa ayam ini mempunyai konsistensi pukulan yang memadai dan tidak mudah lemas saat melayani pertarungan panjang.
  • Selain itu juga anda bisa melihat dari bentuk sisik kaki ayam, ada beberapa jenis sisik kaki ayam yang dapat dipercaya memiliki kekuatan khasnya seperti sisik berbentuk batu lapak, sisik batu rantai dan lain sebaginya.
Baca Juga:  √ 5 Cara Ternak Kambing Modern Mudah Yang Menguntungkan

Perawatan Ayam Aduan

Perawatan adalah salah satu proses yang dapat memiliki ayam aduan yang tangguh, berikut adalah perawatan ayam aduan yang baik :

  • Pemberian pakan, pakan berfungsi sebagai sumber energi yang berdampak pada tingkah laku, prilaku dan performa saat tarung pada ayam aduan anda. Memberi makan ayam bangkok yang baik adalah dengan takaran pakan disesuaikan dengan berat badan ayam tersebut, misalnya ayam dengan bobot 3 – 4 kg maka pakan yang harus diberikan 200 – 300 gram terhitung dalam setiap anda memberi makan. Selain itu juga anda dapat memberikan multi vitamin pada ayam.
  • Memandikan ayam, bagi anda yang belum berpengalaman terkadang memandikan ayam dengan cara asal-asalan, cara memandikan yang benar adalah menggunakan air bersih dari sumur tidak menggunakan sabun, jangan menggunakan air hangat, karena air tersebut dapat merusak jaringan pertumbuhan bulu pada ayam. Waktu memandikan yang baik adalah ada puku 08:00 pagi dengan sarat tidak turun hujan.
  • Penjemuran, Setelah selesai mandi maka yang perlu dilakukan adalah penjemuran dengan cara memasukkan ayam ke kurungan bulat dan jangan lupa kasih alas di bagian bawahnya dengan kayu atau bebatuan hal itu bertujuan agar si ayam tidak guling-guling dan akan kotor kembali. Usahakan penjemuran dilakukan pada pukul 10 pagi.

Memberikan Pelatihan Pada Ayam

Memberika pelatihan pada ayam sangat penting dilakukan, sebab akan melatih mental bertarung ayam tersbut lebih kuat. Biasanya para mastah melatih ayam-ayamnya mulai dari usia 6 – 7 bulan sedangkan pada usia 1 – 5 bulan pertama difokuskan untuk proses pertumbuhan badan.

Demikian ulasan mengenai Ayam Bangkok Aduan, Tips Merawatnya (Agar Tangguh) yang dapat dijelaskan dengan singkat dan padat oleh berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya semoga sukses dan trimakasih.

Baca Juga:  Ulat Kandang : Cara Budidaya Untuk Pakan (Panduan Lengkap)