Jenis Mangga Yang Manis dan Mudah Ditanam (Panduan Lengkap)

3 min read

Jenis Mangga Yang Manis dan Mudah Ditanam

Jenis Mangga Yang Manis dan Mudah Ditanam (Panduan Lengkap) – Hai pencinta buah, iklim di Indonesia yang tropis tentu membuat negara ini diberkahi oleh berbagai macam buah-buahan, salah satunya adalah buah mangga, buah mangga di Indonesia ini bukan hanya ada satu jenis saja loh, karena di sini ada berbagai macam buah mangga dari beberapa kota berbeda di Indonesia.

Jenis Mangga Yang Manis dan Mudah Ditanam (Panduan Lengkap)

Jika anda memang benar-benar pecinta buah pasti anda sudah tidak asing lagi dengan berbagai macam jenis buah mangga yang ada di indonesia berikut ini berkebun akan sedikit menjelaskan jenis-jenis mangga yang manis dan mudah ditanam :

1. Mangga Indramayu

Mangga indramayu ini sudah tidak asing lagi buat pecinta buah mangga sebab rasanya yang manis dan lezat, mangga Indramayu  ini punya ukuran yang cukup besar. Bahkan dagingnya pun tebal, pasti anda puas memakannya, Tak kalah manis dengan mangga lainnya, bahkan ada yang mengatakan bahwa mangga inilah yang termanis di Indramayu. Oleh sebab itu, tak heran jika mangga Indramayu ini lebih laris di pasaran dibandingkan mangga lainnya di Indramayu.

Cara menanam dan merawatnya buah mangga ini juga mudah dan bibitnyapun mudah didapat karna jenis mangga ini sudah tersebar di seluruh wilayah di indonesia.

2. Mangga Arumanis

Bagi anda pecinta buah mangga pastinya anda sudah pernah menikmati mangga arumanis?  buah mangga yang satu ini memang banyak kita jumpai di supermarket, swalayan maupun pasar tradisional sekalipun, karena memang buah mangga ini sudah sangat populer bagi kalangan masyarakat di Indonesia.

Mangga arumanis adalah salah satu varietas mangga lokal unggulan. Meskipun digolongkan sebagai salah satu buah lokal, namun buah mangga ini mempunyai kualitas yang baik, dan tidak kalah dengan buah impor lainnya. Buah mangga jenis ini menawarkan sensasi rasa yang cukup lezat, manis, sesuai dengan namanya dan dagingnyapun sangat tebal.

Syarat tumbuh pohon mangga inipun tidak begitu sulit untuk di tanam,  pada dataran rendah hingga ketinggian 1.200 meter diatas permukaan air laut. Adapun jenis tanah yang paling cocok untuk bibit mangga arumanis adalah jenis tanah yang gembur yang banyak mengandung unsur hara. Pohon mangga arumanis ini sangat memerlukan penyinaran sinar matahari secara penuh.

Baca Juga:  Cara Menanam Strawberry : Pembibitan, Penanaman, Perawatan dan Pemanenan

3. Mangga Apel

Mangga apel atau juga di sebut mangga ningrat. Mangga ini sebenarnya rasanya sangat masam, namun setelah di beri pupuk TSB rasanyapun berubah drastis menjadi manis setelah tua dan matang. Rasa buahnya yang masam ketika masih muda dan menjadi ciri khas jenis mangga ini bentuk buahnya yang mirip dengan buah apel pada umumnya, karena bentuk dan warna merah dan hijau layaknya buah apel.

Mangga jenis ini ditanam dengan jarak antar pohon sekitar ± 4 meter dan untuk memudahkan perawatan dan pemanenan mangga maka tinggi pohon dipertahankan sekitar 2-3 m dengan cara memangkas cabang dahan pohon secara teratur, Untuk mengatur jumlah buah supaya besarnya seragam setiap cabang dahan pohon yang akan mengeluarkan buah diusahakan hanya beranting dua. Dan, Untuk menjaga mangga menyebar merata dengan posisi mudah dijangkau untuk perawatannya setiap ranting pohon yang terdapat mangga digantung dengan tali. Dan, Untuk membuat buah mangga matang dipohon dengan kwalitas bagus setiap buah dilindungi dengan jaring lentur yang digantung dengan tali. Buah yang sudah matang akan terlepas dari tangkainya secara alami tanpa dipetik dan tetap terbungkus jaring lentur yang masih menggantung. Dengan demikian kulit mangga yang telah matang tersebut tetap mulus dan tidak rusak sehingga, Pada masa panen tiba pengambilan mangga matang dilakukan setiap hari Satu pohon mangga dapat menghasilkan 150 – 250 buah mangga apel.

4. Mangga Golek

Mangga golek merupakan salah satu jenis atau varian mangga yang kabarnya pertama kali dikembangkan di tanah India. Meski demikian, saat ini dengan mudah kita bisa menjumpai mangga dengan jenis yang satu ini termasuk di Indonesia. Bahkan, para petani menyebut bahwa mangga golek yang ada di Indonesia berbeda dari mangga golek yang ada di India. Mangga golek versi Indonesia dibudidayakan di wilayah Purbolinggi juga Pasuruan. Kepopuleran mangga golek ini sungguh luar biasa. Bahkan Menteri Pertanian secara resmi telah mengumumkan mangga golek ini sebagai salah satu varietas mangga lokal yang unggul, dan jenis mangga ini sangat mudah untuk di budidayaan di wilayah tropis di indonesia. pada dasarnya buah mangga ini berbentuk panjang dan pada bagian ujungnya sedikit meruncing,

Bagaimana dengan rasa dan daging buah mangga golek ini, Daging buahnya tentu tebal dan berwarna kuning menuju oranye saat matang. Daging ini lunak tak berserat dan saat matang sempurna, rasnaya sangat manis di dilidah. Daging buah ini mengandung banyak air dan akan semakin terlihat jika mangga golek semakin matang. Jadi, jika Anda hendak menikmati buah mangga jenis golek ini, pastikan ia tidak terlalu matang supaya terasa lebih segar.

Baca Juga:  √ Cara Budidaya Buah Mengkudu Agar Buah Lebat (Panduan Lengkap)

5. Mangga Alpukat

Mangga alpukat merupakan sebutan untuk buah mangga yang dikupas dan dimakan seperti halnya buah alpukat dengan sebab itu masyarakat menyebutnya dengan mangga alpukat.Keistimewaan mangga ini adalah pada rasanya yang lebih manis dan tahan lama. Berbeda dari jenis mangga lainnya yang biasa dikenal oleh masyarakat, cara menyantap mangga alpukat ini pun cukup praktis. Mangga ini tidak perlu anda mengupas kulitnya, cukup dengan dibelah tengahnya kemudian diputar hingga terbelah menjadi dua. Lalu daging buahnya dapat langsung dimakan menggunakan sendok seperti makan buah alpukat.

Sedangkan untuk proses penanaman buah ini banyak menggunakan dengan cara cangkok atau stek, sebab dengan cara ini sangat cepat ke masa buah, hanya membutuhkan sekitar 2-3 tahun saja sudah bisa menghasilkan buah yang lebat.

6. Mangga Madu Anggur

Mangga Madu Anggur, adalah jenis mangga yang memiliki rasa manis dan legit.  Buah mangga Madu Anggur bentuknya hampir mirip dengan buah mangga Manalagi, bulat lonjong, kulit buahnya yang tebal dan tetap berwarna hijau berbintik keputihan meskipun sudah tua, rasanya tidak begitu masam meski buahnya masih muda, daging buahnya tebal, lunak, dan berwarna kuning jika sudah matang.  Mangga Madu Anggur merupakan mangga yang termasuk langka di Indonesia.

Tanaman mangga madu anggur termasuk tanaman dataran rendah. Tanaman buah mangga anggur ini dapat tumbuh dan berkembang baik di daerah dengan ketinggian antara 1-300 m di atas permukaan laut. Meskipun demikian, tanaman buah mangga ini juga masih dapat tumbuh sampai ketinggian 1.300 m di atas permukaan laut. Daerah dengan curah hujan antara 7250-2.000 mm per tahun dan temperatur 22-27° C merupakan tempat tumbuh yang baik untuk tanaman buah mangga ini. Jenis tanah yang disukainya adalah tanah yang gembur, berdrainase baik, ber-pH antara 5-6 dan dengan kedalaman air tanah antara 50-150 cm.

Demikian Jenis Mangga Yang Manis dan Mudah Ditanam (Panduan Lengkap)  yang dapat berkebun jelaskan mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca, tetap semngat untuk berkebun dan tidak lupa salam sukses buat kita semua.