Daun Sukun : Manfaat Daun Sukun Kering Untuk Kesehatan

2 min read

Daun Sukun : Manfaat Daun Sukun Kering Untuk Kesehatan – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas mengenai daun sukun, cara mengolah daun sukun kering untuk dijadikan teh, yang bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Daun Sukun : Manfaat Daun Sukun Kering Untuk Kesehatan

Buah sukun sudah tidak asing lagi di dengar, sebab buah sukun ini sangat enak untuk dijadikan berbagai macam makanan ringan.  Tetapi mungkin anda masih belum begitu familiar mengenai manfaat dari daun sukun kering yang begitu banyak manfaatnya untuk dijadikan obat herbal. Sebab obat tradisional saat ini sangat dicari oleh banyak manusia untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Berikut adalah beberapa yang terkandung dalam daun sukun, diantaranya adalah mengandung kalium, yang  berperan besar sebagai penghancur batu ginjal dengan mengencerkan batu yang dapat dihilangkan melalui urin (air seni). Manfaat daun sukun kering lainnya juga didapat dari kandungan asam amino esensial, hidrosianat, riboflavin, tanin, asetilkolin, dan polifenol. Berikut adalah beberapa manfaat daun sukun kering untuk kesehatan.

Mengobati Pembesaran Limpa

Teh daun sukun memiliki aktivitas antitoksin, dengan memiliki antioksidannya yang tinggi. Teh daun sukun dapat melakukan detoksifikasi dan menghilangkan racun dalam tubuh manusia, sehingga meringankan limpa. Dengan rutin meminum teh 1 cangkir per hari dapat mengobati penyakit ini.

Pembesaran limpa dapat disebabkan oleh kerusakan sistem limpa, dengan faktor risikonya yang beragam, tetapi yang paling umum adalah disebabkan tubuh kita mengandung terlalu banyak racun. Sehinggga banyak makanan buruk membuat limpa tidak dapat berfungsi dengan baik dalam menciptakan enzim dan hormon yang dibutuhkan untuk menelan makanan, sehingga sistem limpa akan rusak.

Baca Juga:  Tanaman Jahe Dalam Karung : Teknik Budidaya untuk Pemula (Sukses)

Manfaat daun sukun kering yang dijadikan teh, juga dapat digunakan untuk mengatasi peradangan hati. Beberapa zat yang terkandung dalam daun sukun, seperti asetilkolin dan antioksidan, sangat baik untuk melawan peradangan.

Meredakan Asam Urat

Teh daun sukun kering juga bermanfaat dapat mengurangi asam urat secara bertahap, daun sukun kering juga memiliki sifat antiinflamasi, yang sangat baik untuk mengurangi peradangan pada sendi. Saat mengonsumsi teh daun sukun ini, sangat dianjurkan untuk menghindari makanan dengan kandungan purin yang tinggi. Purin merupakan penyebab timbulnya asam urat.

Mengobati Penyakit Liver

Hati adalah salah satu organ yang sangat penting di dalam tubuh manusia. Jika terjadi gangguan fungsi hati, maka gangguan tersebut dapat memengaruhi kinerja organ lain dalam tubuh kita. Pola hidup tidak sehat seperti konsumsi alkohol, merokok dan seringnya begadang bisa menjadi salah satu penyebab utama dari gangguan fungsi hati. Mengkonsumsi teh daun sukun setiap haru minimal satu gelas, bisa menjadi salah satu langkah mencegah peradangan yang menyebabkan rusaknya fungsi hati pada manusia.

Menstabilokan Kadar Gula

Teh daun sukun juga bermanfaat menurunkan gula darah. Kadar gula darah yang tinggi tidak boleh diremehkan sebab bisa menjadi salah satu indikasi penyakit diabetes. Kandungan flavonoid yang ada dalam daun sukun dipercaya dapat mengatasi dan mengobati dengan ampuh menjaga kestabilan gula darah sehingga sangat baik untuk pencegahan diabetes.

Itulah beberapa manfaat daun sukun yang dapat ditulis oleh berkebun.co.id, dan masih banyak lagi manfaat lainnya dari teh daun sukun kering.

Proses Pengolahan Pembuatan Teh Daun Sukun

Proses pengolahan agar khasiat serta manfaat yang terkandung dalam daun sukun herbal ini bisa diserap dengan maksimal oleh tubuh kita, dan untuk menghindari terjadinya efek samping dalam mengkonsumsi sehingga tidak terjadi keracunan yang berbahaya bagi kesehatan, berikut ini adalah cara yang benar  dalam mengolah daun sukun mulai dari proses pemilihan bahan, penjemuran sampai proses perebusan daun sukun.

Baca Juga:  Cara Merawat Bunga Melati

 

  • Yang pertama anda sebaiknya memilih daun sukun yang sudah tua, atau yang sudah menguning dan masih di tangkai belum jatuh ke tanah.
  • Sebaiknya anda juga menghindari mengambil daun yang sudah jatuh lama di atas tanah.
  • Sebaiknya memakai daun yang masih segar, hindari mengolah daun yang tidak sehat seperti banyak lubang, kotor, warna tidak merata dan berjamur. Biasakan mencuci dengan air mengalir sebelum mengolah daun sukun.
  • Jika olahan herbal menggunakan daun kering, lakukan penjemuran dibawah sinar matahari sampai daun sukun benar-benar kering.
  • Dalam proses cara merebus daun sukun yang benar sebaiknya selalu memakai gerabah tanah liat, atau paling tidak dengan menggunakan panci stainless steel. Hindari memakai panci alumunium sebab zat pada daun sukun dapat menimbulkan reaksi yang beresiko membahayakan kesehatan sehingga bukan mengobati tetapi dapat menimbulkan penyakit.

Demikian ulasan mengenai Daun Sukun : Manfaat Daun Sukun Kering Untuk Kesehatan yang dapat dijelaskan secara singkat dan padat oleh berkebun.co.id, sihingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda dan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga berhasil dan sukses trimakasih.