Cara Ternak Burung Parkit Untuk Pemula (Sukses)

2 min read

cara ternak burung parkit untuk pemula (sukses)

Cara Ternak Burung Parkit Untuk Pemula (Sukses) – Untuk kesempatan kali ini berkebun.co.id, akan membahas tentang cara beternak dan merawat burung parkit yang baik dan benar, bagi anda yang pemula dan hobi sebaiknya anda baca panduannya melalui artikel berikut ini :

Cara Ternak Burung Parkit Untuk Pemula (Sukses)

Burung parkit ini memiliki berbagai jenis warna bulu yang indah dan memikat bagi yang melihatnya, untuk saat ini melihat banyaknya orang yang gemar memelihara burung parkit, maka tidak heran jika bisnis ternak burung parkit cukup menjanjikan dan menguntungkan.

Hal ini pun memicu para penggemar burung lain yang awalnya hanya senang dengan warna dan suaranya, kini mulai mencoba berbagai cara untuk mengembangbiakkan burung parkit.

Bagi anda yang pemula, tentu dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman agar anda sukses dalam beternak maupun hanya sekedar memelihara burung parkit ini.

Namun, jika anda belum begitu mengetahui bagaimana cara ternak parkit yang baik dan benar, maka berkebun.co.id akan memberikan berbagai tips dan trik cara beternak parkit. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Memilih Burung Parkit Jantan Dan Betina Yang Bagus

Untuk melakukan beternak burung parkit sebaiknya anda perlu pengetahuan dasar bibi dan bobot burung parkit yang baik, yang pertama adalah anda mengenali perbedaan parkit jantan dan betina.

Mengerti bedanya parkit jantan dan betina merupakan hal yang mutlak karena jika anda salah beli, maka anda tidak akan pernah berhasil beternak parkit. Pilihlah parkit jantan dan betina yang sehat dan memiliki bulu yang indah.

Menjodohkan Burung Parkit

Dalam melakukan perjodohan burung parkit, yang harus anda lakukan  adalah anda harus menyiapkan kandang yang terpisah untuk burung jantan dan betina. Selanjutnya anda tempatkan pada masing-masing sangkar kemudian dekatkan kedua burung parkit tersebut.

Baca Juga:  Cara Merawat Burung Perkutut : Langkah Perawatan dan Tips Memilih Perkutut Jantan

Untuk proses perkenalan ini dapat berjalan selama kurang lebih 1 minggu. Jika burung tampak sudah akrab dan mulai saling suka yang ditandai dengan burung jadi seringnya berkicau, selain itu juga dengan sering berdekatan itu menandakan jika proses perjodohan memberikan tanda tanda yang positif.

Setelah itu maka anda tinggal menunggu waktu, supaya parkit itu merasa cocok kemudian menjadi pasangan. Akan tetapi, apabila anda membeli parkit yang sudah berpasangan, maka proses ternak burung parkit bisa menjadi lebih mudah.

Jika burung parkit jantan dan betina sudah merasa dekat maka biarkan pada satu sangkar kecil. Sangkar tinggi bundar adalah pilihan yang tepat. Sebab semakin sempit, maka sepasang burung parkit itu akan jadi semakin dekat.

Dengan begini, anda dapat menyaksikan apakah parkit jantan serta parkit betina cocok satu dengan yang lainnya. Kandang kecil dapat memudahkan anda untuk mengamati gerak-gerik keduanya.

Apabila kedua parkit saling membersihkan bulu atau meloloh satu sama lain, maka sepasang parkit tersebut telah cocok dan siap untuk diternak.

Namun  apabila parkit betina terlalu dominan atau pejantan sangat agresif, anda dapat memisah dan membeli pasangan baru. Sebab proses perjodohan burung parkit yang kurang cocok memakan waktu yang terlalu lama.

Menyiapkan Kandang Parkit Yang Baik

Selanjutnya jika perjodohan burung parkit sudah berhasil, maka anda harus menyiapkan kandang yang lebih besar untuk menjadi tempat burung parkit berkembang biak. Untuk ukuran kandang burung parkit, paling tidak ukurannya adalah 40 cm x 40 cm x 60 cm untuk sepasang burung.

Dan jika anda punya burung parikit lebih dari 5 pasang, maka untuk ukurannya dapat anda buat sekitar panjang 100 cm x lebar 100 cm x tinggi 180 cm.

Ukuran kandang harus menyesuaikan dengan jumlah burung yang akan kita ternak. Jika jumlah burung banyak, maka ukuran kandangnyapun harus leih besar juga. Atau anda dapat menempatkannya pada satu kandang setiap sepasang burung parkit.

Baca Juga:  Ternak Kelinci : Tujuan Usaha, Pembibitan, Reproduksi, Pemanenan dan Metode Pemeliharaan

Setelah itu anda harus menyediakan tempat minum serta tempat makan di dalam kandangnya. Kemudian pastikan kandang punya pintu untuk membersihkan serta pintu untuk mengganti makanan dan juga minumnya. Di dalam kandang parkit, sebaiknya sediakan ranting ranting sebagai tempat burung nangkring.

Selain itu juga anda juga harus menyediakan sarang yang biasanya berbentuk kotak bisa menggunakan triplek atau terbuat dari papan.

Memberikan Makan Burung Parkit

Untuk jenis makanan burung parkit ini adalah berasal dari biji-bijian, sayuran dan juga buah-buahan. Biasanya untuk makanan yang berupa biji-bijian yang disukai adalah berupa biji milet merah, biji millet putih.

Sedangkan untuk jenis sayuran adalah sayur bayam, wortel, dan  kol, untuk jenis buah-buahan adalah buah pepaya, buah apel, buah pisang, dan juga buah pir. Selain itu juga anda bisa memberikan suplemen serta vitamin herbal, salah satunya adalah dengan memberikan OrBird.

Merawat Kandang Burung Parkit

Kebersihan kandang adalah sangat dibutuhkan, sebab dengan kandang yang bersih akan terhindar dari serangan penyakit yang dapat mengakibatkan burung yang berada didalamnya menjadi setres dan juga kematian. Oleh sebab itu, pastikan bahwa kondisi sekitar kandang tetap kering dan tidak lembap.

Bersihkan juga minuman pada wadah karena biasanya terdapat cacing dan jentik nyamuk. Ganti air minum secara berkala dan bersihkan kandang secara perlahan.

Demikian ulasan mengenai Cara Ternak Dan Merawat Burung Parkit Yang Baik dan Benar (Panduan Lengkap) yang dapat berkebun.co.id jelaskan dengan terperinci, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang pemula selamat mencoba semoga sukses dan teriakasih.

Kandungan Gizi Ikan Kakap

admin
1 min read

Makanan Yang Mengandung Fosfor

admin
2 min read

Budidaya Bekicot Dalam Drum

admin
2 min read