Cara Merawat Burung Kicau : Perawatan Burung, Kandang dan Pakan yang Benar

5 min read

Cara Merawat Burung Kicau : Perawatan Burung, Kandang dan Pakan yang Benar

Cara Merawat Burung Kicau : Perawatan Burung, Kandang dan Pakan yang Benar – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Merawat Burung Kicau.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :

Cara Merawat Burung Kicau : Perawatan Burung, Kandang dan Pakan yang Benar

Mempunyai burung yang giat berkicau pastinya sangat di idamkan tiap owner burung.

Sesungguhnya terdapat 3 aspek yang dapat tingkatkan burung giat berkicau ialah kepribadian ataupun trah, pola perawatan serta area serta pula pakan dan minuman.

Sebaliknya metode menjaga burung supaya giat berkicau sesungguhnya dapat dicoba dengan bermacam metode.

Perihal yang kamu butuhkan merupakan konsistensi, lebih bersabar, ulet serta pula menguasai dengan baik apa saja kepribadian dari burung peliharaan karena berbeda tipe burung pula berbeda karakternya.

Buat kamu yang igin memelihara burung ataupun para pendatang baru, silahkan ikuti pembahasan kali ini tentang metode menjaga burung supaya giat berkicau dibawah ini.

Langkah Perawatan Agar Burung Giat Berkicau

Pengembunan

Metode awal dalam menjaga burung biar giat berkicau merupakan dengan pengembunan yang dicoba saat sebelum burung dijemur yang pula wajib dicoba pada metode memelihara burung lovebird.

Pada pagi hari dekat jam 5 pagi, sangkar burung dapat diletakkan pada dahan tumbuhan biar burung dapat memperoleh hawa yang fresh buat tingkatkan respirasi.

Pengembunan ini sangat berarti dicoba biar burung dapat merasakan area semacam habitat asli mereka serta atmosfer pagi hari memanglah sangat disukai burung buat berkicau dengan giat.

Menjemur Pagi serta Sore

Berbeda dengan metode memelihara burung dara yang dapat diumbar, tidak hanya proses pengembunan yang dicoba pada pagi hari.

Berikutnya burung pula wajib dijemur dekat jam 7 pagi biar dapat memperoleh cahaya matahari yang lumayan serta badan burung dapat lebih hangat.

Menjemur burung pula sangat berarti karena matahari merupakan sumber vit D natural buat burung sekalian bagaikan metode melenyapkan bakteri dan jamur yang terdapat di badan serta sangkar burung.

Mensterilkan Kandang

Mensterilkan kandang ataupun sangkar burung pula jadi perihal berarti selanjutnya biar burung giat berkicau karena burung sangat bahagia.

Bila tempat tinggalnya senantiasa bersih dari bermacam kotoran yang melekat di kandang tercantum pula dalam metode menjaga perkutut.

Untuk itu, mensterilkan kandang dengan tertib pula jadi kunci sukses supaya burung dapat giat berkicau.

Angkat Wadah Pakan Saat Sebelum Tidur

Mengangkut wadah pakan ataupun cabut voer saat sebelum tidur bermanfaat agar dikala burung bangun di pagi hari, hingga pakan  awal kali merupakan protein hewani .

Semacam kroto ataupun serangga yang sangat baik buat membentuk kepribadian serta mental semacam hidup burung di alam liar.

Cabut voer ini pula bermanfaat biar burung dapat lebih jinak serta menghindari obesitas sehingga kesimpulannya burung hendak malas beraktifitas serta berkicau.

Tata cara ini dicoba dengan metode mengangkut wadah pakan dikala hari telah hitam yang dicoba tiap malam dekat jam 7 malam.

Serta lampu senantiasa dinyalakan buat menghindari burung senantiasa berkicau di tempat yang hening serta hitam.

Berlatih Dengan Cermin

Memakai kaca buat melatih mental burung menghasilkan bunyi bagaikan naluri burung dikala mereka lagi tersaingi sebab memandang bayangannya di kaca.

Perawatan ini memanglah tidak bertujuan biar burung dapat berkicau dengan suara yang indah, tetapi melatih burung buat berani menghasilkan suara.

Baca Juga:  Panduan Lengkap Praktis Cara Menanam Buah Kecapi

Kaca tersebut dapat digantungkan pada bilik sangkar, tetapi perhatikan bila burung jadi marah, hingga lumayan dekatkan cerminnya saja buat menjauhi bulu di sayap serta ekor jadi rontok.

Dekatkan Dengan Burung Sejenis

Sangkar burung pula dapat didekatkan dengan sangkar burung lain yang sejenis ataupun diketahui dengan sebutan mentrek.

Buat metode ini wajib diseleksi burung sejenis yang balance baik dari segi umur, penampilan serta sebagainya.

Bila memilah burung yang salah, hingga dampaknya dapat parah sebab burung dapat tekanan pikiran sebab mendengar kicauan burung lain yang lebih bagus.

Nantinya, burung hendak enggan berkicau serta lebih fokus mencari jalur buat melarikan diri sebab merasa tertekan.

Letakkan Sangkar di Keramaian

Meletakkan sangkar burung di tempat yang ramai bertujuan biar burung terbiasa dengan kondisi tersebut serta tidak gampang tekanan pikiran yang pula wajib dicoba pada metode memelihara burung murai.

Kandang ataupun sangkar dapat diletakkan di teras ataupun tempat lain yang kerap dilalui. Tambahkan pula sebagian sangkar yang lain biar burung dapat lebih aman sebab memandang burung lain.

Perawatan ini sangatlah berarti spesialnya bila kamu mau menyertakan burung pada perlombaan dimana zona tersebut sangatlah ramai.

Bila sangkar burung sangat lama diletakkan pada tempat yang hening hendak membuat burung gerabakan serta lebih khawatir dengan orang.

Buat itu meletakkan burung di zona keramaian wajib dicoba secara tidak berubah- ubah semacam bawa ke sahabat lain yang pula memelihara burung, tiba ke perlombaan ataupun digantang pada area yang ramai.

Mastering Dengan MP3

Perawatan berikutnya biar burung giat berkicau merupakan dengan memutarkan suara burung sejenis melalui MP3. Ini sangat berarti buat memantapkan mental burung yang terbilang masih liar.

Seleksi suara burung sejenis yang merdu ataupun suara burung yang telah menang perlombaan.

Jalani pemasteran dengan sela waktu 5 menit bunyi serta 5 menit diam dan suara yang dijadikan pemasteran diseleksi yang tidak sangat panjang serta tidak sangat banyak alterasi.

Buat sesi dini, seleksi 1 suara dahulu semacam contohnya suara jangkrik. Jalani ini sebanyak 3 kali satu hari sepanjang 1 jam dapat pagi, siang serta malam.

Setelah 1 minggu, hingga suara dapat ditambahkan dengan metode senantiasa memutar suara awal kemudian tambahkan dengan tipe suara ketiga biar burung tidak meninggalkan suara lama yang telah dipelajari.

Triknya merupakan memutar suara awal sepanjang 5 menit serta lanjutkan suara kedua sepanjang 5 menit serta demikian juga berikutnya.

Latihan Secara Teratur

Latihan teratur serta tertib diperlukan buat melindungi keadaan burung biar senantiasa bugat semacam perawatan murai batu dorong ekor.

Tempatkan burung pada tempat yang ramai tetapi tidak sangat bising karena dapat membuat burung demam panggung bila kondisinya belum benar benar siap.

Burung terkadang pula dapat merasa gugup buat berkicau di zona yang sangat ramai sehingga mental wajib dilatih terlebih dulu biar terus menjadi kokoh serta tidak gugup dikala terletak di tempat yang sangat ramai.

Bagikan Racikan Jahe

Para pencinta burung telah tidak asing dengan pemberian racikan jahe yang bertujuan biar burung lebih kerap berkicau.

Jahe sangat populer  memicu burung buat berkicau lebih giat sekaligus melindungi kebugaran burung spesialnya pada masa hujan yang bermanfaat buat menghangatkan badan serta membuat burung lebih aktif.

Dalam jahe memiliki zat bernama gingerol yang sangat baik buat menanggulangi kendala peradangan kerongkongan yang dapat membuat burung kesusahan bersuara karena hawa menutup pada tenggorokan.

Buat membuat racikan ini, cincang jahe serta rebus hingga mendidih kemudian dinginkan serta bagikan pada burung. Tetapi ingat senantiasa membagikan minum biasa buat memperlancar larutan jahe tersebut.

Memberikan Pakan Tambahan

Tidak cuma perawatan yang sangat berarti dicoba supaya burung giat berkicau, tetapi pakan yang kaya nutrisi pula wajib diberikan supaya energi burung senantiasa terpelihara .

Tidak hanya membagikan pakan yang telah jadi, kamu pula dapat berikan pakan bonus yang terbuat sendiri karena mutunya lebih terjamin serta cuma memakai bahan bahan yang memanglah bergizi buat burung.

Baca Juga:  Manfaat Madu : Jenis Madu

Buat membuat pakan bonus, kamu dapat merebus kacang hijau sampai lunak setelah itu tiriskan. Siapkan pula ikan serta daging cincang yang dikeringkan mengenakan oven sepanjang sebagian menit serta dinginkan.

Siapkan pula wortel rebus kemudian giling seluruhnya jadi satu.

Tambahkan pula sebagian bahan herbal lain semacam jahe bubuk ataupun herbal lain serta pula buah buahan semacam wolfberry serta acaiberry kemudian jemur serta giling kembali sampai jadi serbuk halus.

Pakan ini nantinya dapat diberikan bagaikan pengganti voer ataupun bagaikan pakan bonus biar burung giat berkicau.

Melatih Fisik Dalam Sangkar

Melatih raga burung dengan metode diletakkan dalam kandang umbaran pula sangat berarti buat memantapkan otot sehingga nantinya napas serta kekuatan vokal dapat lebih baik serta pula panjang.

Sangkar umbaran sendiri ialah tipe sangkar yang digunakan spesial buat mengumbar burung dengan dimensi bermacam- macam dari 1 sampai 3 m.

Melatih burung pada kandang umbaran ini dapat dicoba 3 kali seminggu dengan durasi 3 jam. Tidak hanya melatih pada kandang umbaran.

Kandang setiap hari yang berdimensi besar pula sangat berarti digunakan biar burung dapat bergerak lebih babas serta otot dan kesehatan burung dapat terpelihara dengan baik serta kesimpulannya lebih kerap berkicau.

Cara Merawat Burung Kicau : Perawatan Burung, Kandang dan Pakan yang Benar

Memandikan Burung

Memandikan burung tiap pagi pula sangat berarti buat melindungi kesehatan burung sekalian mensterilkan kandang serta pula mengubah pakan dan minum tiap hari.

Tidak hanya jadi perawatan biar burung lebih giat berkicau, memandikan burung pula hendak melindungi kesehatan bulu bulu pada burung sekalian menjauhi virus dan penyakit semacam kutu, tungau serta sebagainya yang dapat beresiko.

Memandikan burung yang baik, Sebagian tahapan yang wajib dicoba ialah:

Mandikan dekat jam 7 sampai 8 pagi tetapi bila mendung dapat dimandikan siang hari.

Siapkan semprotan yang diisi air bersih kemudian semprotkan pada burung secara lama- lama dengan setelan air semacam embun yang pula berlaku pada metode memandikan perkutut.

Jauhi menyemprot burung dengan agresif sebab dapat membuat burung khawatir serta menyakiti dan mengganggu bulu burung.

Semprotkan dari arah atas terlebih dulu sampai burung basah kemudian perkenankan burung menggaruk bulunya dengan paruh ataupun didis biar burung aman serta kurangi resiko air masuk ke dalam mata serta hidung.

Lanjutkan dengan menyemprot dari atas kepala sampai punggung hingga basah serta lepek kemudian dapat di semprot dari depan, samping serta bagian  zona dada, ekor dan kaki burung secara menyeluruh.

Yakinkan burung benar benar basah paling tidak memakai 2 botol semprot dengan jarak 1 m setelan embun.

Jauhi Cahaya Matahari Langsung

Dikala siang hari, letakkan burung pada tempat sejuk sebab burung dapat kepanasan, mogok berkicau kemudian meriang serta apalagi dapat mati.

Yakinkan buat meletakkan sangkar burung pada tempat yang sejuk dikala siang hari semacam teras ataupun dalam rumah.

Stop Pakan Saat sebelum Kenyang

Pakan burung pula harus diangkat saat sebelum burung benar benar kenyang biar burung tidak senantiasa makan.

Bila burung diberi pakan pada jam 7, hingga jam 9 dapat dikeluarkan tempat pakan serta pada jam 12 dapat dimasukkan kembali serta pula keluarkan tempat pakan burung pada malam hari.

Terapkan metode ini secara tidak berubah- ubah biar burung dapat giat berbunyi.

Demikian ulasan mengenai Cara Merawat Burung Kicau : Perawatan Burung, Kandang dan Pakan yang Benar, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih