Cara Merawat Bunga Sepatu

2 min read

Cara Merawat Bunga Sepatu

Cara Merawat Bunga Sepatu – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Merawat Bunga Sepatu. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Merawat Bunga Sepatu


Bunga Sepatu ataupun Kembang Sepatu (Hibiscus rosa-sinensis) merupakan tipe tumbuhan bunga serta ialah salah satu tumbuhan perdu ataupun semak yang berasal dari suku Malvaceae.

Tumbuhan bunga ini berasal dari Asia Timur, Kembang sepatu banyak ditanam buat tumbuhan hias baik di iklim tropis ataupun subtropis.

Bunga sepatu mempunyai bunga berupa terompet yang terdiri dari 5 daun kelopak yang dilindungi oleh kelopak tambahan dengan diameter bunga hampir 6-20 centimeter.

Besar tumbuhan bunga sepatu hampir 2 sampai 5 m, wujud daunnya bundar telur melebar ataupun bundar telur kecil dengan ujung meruncing.

Tumbuhan Bunga sepatu berkembangbiak dengan metode cangkok, stek ataupun penempelan.

Bunga sepatu mempunyai alterasi corak yang bermacam-macam semacam merah, putih kuning, biru, terdapat yang 2 corak serta masih banyak lagi.


Merawat Kembang Sepatu di Dalam Ruangan

Bertanam kembang sepatu di dalam pot berisi tanah ringan berlempung

Kembang sepatu tidak memerlukan kombinasi tanah khusus, namun menggemari media tanam yang ringan semacam lempung serta lumut gambut.

Baca Juga:  Cara Merawat Bunga Anggrek

Kombinasi tanah siap tanam standar umumnya telah cukup. Kamu dapat membuat keadaan tanah yang sempurna untuk kembang sepatu dengan metode mengombinasikan 1 bagian lempung kebun, 1 bagian lumut gambut, serta 1 bagian pasir halus ataupun kulit kayu.

Kombinasi 1 bagian gambut agresif, 1 bagian kulit kayu yang telah dibuat kompos, dan 1 bagian pupuk kandang yang telah lapuk.

Ditambah sedikit Leca (lightweight expanded clay aggregate) serta vermikulit, pula ialah komposisi media tanam yang bagus buat kembang sepatu.

Pastikan pot ataupun wadah tanam mempunyai lubang pembuangan

Tanah berlempung memiliki keahlian meresap air yang bagus. Namun pot ataupun wadah tanamnya pula wajib mempunyai lubang drainase yang banyak.

Sehabis disiram, media tanam wajib mengering seluruhnya buat menghindari kebusukan pangkal.

Siram kembang sepatu, setelah itu pantau air yang keluar dari lubang drainase. Perkenankan air menetes ke nampan plastik di dasar pot.

Beri waktu untuk pangkal buat meresap sisa air, namun bila air masih menggenang di nampan sehabis 12 jam, buanglah.

Cara Merawat Bunga Sepatu


Jaga supaya tanah senantiasa lembap, namun tidak becek

Kembang sepatu memerlukan banyak air, paling utama sepanjang bulan-bulan panas kala tumbuhan berbunga. Cek kelembapan tanah tiap hari dengan memegang permukaannya.

Jika terasa kering, berarti tumbuhan wajib disiram. Jika terasa lembap serta sedikit empuk, berarti tanah telah lumayan basah.

Penyiraman yang kelewatan dapat membuat pangkal membusuk. Jadi, sentuh tanah selalu saat sebelum menyiramnya kembali.

Siram dengan air hangat

Jangan pernah menyiram kembang sepatu dengan air dingin. Tumbuhan yang satu ini lebih suka air bersuhu hampir 35°C.

Pakai termometer ataupun sentuh air dengan tangan saat sebelum menyiramkannya buat mengecek temperatur.

Jangan memakai air yang lebih panas dari 35°C sebab kembang sepatu pula tidak suka dengan air yang sangat panas.

Baca Juga:  Cara Menanam Buah Tin

Letakkan di tempat yang memperoleh paparan cahaya matahari langsung sepanjang sebagian jam satu hari

Kembang sepatu dapat berkembang tanpa cahaya matahari langsung, namun tidak hendak berbunga tanpa terpaan 1-2 jam cahaya langsung tiap harinya. Letakkan kembang sepatu di jendela yang cerah.

Taruh tumbuhan sejauh 2,5 hingga 5 centimeter dari kaca jendela sebab kaca yang panas dapat mengganggu dedaunan serta bunga.

Dengan paparan cahaya matahari yang lumayan, kembang sepatu hendak mekar sepanjang masa.

Pupuki tiap minggu sepanjang masa perkembangan

Kembang sepatu dapat berbunga sepanjang masa serta pemupukan mingguan hendak menciptakan bunga yang lebih banyak.

Pakai pupuk lepas-lambat semacam 20-20-20 ataupun 10-10-10, ataupun pupuk yang khusus diperuntukkan untuk kembang sepatu serta aplikasikan ke sekitar pangkal tumbuhan.

Cari pupuk yang memiliki elemen semacam besi serta magnesium yang dapat menunjang perkembangan tumbuhan serta bunga.

Kamu pula dapat mengombinasikan larutan encer berisi pupuk yang larut air (sebanyak separuh dosis ataupun kurang) serta tambahkan sedikit pupuk tiap kali Kamu menyiram tumbuhan.

Jangan memupuki secara kelewatan sebab fosfor yang sangat banyak dapat menewaskan kembang sepatu.

Demikian ulasan mengenai Cara Merawat Bunga Sepatu, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.