√ Cara Menanam Sayuran (Memanfaatkan Pekarangan Rumah)

3 min read

Cara Menanam Sayuran (Memanfaatkan Pekarangan Rumah)

Cara Menanam Sayuran (Memanfaatkan Pekarangan Rumah)Hai sobat berkebun.co.id semuanya, Sayuran adalah salah satu kebutuhan bagi kehidupan manusia, Orang-orang yang terbiasa makan beragam jenis  sayuran secara umum memiliki risiko yang lebih rendah untuk menderita diabetes, obesitas, penyakit jantung, stroke, dan sebagian jenis kanker.

Mengonsumsi lebih banyak jenis sayur-sayuran, disertai dengan kacang-kacangan dan buah-buahan merupakan salah satu pola diet yang sehat dan aman, oleh sebab itu berkebun tak lagi merupakan pekerjaan yang hanya dilakukan oleh para petani. Saat ini berkebun sudah menjadi hobi dan kegemaran, bahkan bisa dijadikan sebuah refreshing bagi yang sibuk dengan pekerjaan kantoran, di kalangan masyarakat umum pun banyak yang menjadikan pekarangan rumah dijadikan kebun sayuran.

Cara Menanam Sayuran (Memanfaatkan Pekarangan Rumah)

Setiap orang berlomba-lomba memanfaatkan lahan yang dimilikinya untuk dijadikan sebuah  kebun mini yang bermanfaat. Khususnya lahan di pekarangan rumah yang tidak terlalu luas. Pekarangan rumah menjadi salah satu pilihan lokasi berkebun untuk para penggiat berkebun, karena kemudahannya untuk dipantau juga dirawat. Akan tetapi, kali ini kita akan membahas jenis sayur-sayuran yang akan kita pilih untuk memanfaatkan pekarangan rumah kita.

Meningkatnya kegemaran dan cara pemikiran yang maju, banyak masyarakat yang ingin berkebun atau menanam  sayuran di pekarangan rumah, ini tentu tidak dapat dilakukan tanpa pengetahuan dan kemampuan yang jelas mengenai upaya pembudidayaan sayuran. Mengingat lahan pekarangan rumah yang tidak terlalu luas, terdapat banyak teknik penanaman yang perlu dijadikan pertimbangan untuk mensukseskan budidaya sayuran.

Tentu cara menanam sayuran di pekarangan rumah akan berbeda dengan cara menanam sayuran di lahan yang luas pastinya. Perbedaannya adalah dalam memaksimalkan lahan yang tidak cukup luas untuk bisa digunakan sebagai tempat budidaya tanaman sayuran. Pemaksimalan lahan untuk menanam sayuran dapat dilakukan dengan beberapa metode. Berikut ini adalah beberapa metode yang bisa dijadikan pilihan sebagai cara menanam sayuran di pekarangan rumah anda sobat :

1. Menanam sayuran dalam pot atau polybag

 

Bercocok tanam sayuran dalam pot pastinya memiliki cara yang berbeda pastinya, baik dalam penanaman maupun dalam perawatan, penggunaan pot tentu sudah tidak asing lagi didengar telinga. Pot menjadi salah satu cara menanam sayuran di pekarangan rumah, karena kemampuannya untuk menghemat kebutuhan lahan.

Baca Juga:  Cara Membuat Bonsai Kelapa Untuk Pemula (Sukses)

Peranan pot juga dapat digantikan oleh polybag untuk menghemat biaya. Pot yang memiliki banyak jenis seperti tanah liat, plastik, semen, dan logam juga dapat menjadi pilihan sesuai kebutuhan dan kemampuan. Akan tetapi satu hal yang penting diperhatikan dalam pemilihan pot adalah keberadaan kaki-kaki pot untuk memungkinkan sirkulasi udara pada tanaman.

Media tanam dalam pot adalah percampuran antara tanah, pupuk kompos, dan sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Sama dengan bertanam pada tanah langsung, tanaman pada pot juga membutuhkan pupuk yang dapat diberikan dalam periode 2 bulan sekali.

2. Menanam sayuran dengan cara hidroponik

Berkebun dengan cara hidroponik ini juga dapat dijadikan sebuah pilihan, cara hidroponik ini dapat dilakukan dengan menggunakan botol-botol bekas. Pertama botol harus dipotong menjadi dua bagian. Bagian atas botol dipasang sumbu dengan cara dilubangi, hal ini dilakukan juga sebagai upaya memberikan aliran udara pada tumbuhan.

Setelahnya bagian atas botol diisi dengan pasir, sekam, dan pecahan bata sebagai media tanam. Jika sudah selesai, sebarkan bibit tanaman ke dalam media tanam. Kemudian masukkan bagian atas botol ke dalam bagian bawah botol dengan cara dibalik. Siapkan air yang telah dicampur dengan unsur hara, dan siramkan.

Ada juga yang menggunakan cara menanam sayuran sistem hidroponik dengan menggunakan pengaliran air, cara kerjanya anda hanya perlu menyiapkan tangki berukuran besar yang diletakkan pada daerah yang lebih tinggi dari media tanam sehingga air yang berisi nutrisi-nutrisi dapat mengalir secara baik keseluruh media tanam.

Menggunakan cara menanam dengan sistem hidroponik dengan media air merupakan salah satu cara menanam tanaman hidroponik dengan mengalirkan air secara terus menerus ke seluruh tanaman dengan cara menyentuhkan sumbu pada rockwool ke aliran tersebut.

3. Menanam dengan sistem vertikal

Sistem vertikal ini juga sangat meminimalisir sebuah pekarangan rumah yang akan dijadikan sebuah kebun mini yang bermanfaat, sistem vertikal adalah kebun yang disusun secara vertikal dari atas ke bawah. Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan pot-pot yang digantung atau ditempel, atau juga dibuat dalam bentuk rak-rak bertingkat. Pot juga dapat diganti dengan paralon bekas untuk menghemat biaya.

Sayuran yang dibudidayakan tanpa menggunakan pupuk kimia ataupun pestisida kimia. Sehingga kandungan dalam sayuran benar-benar alami dan menyehatkan untuk tubuh manusia. Budidaya sayuran organic ini ternyata juga sangat baik-baik lahan yang ditanami, sebab lahan tersebut akan terbebas dari bahan kimia sehingga kesuburannya tetap terjaga.

Baca Juga:  Cara Menanam Singkong Agar Hasil Melimpah (Sukses)

Ada beberapa sayuran yang mudah untuk dibudidayakan secara organic karena ketahanannya terhadap serangan hama yang sangat kuat.

Berikut ini adalah beberapa bibit sayuran yang cocok dibudidayakan di pekarangan rumah anda antara lain terong, bayam, kangkung, sawi, tomat, seledri, selada, cabai dan masih banyak sayuran lainnya yang dapat anda tanam. Tentu dapat dilihat bahwa jenis-jenis sayuran tersebut merupakan jenis sayuran favorit masyarakat Indonesia. Karena nilai manfaatnya yang tinggi, bercocok tanam sayuran di pekarangan rumah semakin menjadi daya tarik untuk dilakukan.

4. Perawatan tanaman

Perawatan adalah salah satu hal yang wajib anda lakukan, perawatan yang maksimal maka akan menghasilkan yang memuaskan.

  • Perawatan :Perawatan untuk budidaya sayuran organic sebenarnya tidaklah sulit, hanya saja Anda perlu memberi perhatian lebih untuk setiap hari memeriksanya. Pemeriksaan ini sangat penting guna menghindarkan sayuran organic anda dari kemungkinan terserang hama dan penyakit yang akan mengganggunya.
  • Penyiraman : Lakukan penyiraman secara rutin setiap pagi dan sore dengan kadar yang cukup sehingga tidak menyebabkan tanahnya becek dan akan menjadikan pembusukan pada tanaman anda.
  • Penyiangan :Lakukan penyiangan terhadap area sekitar tanaman sayuran anda agar rumput-rumput liar tidak tumbuh dan mengganggu pertumbuhan sayuran organic tersebut, anda bisa melakukan dengan cara menyabut rumput yang menggangu.
  • Pemupukan : Pemberian pupuk pada sayuran organic memang sangat penting guna menambah kesuburan tanah demi menjaga agar pertumbuhan sayuran organic anda tetap subur dan sehat. Pupuk yang diberikan juga harus benar-benar terbebas dari bahan kimia. Salah satu pupuk yang dapat Anda buat sendiri di rumah adalah pupuk cair organic. Pupuk ini terbuat dari ampas kedelai yang sudah dihaluskan kemudian ditambahkan dengan mikroba yang baik untuk tumbuhan, brambut, dan juga tetes. Tambahkan air bersih kemudian diamkan beberapa saat. Cara penggunaannya pun sangat mudah, Anda tinggal menyemprotkan pupuk tersebut pada daun sayuran organic, atau dengan cara mengalirkan pupuk cair tersebut di sela-sela lahan.

Demikian pembahasan mengenai Cara Menanam Sayuran (Memanfaatkan Pekarangan Rumah)  yang dapat kami jelaskan mudah-mudahan bermanfaat, selamat mencoba semoga sukses trimakasih.

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Budidaya Kacang Tunggak

admin
3 min read

Makanan Yang Mengandung Fosfor

admin
2 min read