Cara Menanam Jagung Sesuai Ilmu Pertanian (Panduan Lengkap)

2 min read

Cara Sukses Menanam Jagung (Panduan Lengkap),

Cara Menanam Jagung Sesuai Ilmu Pertanian (Panduan Lengkap)Jagung adalah salah satu tanaman yang sangat mudah untuk tunbuh, dan hampir semua masyarakat di indonesia mengenal dengan buah jagung yang satu ini, buah jagung ini bisa diolah menjadi berbagai macam bahan makanan yang bermanfaat bagi kebutuhan manusia, Diantaranya jagung bisa dijadikan bahan makanan pokok pengganti nasi. Bisa juga diolah menjadi berbagai macam bahan makanan lainnya seperti tepung maizena, popcorn, jagung bakar, jagung rebus, jagung manis, sayur, minyak jagung, gula jagung, pakan ternak dan berbagai macam olahan makanan lainnya.

Cara Menanam Jagung Sesuai Ilmu Pertanian (Panduan Lengkap)

Tanaman jagung ini dapat dijadikan salah satu pilihan bagi yang ingin bertani, sebab jagung ini juga dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah yang menjanjikan loo, Sebab banyaknya manfaat dari buah jagung dikarenakan kandungannya yang beragam. Dapat diketahui bahwa jagung mengandung karbohidrat, protein, Vitamin C, vitamin A, Vitamin B6, lemak, dan berbagai mineral lainnya yang dibutuhkan oleh manusia. Banyaknya olahan jagung menjadikan permintaan pasar akan jagung sangatlah tinggi. Hal inilah yang menjadikan jagung masih dijadikan salah satu komoditas pertanian utama di dunia selain beras dan gandum. Karena itulah sampai sekarang  banyak petani di Indonesia yang berupaya untuk membudidayakan jagung.

Untuk jenis tanaman jagung yang dapat anda budidayakan pastinya jagung yang berkualitas tinggi, menghasilkan biji jagung yang lebih banyak, sesuai dengan permintaan pasar. Untuk itu salah satu jagung yang memiliki kualitas yang baik adalah jagung hibrida,  jenis jagung keturunan langsung F1 hasil persilangan 2 atau lebih varietas jagung yang memiliki sifat-sifat unggul dari masing-masing varietas yang disilangkan. Sifat-sifat unggul yang ada pada jagung ini biasanya adalah mampu bertongkol 2, ukuran biji jagung lebih besar, ukuran tongkol juga lebih besar, dan masa panen lebih singkat.

Baca Juga:  Cara Menanam Sorgum

Untuk itu berkebun akan memberikan langkah-langkah cara sukses menanam jagung, agar menhasilkan buah yang unggul dan maksimal.

1. Mempersiapkan Lahan Pertanian Jagung

Tanaman jagung ini sebenarnya dapat anda budidayakan didataran rendah maupun dataran tinggi, namun jika di tanam di dataran rendah dengan perawatan yang maksimal maka hasilnya akan lebih baik dibandingkan didataran tinggi. Untuk pengolahan tanah sebaiknya lakukan pembajakan terlebih dahulu agar tanah menjadi gembur, dan buatlah tanah yang akan diolah menjadi sebuah gulutan, Lebar gulutan adalah 100 cm  dan jarak antar gulutan adalah 50 cm. Sedangkan jarak didalam barisnya adalah 20-25 cm, sehingga jarak tanam jagung, baik menggunakan gulutan ataupun yang tidak mengunakan gulutan adalah 75cm x 25cm atau 75cm x 20cm.

2. Pemberian Pupuk Dasar

Selanjutnya anda beri pupuk dasar karna pupuk dasar sangatlah penting karna berfungsi untuk menyuplai nutrisi bagi tanaman jagung itu sendiri, selama tanaman tersebut hidup dilahan tersebut. Pupuk dasar ini diberikan pada alur-alur yang akan ditanami benih jagung. Pupuk dasar yang digunakan sebaiknya adalah campuran pupuk organik dan pupuk kimia. Pupuk organik yang digunakan adalah pupuk kandang, kotoran ayam, kotoran sapi, atau kotoran kambing. Setelah itu buatlah lubang tanam dengan cara tugal sedalam 5-10 cm kemudian masukkan benih jagung dan tutup dengan bokashi. Setelah itu, lakukan penyemprotan dengan POC GDM pada bekas lubang tanam. Ini berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan tanaman dan melindungi tanaman dari serangan penyakit.

3. Penanaman Benih Jagung Yang Sudah Disiapkan

Proses penanaman jagung sebaiknya pada kondisi musim yang normal, waktu yang tepat saat menanam jagung adalah dibulan Mei-Juli. Sebab pada saat itu intensitas curah hujan telah berkurang bahkan telah selesai, sehingga pada bulan-bulan tersebut sangat cocok untuk melakukan budidaya jagung. Benih jagung yang ditanam sebaiknya 2-3 biji per lubang, dan langsung anda tutup dengan tanah sekedarnya saja agar tidak dimakan oleh hewan liar.

Baca Juga:  Manfaat Mangan

4. Perawatan Jagung

Selanjutnya anda harus melakukan perawatan yang optimal agar mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan penyiraman secara rutin setiap seminggu sekali atau sesuai kondisi lahan dan cuaca. Lakukan juga penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tanaman jagung dengan interval setiap 1-2 minggu sekali, agar selalu terjaga kebersihan dari rumput liar yang mengganggu, Penyakit yang sering menyerang tanaman jagung ini biasanya antara lain, ulat pemakan jagung, bercak daun, hawan daun, busuk pelepah, busuk batang. Lakukan pengendalianya semprot dengan fungisida mankozeb, metalaksil, carbio. dan masih banyak obat-obat lainnya. Setelah tanaman jagung berumur sekitar 1 bulan, lakukan pemupukan susulan dengan menggunakan pupuk NPK yang dicampur dengan ZA dengan perbandingan 3:1. Bersamaan dengan pemupukan lakukan penyiangan.

5. Pemanenan Jagung

Pemanenan ini adalah kegiatan yang di tunggu oleh setiap petani, tanaman jagung ini dapat anda panen sekitar berumur kurang lebih 100 hari tergantung varietasnya, untuk ciri-ciri jagung dapat di panen adalah daun sudah mulai kering sekitar 80 %, buah jagung sudah padat dan keras, kulit buah jagung sudah mulai mengering.

Demikian Cara Menanam Jagung Sesuai Ilmu Pertanian (Panduan Lengkap) yang dapat berkebun jelaskan mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca, selamat mencoba dan semoga selalu sukses.

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Budidaya Kacang Tunggak

admin
3 min read

Makanan Yang Mengandung Fosfor

admin
2 min read