√ Cara Mudah Menanam Dan Merawat Kangkung Cabut (Panduan Lengkap)

2 min read

√ Cara Mudah Menanam Dan Merawat Kangkung Cabut (Panduan Lengkap)

Cara Mudah Menanam Dan Merawat Kangkung Cabut (Panduan Lengkap) – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas mengenai cara mudah menanam dan merawat kangkung cabut yang baik dan benar dan akan berkebun.co.id pandu secara singkat dan lengkap melalui artikel berikut ini :

Cara Mudah Menanam Dan Merawat Kangkung Cabut (Panduan Lengkap)

Kangkung adalah jenis sayuran yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua, sebab jenis sayuran ini mudah untuk di tanam di berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Kangkung yang memiliki nama latin Ipomoea aquatic sp ini merupakan jenis sayuran yang sangat bergizi dan biasanya diolah menjadi tumis kangkung.

Untuk jenis kangkung yang biasa kita temui ada dua, kangkung rambat dan kangkung cabut, atau kangkung sawah dan kangkung darat. Tetapi anda tak perlu bingung untuk menanam sayuran kangkung ini. Anda tak membutuhkan lahan yang luas, hanya dengan menggunakan pot atau polybag pun Anda bisa menanam kangkung sendiri di rumah, dengan kata lain menanam kangkung di pot atau polybag bisa menjadi alternatif yang cocok bagi anda yang tidak memiliki lahan tanam yang luas.

Manfaat Dari Sayuran Kangkung

Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai cara menanam kangkung dengan menggunakan polybag atau pot, mungkin sebaiknya anda harus mengetahui apa saja manfaat dari kangkung untuk kesehatan.
Kangkung dipercaya dapat mengatasi sembelit dengan baik, hal ini dikarenakan sayuran kangkung mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga membuat sistem pencernaan akan lancar. Di dalam kangkung juga mengandung zinc dan selenium yang tinggi, zat ini dapat menyebabkan rasa mengantuk. Sehingga yang mengkonsumsinya dapat membuat kantuk sehingga dapat digunakan untuk mengatasi insomnia. Kangkung juga dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan kangkung mengandung vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi. Kangkung juga berfungsi untuk mencegah anemia karena mengandung zat besi yang bisa menambah kandungan hemoglobin di dalam tubuh.

Baca Juga:  Cara Menanam Kubis : Manfaat, Tahapan, Pembibitan, Perawatan Dan Proses Panen

Itulah beberapa manfaat dari kangkung yang sangat baik untuk kesehatan bagi manusia. Terutama untuk usus dan kesehatan hati Anda. Melihat manfaat kangkung yang sangat banyak sekali. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk menanam kangkung sendiri di rumah. Hal ini bisa menjadi hobi yang menyenangkan dan menyehatkan. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, berkebun.co.id akan membahas cara menanam kangkung cabut dengan menggunakan pot atau polybag.

Mempersiapkan Lahan Tanam

Jika anda ingin menanam dengan menggunakan pot, Anda harus menggunakan pot yang berlubang di bagian bawahnya. Begitu juga dengan polybag anda harus membuat lubang kecil dibagian bawahnya.  Lubang ini berguna untuk resapan air. Setelah itu Anda bisa memasukkan media tanamnya. Media tanamnya bisa menggunakan dengan campuran tanah dan kompos. Untuk perbandingan tanah harus lebih banyak dibandingkan kompos dengan perbandingan 2:1. Selain itu juga anda bisa menambahkan dengan arang sekam sedikit saja. Setelah polybag atau pot diberi media tanam. Biarkan selama 1 sampai 2 hari terlebih dahulu sebelum ditanam dengan bibit kangkung.

Mempersiapkan Bibit Yang Baik

Langkah selanjutnya adalah anda mencari benih dengan kualitas terbaik karena benih berkualitas tinggi dapat menjadi salah satu pembawa keberhasilan dalam membudidayakan sayuran kangkung. Benih kangkung cabut berkualitas dapat anda temukan baik offline maupun online di toko pertanian di kota anda.

Saat membeli produk pertanian seperti benih kangkung cabut ini Anda perlu mempertimbangkan tanggal kedaluwarsa benih dan membaca aturan penanaman sehingga tanaman dapat tumbuh secara maksimal.

Proses Penanaman Benih Kangkung

Dalam melakukan proses penanaman benih kagkung cabut sebaiknya di musim penghujan, jika tidak musim penghujan anda juga dapat menanamnya dengan sarat anda harus rajin melakukan penyiraman pada tanaman kangkung tersebut, sebab tanaman kangkung membutuhkan air yang cukup.

Baca Juga:  Cara Budidaya Kangkung Darat Untuk Pemula

Taburkan bibit bayam kangkung secara merata dan tidak perlu terlalu rapat pada alurnya lalu tutupi dengan lapisan tanah tipis agar bibit kangkung cabut tidak terkena air hujan atau hama. Kemudian bibit disiram dengan air dan dicampur dengan pupuk organik. Lakukan penyiraman pot atau polybag kangkung cabut menggunakan gembor secara merata. Bibit kangkung biasanya mulai berkecambah dalam kurun waktu 2-3 hari.

Perawatan

Dalam setiap bercocok tanam, apapun bentuknya itu perawatan sangat diperlukan, sebab perawatan yang optimal akan menghasilkan panenan yang memuaskan. Dalam melakukan perawatan kangkung cabut tidak begitu susah, cukup lakukan penyiraman pagi dan sore hari, pembersihan gulma, dan pemberian pupuk organik. Sedangkan untuk hama yang sering menyerang kangkung adalah seperti ulat dan belalang serta penyakit karat putih. Anda dapat menangani secara manual atau menggunakan pestisida hayati seperti gadung, daun nimba, sereh wangi dan lain sebagainya.

Demikian ulasan mengenai Cara Mudah Menanam Dan Merawat Kangkung Cabut (Panduan Lengkap) yang dapat dijelaskan oleh berkebun.co.id, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya selamat berkebun semoga sukses dan terimakasih.