√ Ilmu Cara Menanam dan Merawat Kaktus Mini (Panduan Lengkap)

Posted on

Ilmu Cara Menanam dan Merawat Kaktus Mini (Panduan Lengkap) – Sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang ilmu cara menanam dan merawat kaktus mini, yang akan dijelaskan secara singkat, lengkap dan terperinci melalui artikel berikut ini.

Ilmu Cara Menanam dan Merawat Kaktus Mini (Panduan Lengkap)

Tanaman kaktus ini adalah salah satu jenis tanaman hias yang sering kita jumpai dan dikenal sebagai tanaman gurun. Dimana tanaman jenis ini bisa tumbuh pada daerah yang berlingkungan yang sangat ekstrim, dengan ciri khas berduri disekitar batangnya.

Pada umumnya kaktus berasal dari lahan kering Amerika Selatan dan Meksiko, yaitu degan daerah yang memiliki curah hujan yang sangat rendah dengan frekuensi yang tak tentu.

Tanaman ini termasuk dalam kelompok tanaman berduri (cactateae) dan memiliki buah yang unik dan menarik. Tanaman ini memiliki akar yang cukup panjang yang bertujuan untuk mencari penyerapan air. Tanaman kaktus ini dapat dikembangbiakkan melalui beberapa cara, dari biji dan stek batang. Dari sebagian orang melakukan teknik grafting karena dianggap yang paling mudah. Grafting yaitu teknik memperbanyak tanaman dengan cara menyambung dan menggabungkan antra batang atas hasil pemangkasan dengan batang bawah kaktus yang lainnya.

Banyak orang yang ingin menanam tanaman kaktus ini sebagai pelengkap tanaman hias mereka dirumah maupun perhiasan ruangan kantor. Berikut adalah beberapa panduan singkat cara menanam kaktus mini yang baik dan benar.

1. Mempersiapkan Media Tanam

Dalam mempersiapkan media tanaman kaktus mini, anda membutuhkan tempat atau media tanam yang kering dan tidak menahan air, yang mana akar tidak bisa terlalu lama terendam atau mengikat air. Oleh sebab itu anda tidak dianjurkan untuk menanam dengan menggunakan media tanam tanah liat atau tanah merah, sebab kedua media tanah tersebut memiliki daya ikat air yang cukup tinggi.

Baca Juga:  16 Cara Menanam Sawi Yang Tepat Dengan Hasil Yang Memuaskan

Anda dapat menanam dengan media tanam dengan menggunakan arang sekam, tanah pasir serta pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1.

Setelah itu anda harus mempersiapkan pot berlubang, Dinding atau bagian bawah pot harus porous, dapat mengalirkan air dengan baik ke dasar. Dengan tujuan agar membuat pot tidak mudah lembap dan panas. Oleh karenanya pot sebaiknya memiliki lubang pembuangan di dasar pot sehingga media tanam dapat mengalirkan air berlebihan melalui lubang. Media tanam disarankan tidak becek karena dapat menyebabkan tanaman kaktus mini anda busuk.

Untuk ukuran pot anda harus menyesuaikan dengan besar kecilnya tanaman. Hal itu untuk mengimbangi perkembangan perakaran kaktus. Misalnya, kaktus setinggi 10 cm dapat memakai pot berdiameter 8 cm. Apabila bertambah besar, tanaman perlu dipindahkan ke pot yang lebih besar. Dengan cara seperti itu, perakaran dan pertumbuhan tanaman dapat berkembang dengan leluasa.

2. Penanaman Bibit Kaktus

Untuk melakukan penanaman bibit yang berasal dari biji, setek, dan sambung itus sangat mudah. Caranya, anda cukup isi pot dengan media tanah hingga penuh, lalu buatlah lubang tanam dengan telunjuk jari atau kayu. Setelah itu tebarkan biji atau tancapkan setek, kemudian tutupi dengan media sampai tanaman tumbuh tegak. Setelah itu, siram dengan air hingga basah.

3. Perawatan Kaktus Mini

Dalam Melakukan perawatan, tanaman kaktus ini adalah tanaman yang tidak menyukai kelebihan air, namun tetap membutuhkan asupan air yang cukup. Sehingga dengan hal seperti ini Anda cukup melakukan penyiraman setiap 1 minggu sekali, dan pergantian pot dapat dilakukan dalam 1 tahun sekali. Karena tanaman kaktus merupakan tanaman yang membutuhkan asupan sinar matahari penuh, maka letakkan pada tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Baca Juga:  √ Cara Budidaya Anggur Merah Agar Buah Maksimal (Panduan Lengkap)

Untuk tanaman kaktus yang baru ditanam sebaiknya terlebih dahulu anda meletakkan yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Setelah 1 minggu barulah anda dapat pindahkan pada tempat yang terdapat atau terkena sinar matahari penuh.

Demikian ulasan mengenai Ilmu Cara Menanam dan Merawat Kaktus Mini (Panduan Lengkap) yang dapat dijelaskan secara singkat, lengkap dan jelas, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya selamat mencoba dan terimkasih.