Cara Menanam Belimbing Agar Buahnya Lebat (Panduan Lengkap)

Posted on

Cara Menanam Belimbing Agar Buahnya Lebat (Panduan Lengkap) –  Hai sobat semuanya, kali ini kita akan bahas tentang cara menanam buah belimbing agar buahnya lebat yang akan dipandu oleh berkebun.co.id melalui artikel berikut :

Cara Menanam Belimbing Agar Buahnya Lebat (Panduan Lengkap)

Belimbing merupakan salah satu jenis buah yang banyak tumbuh Indonesia dan banyak tersebar di berbagai wilayah. Buah belimbing ini memiliki rasa yang manis, selain itu juga buah belimbing ini kaya akan manfaat bagi kebutuhan tubuh.

Sebelum anda menanam tanaman belimbing, perlu Anda ketahui syarat tumbuh tanaman ini agar mendapatkan buah yag lebat dan hasil yang memuaskan. Tanaman belimbing ini merupakan tanaman dataran rendah yang tumbuh dengan baik di ketinggian sampai dengan kurang lebih 500 mdpl. Dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan yang curah hujannya rendah.

Curah hujan yang tinggi justru akan berakibat bunganya mudah gugur sehingga akan gagal berbuah. Sebaiknya ditanam di tempat terbuka dengan intensitas cahaya matahari antara 45 – 50%.

Berikut ini adalah cara menanam tanaman belimbing  yang baik dan benar agar buahnya lebat dan menghasilkan buah yang super.

1. Pemilihan Bibit

Proses membudidayakan belimbing  sebaiknya anda memilih bibit belimbing yang unggul dan berkualitas terlebih dahulu agar buah yang dihasilkan berkualitas pastinya.

  • Carilah bibit dari hasil okulasi atau penyambungan yang berlabel dari penangkaran yang terpercaya.
  • Memilih bibit yang sehat dan tumbuh dengan baik. Anda bisa melihat bibit okulasi yang sehat memiliki ciri batang mulus dan bebas dari bercak-bercak akibat serangan cendawan atau bakteri, hanya terdapat satu atau sedikit lengkungan bekas tempelan mata.
  • Pilihlah bibit dengan tajuk yang rimbun, subur, dan tampak segar. Hindari memilih bibit dengan kondisi daun yang cacat, berlubang, dan tampak bercak-bercak akibat serangan hama dan penyakit.
  • Bibit telah berumur enam bulan atau lebih,tinggi bibit antara 60-70 cm dan diameter batang kurang lebih 1-1,5 cm, bentuk batang lurus dan tidak bercabang, serta warna daun hijau mengilap dan telah membentuk 3-5 flush.
Baca Juga:  5 Langkah Cara Menanam Buah Kiwi & Perawatannya (Panduan Lengkap)

2. Pengolahan Media Tanam

Persyaratan yang ideal untuk melakukan budidaya tanaman belimbing adalah sebagai berikut :

  • Tersedianya air bagi tanaman
  • Memiliki sifat tanah yang subur dan gembur
  • Airasi dan drainase baik
  • Terdapat banyak kandungan bahan organik
  • Memiliki lokasi iklim yang 7,5 bulan basah dan 4,5 bulan kering

Dalam melakukan pengolahan lahan anda bisa menggunakan dengan alat bajak jika lahan tanam luas, jika hanya dipekarangan rumah anda cukup gunakan dengan alat cangkul, lakukan pembajakan sedalam kurang lebih 30-40 cm dan lakukan penggemburan tanah, setelah itu diamkan selama kurang lebih 15 hari, setelah itu anda bisa tambahkan pupuk kandang sebanyak 2kg/m².

Setelah itu anda lakukan pembentukan bedengan, dengan lebar bedengan kurang lebih 100-200 cm dengan ketinggian 30 cm, dan panjang anda sesuaikan dengan kondisi lahan anda.

3. Tahapan Pemeliharaan

Kunci kesuksesan dalam membuahkan belimbing terletak pada cara perawatannya. Jika tanaman belimbing anda tidak dirawat dengan benar dan baik, tanaman ini akan tumbuh tidak sehat dan akan kerdil. Beberapa hal yang perlu anda lakukan dalam pemeliharaan tanaman buah belimbing adalah penyiraman, pemupukan, pemangkasan, dan pembungkusan buah.

Penyiraman Penyiranamn sebaiknya dilakukan dengan teratur setiap hari sekali atau tergantung keadaan cuaca. Penyiraman dikurangi ketika sebagian besar buah hampir matang.

Pemupukan Pada Umur Satu bulan setelah tanam anda bisa berikan pupuk NPK mutiara dengan komposisi 25:7:7 dengan konsentrasi 10g/liter air. Pemberian pupuk dengan frekuensi 3 bulan sekali. Adapun cara penggunaannya adalah dengan meyiramkan pupuk yang sudah tercampur ke perakaran tanaman buah, volume pemupukan 1-3 liter atau disesuaikan dengan ukuran tanaman.

Pada Umur 3 Bulan anda bisa berikan pupuk mutiara dengan komposisi 16:16:16 dengan konsentrasi 10g/liter air. Pemberian pupuk dengan frekuensi 3 bulan sekali. Adapun cara penggunaannya dengan meyiramkan pupuk yang sudah tercampur ke perakaran tanaman buah, volume pemupukan 1-3 liter atau disesuaikan dengan ukuran tanaman.

Baca Juga:  Palem Kuning : Cara Menanam dan Merawatnya

Untuk pemberian Pupuk kandang dapat dilakukan setiap enam bulan sekali, sedangkan penanaman di lahan sebanyak 15 kg per pohon.

Pembungkusan buah Pembungkusan buah dilakukan saat ukuran buah sebesar kelereng. Dalam satu rangkaian, dipilih satu buah yang bentuk dan pertumbuhannya terbaik, lalu anda bungkus. Bahan pembungkus dapat berupa dua lapis karbon bekas yang ujung dan pangkalnya diikat.
Bahan pembungkus lain yang digunakan adalah kantong plastk yang bagian bawahnya digunting untuk mencegah kelembapan tinggi. Untuk pembungkus plastik bagian dalamnya dilapisi dengan kertas koran karena kertas koran dapat menyerap uap air hasil respirasi buah.

Penjaranagan buah Penjarangan buah dilakukan untuk memberikan kesempatan buah yang terpilih untuk tumbuh dengan maksimal, karena persaingan nutrisi dan unsur haranya akan berkurang. Dan sebaiknya dalam satu pohon dipilih 500 buah saja. Penjarangan buah  dapat anda lakukan bersamaan dengan pembungkusan buah.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Belimbing Agar Buahnya Lebat (Panduan Lengkap) yang dapat di jelaskan dengan terperinci oleh berkebun.co.id, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang membaca selamat berkebun semoga sukses dan terimakasih.