Cara Menanam Alpukat Agar Cepat Berbuah (Panduan Lengkap)

Posted on

Cara Menanam Alpukat Agar Cepat Berbuah (Panduan Lengkap) – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang cara menanam alpukat agar cepat berbuah yang akan kita bahas melalui artikel berikut ini :

Cara Menanam Alpukat Agar Cepat Berbuah (Panduan Lengkap)

Buah alpukat adalah salah satu jenis buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko. Buah alpukat ini juga berasal dari famili Lauraceae dan genus Persea dengan nama latin Persea americana. Pohon alpukat ini memiliki ketinggian mencapai sekitar 20 meter. Buah alpukat bertipe buni dengan biji berukuran 5 cm- 6,4 cm didalamnya, kulit buahnya berwarna hijau tua sampai ungu kecokelatan tergantung varietasnya serta permukaannya tidak rata. Memiliki daging yang bertekstur lembut dengan warna kuning muda pada bagian dekat biji dan berwarna hijau muda dibagian dekat kulit buah.

Buah alpukat ini memiliki banyak manfaatnya, diantaranya dapat mencegah risiko terkena penyakit stroke, menjaga kesehatan mata, dapat membantu mengobati sakit Maag, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan masih banyak manfaat yang lainnya. Dengan sebab banyak manfaatnya maka banyak penggemar untuk mengkonsumsi buah alpukat ini, kini banyak orang yang membudidayakan buah alpukat ini, berikut ini adalah langkah-langkah cara menanam buah alpukat :

1. Mencari Bibit Alpukat Yang Unggul

Memilih bibit dan jenis alpukat yang unggul, adalah salah satu kewajiban yang harus anda dapatkan, sebab jika bibit dan jenis alpukat yang tidak baik maka akan menghasilkan buah yang tidak memuaskan pastinya sob. Untuk menanam bibit alpukat dapat diperoleh dengan 3 cara yaitu dengan cara cangkok, melalui biji, dan juga okulasi atau sambung pucuk. Tetapi sebaiknya pilihlah dengan melalui cangkok atau dengan cara sambung pucuk, sebab akan mempersingkat waktu dari pada melalui biji.

Baca Juga:  Cara Menanam Belimbing Agar Buahnya Lebat (Panduan Lengkap)

2. Mempersiapkan Lahan Tanam

Untuk mempersiapkan lahan yang akan digunakan untuk menanam alpukat, sebaiknya lahan anda olah terlebih dahulu, bersihkan semua gulma atau tanaman pengganggu yang ada di sekitar tempat penanaman.

Selanjutnya anda membuat lubang tanam dengan ukuran lubang tanam sekitar 60 cm x 60 cm dengan kedalaman sekitar 60 hingga 80 cm, dengan jarak antar lubang tanam idealnya 5 meter x 5 meter. Hal ini ditujukan agar ranting tanaman nantinya tidak saling bergesekan, sehingga pertumbuhan pohon dan hasil produktivitasnya akan maksimal. Rata-rata ranting pohon alpukat memiliki usia ebih dari 10 tahun memiliki panjang 2 meter sehingga dengan jarak tanam tadi pohon masih leluasa untuk terus tumbuh maksimal tanpa perlu ada pemangkasan atau pengaturan cabang.

3. Penanaman Bibit Alpukat

Setelah lubang tanam siap, segera lakukan penanaman bibit. Masukkan bibit dalam lubang tanam yang telah disiapkan namun sebelum dimasukkan polybag semai dibuka terlebih dahulu dengan perlahan, jangan sampai media semai hancur. Setelah bibit dimasukkan dalam lubang tanam, timbun kembali dengan tanah bekas galian lubang. Sebaiknya penanaman dilakukan pada awal musim penghujan.

4. Perawatan Tanaman Alpukat

Melakukan perawatan yang maksimal, sebab melakukan perawatan yang benar dan maksimal akan menghasilkan tanaman yang baik dan akan menghasilkan buah yang lebat. Perawatan yang harus anda lakukan diantaranya :

Penyiraman, Bibit alpukat yang baru ditanam memerlukan banyak air, sehingga penyiraman perlu anda lakukan setiap hari. Waktu yg tepat untuk penyiraman adalah pagi dan sore hari. Namun, saat musim penghujan penyiraman tidak perlu anda lakukan lagi.

Penyiangan, Lakukan penyiangan dengan teratur jangan sampai ada tumbuhan liar yang akan menggangu proses tumbuhnya tanaman alpukat tersebut.

Baca Juga:  √ Langkah-langkah Cara Okulasi Jambu Jamaika (Panduan Lengkap)

Penggemburan tanah, Lakukan penggemburan tanah yang ada disekitar tanaman alpukat, sebab tanah yang terkena siram oleh air setiap hari akan memadat dan asupan udara mengurang sehingga tanaman kesulitan menyerap nutrisi yang dibutuhkan. Penggemburan ini dilakukan dengan hati-hati agar akar pohon alpukat tidak putus.

Pemupukan, Pemupukan dilakukan paling tidak 2 kali dalam setahun, sebelum pemupukan dilakukan perlu dibuat lubang melingkar terlebih dahulu tepat di bawah tepi tajuk tanaman sedalam 30 cm. Pupuk ditebar ke dalam lubang kemudian ditimbun tanah lagi.

  • Tanaman alpukat umur 1-3 tahu pupuk yang diberikan adalah pupuk urea 0,27 kg – 1,1 kg, pupuk TSP 0,5 kg – 1 kg dan Pupuk KCI 0,2kg – 0,83 kg per pohon.
  • Tanaman alpukat umur 3-4 tahun pupuk yang diberikan adalah pupuk urea 2,22 kg-3,55 kg, pupuk TSP 3,2 kg, dan pupuk KCI 4 kg setiap satu pohon.

Demikian ulasan tentang Cara Menanam Alpukat Agar Cepat Berbuah (Panduan Lengkap) yang dapat dijelaskan oleh berkebun.co.id dengan terperinci, mudah-mudahan bermanfaat bagi pembacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.