Cara Memijahkan Ikan Baung : Seleksi Induk, Pematangan Gonad dan Penyuntikan Hormon

1 min read

Cara Memijahkan Ikan Baung : Seleksi Induk, Pematangan Gonad dan Penyuntikan Hormon

Cara Memijahkan Ikan Baung : Seleksi Induk, Pematangan Gonad dan Penyuntikan Hormon – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Memijahkan Ikan Baung.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :

Cara Memijahkan Ikan Baung : Seleksi Induk, Pematangan Gonad dan Penyuntikan Hormon


Bagaimana Metode Memijahkan Ikan Baung ?Terdapat sebagian langkah yang wajib dicoba supaya sukses dalam memijahkan ikan baung.


Proses Persiapan Pemijahan

Langkah- langkah tersebut merupakan: Membedakan induk ikan baung jantan serta betina ,Pematangan gonad, Pemilihan induk dan Penyuntikan hormon Pemijahan

Menyeleksi Induk Jantan serta Betina

Identitas induk ikan baung jantan serta betina adalah seperti berikut:

  • Induk betina: badan lebih pendek, memiliki 2 lubang kelamin berupa bundar .
  • Induk jantan: badan lebih panjang, memiliki satu lubang kelamin berupa memanjang

Pematangan Gonad

Pematangan gonad dicoba di kolam dengan air yang mengalir secara kontinyu. Kepadatan tebar induk di kolam merupakan sebanyak 0, 2– 0, 5 kilogram/ m2.

Tiap hari induk diberikan pakan pellet sebanyak 3– 4% berat badan tiap hari.

Seleksi Induk

Seleksi induk bertujuan buat memperoleh induk dengan kematangan gonad yang siap dipijahkan. Induk betina yang matang gonad diisyarati dengan perut yang membengkak( buncit) serta terasa lembut apabila diraba.

Apabila perut induk diurut hendak keluar telur berupa bundar utuh bercorak kecoklatan. Induk jantan yang telah siap dipijahkan diisyarati dengan corak badan serta perlengkapan kelaminnya yang agak kemerahan.

Baca Juga:  Benih Selada Air : Panduan Menanam Selada Air Sukses

Penyuntikan Hormon

Penyuntikan hormon Induk ikan betina disuntik dengan ovaprim sebanyak 0, 6 ml/ kilogram berat tubuh( BB) sebaliknya induk jantan dengan ovaprim sebanyak 0, 5 ml/ kilogram BB.

Penyuntikan dicoba sebanyak 2 kali dengan selang waktu 12 jam. Tiap penyuntikan sebanyak½ dosis total penyuntikan. Penyuntikan dicoba di bagian punggung ikan.

Cara Memijahkan Ikan Baung : Seleksi Induk, Pematangan Gonad dan Penyuntikan Hormon


Proses Pemijahan

Apabila ikan dipijahkan secara natural, hingga induk jantan serta betina yang sudah disuntik disatukan di dalam bak yang sudah diberi ijuk, setelah itu ikan dibiarkan memijah sendiri.

Apabila hendak dicoba stripping, hingga pengurutan dicoba 6– 8 jam sehabis penyuntikan hormon kedua kali.

Tahapan pekerjaan apabila dicoba stripping:

Mempersiapkan Sperma:

Ambil kantong sperma dari induk jantan dengan membedah bagian perut. Gunting kantong mani serta keluarkan. Tampung cairan mani di dalam gelas yang telah diisi dengan larutan NaCl 0, 9% sebanyak½ bagian gelas.

Aduk sampai menyeluruh. Apabila larutan sangat pekat, tambahkan NaCl hingga larutan bercorak putih susu serta lumayan encer.

Stripping induk ikan baung Siapkan induk betina yang hendak dikeluarkan telurnya. Urut/ pijat bagian perut ke arah lubang kelamin sehingga telur keluar.

Tampung telur di dalam mangkuk plastik bersih serta kering. Masukkan larutan mani sedikit demi sedikit serta aduk sampai menyeluruh.

Supaya terjalin pembuahan, tambahkan air bersih serta aduk secara menyeluruh sehingga proses pembuahan bisa berlangsung dengan baik. Tambahkan lagi air buat cuci telur dari darah, setelah itu air dibuang.

Supaya bersih, jalani pencucian sebanyak 2– 3 kali. Masukkan telur yang sudah bersih ke dalam akuarium penetasan berisi air bersih.

Metode memasukkan telur ke dalam akuarium:

Pakai bulu ayam buat mengambil telur, kemudian sebarkan ke segala permukaan akuarium supaya menyeluruh.

Baca Juga:  Pengertian Hidroponik : Jenis Metode Tanam, Kelebihan dan Manfaatnya

Dalam waktu 36 jam telur hendak menetas serta larva yang dihasilkan dipindahkan ke dalam akuarium pemeliharaan larva.

Sehabis larva berusia 2 hari, larva diberikan pakan kutu air( Moina ataupun Daphnia) ataupun cacing sutra( Tubifex) yang telah dicincang tadinya. Sehabis larva berusia 4 hari, larva diberi pakan cacing sutra hingga berusia 7 hari.

Demikian ulasan mengenai Cara Memijahkan Ikan Baung : Seleksi Induk, Pematangan Gonad dan Penyuntikan Hormon  , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.