Cara Budidaya Kangkung Darat Untuk Pemula

3 min read

Cara Budidaya Kangkung Darat

Cara Budidaya Kangkung Darat Untuk Pemula – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Budidaya Kangkung Darat. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Budidaya Kangkung Darat Untuk Pemula


Kangkung ataupun nama latinnya Ipomoea aquatic sp ini yakni jenis sayur– mayur yang sangat bergizi dan biasanya diolah jadi tumis kangkung.

Tanaman ini sangat banyak ditemui di Indonesia dan bisa tumbuh dimana saja. Ada 2 tipe kangkung yang biasa kita temui yakni kangkung sawah dan kangkung darat.

Kangkung darat mempunyai diri yang khas yang terdapat pada corak warna daun yang hijau cerah, bunga yang putih dan batang dahan ujung pohonnya yang meruncing kecil, Daun kangkung darat yang tipis dan kecil- kecil.

Tata cara mendapatkan bibit kangkung darat pula cukup mudah kita bisa temukan di toko toko bibit tanaman. maupun mendapatkan dengan tata cara menyetek tanaman kangkung darat yang ada


Kandungan Gizi Kangkung

Tidak jauh berbeda dengan jenis sayur- mayur yang lain, sayur- mayur yang mempunyai nama latin Ipomoea aquatica ini mempunyai sebagian nutrisi yang baik buat tubuh.

Dalam 100 gram( gr) kangkung segar yang masih mentah, terdapat 3, 4 gr protein, 3, 9 gr karbohidrat, dan 2 gr serat. Isi vit A dan vit C dalam sayur- mayur ini pula sangat besar.

Terlebih dalam secangkir bayam air yang sudah disiangi( kira- kira 56 gram), Kalian bisa memenuhi 70 persen kebutuhan vit A tiap hari serta 51 persen kebutuhan vit C tiap hari.

Tidak cuma itu, bayam air ini pula kaya berbagai mineral berarti semacam kalium sebanyak 250, 1 miligram( mg), 67 mg kalsium, 2, 3 mg zat besi, 65 mg natrium, serta 54 mg fosfor.

Meski kaya hendak berbagai nutrisi berarti, kangkung maupun bayam air yakni jenis sayur- mayur yang rendah kalori. Dikala saat sebelum dimasak, secangkir daun bayam air hanya mempunyai 11 kalori.

Baca Juga:  √ Cara Mudah Menanam Dan Merawat Kangkung Cabut (Panduan Lengkap)

Dikala saat sebelum menarangkan manfaat kangkung, perlu diketahui jika ukuran jatah satu cangkir dekat 56 gram sajikan 11 kalori, 1, 46 gram protein, 0, 11 gram total lemak, 1, 76 gram karbohidrat dan 1, 2 gram serat santapan.


Langkah Cara Menanam Kangkung Darat


  • Persiapan Lahan

Sebaiknya menanam kangkung darat cabut lakukan di zona persawahan biar terkena sinar matahari yang cukup dan usahakan jangan sangat jauh dari perairan, lahan yang harus di persiapkan untuk budidaya kangkung yakni:

    • Lahan harus di cangkul terlebih dahulu
    • Buatlah bedengan persegi panjang
    • Lebar lahan yang mau di buat minimal 30- 40cm
    • Besar kedalaman buat penampungan air 20- 30cm dan panjang bedengan sesuai dengan lahan masing- masing
    • Bedengan di gembur dengan cangkul hingga merata dan halus bilas segala rumuput- rumput liar di dekat bedengan
  • Proses Pemupukan

Sehabis proses pengolahan lahan berakhir berikanlah pupuk kandang dikala saat sebelum biji maupun tunas di tanam dengan jarak 4 hari.

pupuk kandang pada lahan 8×12 saya beri 4 kantong dengan berat 50, kg, sbenernya tanaman kangkung darat cukup di bilang sangat kebal terhadap cuaca dan kondisi tanah yang lembab.

Proses pemberian pupuk pada disaat usia umur tanaman kangkung darat berkisar 14 hari.

Lumayan di beri pupuk garam dan urea sekali sampai proses pemanenan pula tidak bermasalah, tidak cuma meringankan pengeluaran pula bisa di bilang ngirit.

  • Penanaman

Ada 2 tehnik penanaman kangkung darat yang bisa teman lakukan yakni; dengan tata cara biji di tebar dan di tugal

Kalo proses penanaman bibit kangkung darat dengan tata cara di tebar sampai hasilnya kurang maksimal( bagus) nanti hasil pertumbuhanyapun hendak sangat rapat dan tidak teratur

Jadi sebaiknya dalam proses penanaman kangkung darat alangkah baiknya dengan tata cara di tugal saja dengan jarak tanam maxcimal 5- 6cm, walaupun dengan tata cara di tugal proses penanamannya agak lama.

  • Penjarangan Dan Penyulaman

Apabila tanaman kangkung darat sangat lebat, biar menghasilkan hasil yang bagus sampai diperlukan penjarangan.

Apabila tanaman banyak yang mati, Sebaiknya segeralah dicoba penyulaman dan diganti dengan bibit yang telah disiapkan sebelumnya begitupula sebaliknya, dalam satu rumpun ada 3- 4 batang kangkung saja.

  • Penyiangan

Penyiangan dicoba apabila di dalam budidaya kangkung darat terdapat rumput liar Maupun gulma. Penyiangan ini dicoba masing- masing 2 minggu sekali.

Baca Juga:  Cara Memijahkan Ikan Baung : Seleksi Induk, Pematangan Gonad dan Penyuntikan Hormon

Pembersihan dengan tata cara manual yakni dengan di cabut- cabut rumput liarnya dengan tangan sampai tidak tersisa sedikitpun.


Pemeliharaan Dan Perawatan Kangkung Darat

Sebaiknya lakukanlah penyiraman masing- masing pagi dan sore penyiraman pula bisa di lakukan untuk cuaca, dan masa. kalo budidaya tanaman kangkung darat pada masa kemarau sebaiknya di lakukan penyiraman masing- masing hari.

Dan apabila pada masa penghujan lakukanlan fermentasi dan tetap mengecek kondisi lahan.

Bila banyak air yang mengedap hendak menimbulkan tanaman jadi daunya layu, menguning dan menimbulkan kematian.

Dalam umur tanaman kangkung darat pada Usia setengah bulan pasti sudah banyak hamma yang mengusik Tanaman kangkung darat antara lain:

  • Ulat
  • Serangga
  • Belalang yang memakan dedaunan

Tata cara mengusir segala mamalia itu cukup lakukanlah penyemprotan dengan obat pembunuh hamma semacam Sevin.

Buat memberantas ulat daun ini mengenakan Insektisida Diazinon 60 EC, dengan Dosis sebesar 2 cc per liter air setelah itu semprotkan pada tanaman kangkung darat.

Cara Budidaya Kangkung Darat


Masa Panen Kangkung Darat

Pemanenan tanaman kangkung darat bisa di lakukan sehabis umur kangkung sudah mencapai usia 30- 40 hari. Dalam 1 Hektar lahan bisa menghasilkan kangkung sebanyak 23 ton

pemanenan pula bisa di lakukan dengan 2 tata cara yakni; dengan di cabut maupun di potong sangat dasar batangnya

Perlu kalian ketahui kangkung darat pula bisa di lakukan pemanenan dalam sekali tanam 3 kali pemanenan. Sehabis panen dini berakhir kalian hanya membutuhkan 5– 7 hari saja Bisa memetik kembali kangkung kangkungnya.

Oleh karena itu, masing- masing bulannya kalian bisa panen sampai 6 kali Kebalikannya kalo yang di cabut sampai akarnya cuma bisa menghasilkan proses pemanenanya cuma sesekali saja

Demikian ulasan mengenai Cara Budidaya Kangkung Darat, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.