Budidaya Jahe Merah 100% Berhasil (Panduan Lengkap)

Posted on

Budidaya Jahe Merah 100% Berhasil (Panduan Lengkap) – Hai Sobat berkebun kembali lagi kita bertemu, mudah-mudahan anda semua sehat dan sukses selalu, kali ini kita akan membahas mengenai tentang Cara Budidaya Jahe Merah. Di negara kita indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki berbagai macam jenis tanaman, baik tanaman hias, tanaman pangan, maupun tanaman obat. Salah satu tanaman obat yang banyak memiliki khasiat adalah jahe merah. Tanaman ini dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit.

Budidaya Jahe Merah 100% Berhasil (Panduan Lengkap)

Faktor Yang Menguntungkan Bagi Petani Jahe Merah

Silahkan anda perhatikan uraian beberapa yang mungkin akan menjadi faktor menguntungkan atau mendukung keberhasilan budidaya jahe merah ini.

  1. Permintaan terhadap Jahe Merah sangatlah tinggi, baik untuk kebutuhan dalam negeri maupun luar negeri.  Silahkan anda browsing dan searching mengenai permintaan produk agro ini.
  2. Tanaman Jahe bisa tumbuh pada ketinggian 0 – 2.000 m.dpl. sehingga cakupan tempat budidaya relatif luas.
  3. Teknis budidaya relatif mudah, dengan menggunakan media tanam di dalam polybag ataupun karung bisa dilakukan. Dengan demikian lahan yang dibutuhkan tidak perlu luas, kita bisa memanfaatkan lahan di pekarangan atau halaman rumah yang tidak produktif. Cara atau teknik budidaya pun sudah banyak tersedia dan banyak dipraktekkan. Anda pun dapat melakukan budidaya jahe merah sistem organik dengan mudah.
  4. Harga jual jahe merah menurut perkembangan pasar saat ini memang tidak setinggi seperti tahun-tahun sebelumnya, namun bisa anda lihat masih memiliki nilai ekonomis. Apalagi bila dilakukan pengolahan jahe menjadi produk turunan, misalnya serbuk jahe dan gula, harganya tentu akan memiliki nilai ekonomi lebih tinggi dibanding harga jahe mentah .
  5. Mungkin belum begitu banyak yang melakukan budidaya jahe, meskipun di beberapa daerah sudah menjadi komoditi andalan, liat saja misalnya di beberapa daerah di Sukabumi, Tasikmalaya atau di daerah Brebes, tanaman ini menjadi salah satu komoditi andalan daerah tersebut.
  6. Biaya yang harus dikeluarkan relatif rendah. Anda hanya perlu menyediakan polybag atau karung, tanah, pupuk, dan bibit serta biaya pemeliharaan yang tidak begitu besar, apalagi bila dilakukan oleh sendiri.
Baca Juga:  √ Cara Merawat Bunga Anthurium dengan Benar (Panduan Lengkap)

Berikut adalah beberapa manfaat dari  jahe merah bagi kesehatan manusia adalah sebagai berikut :

  • Sebagai obat herbal
  • Sebagai antioksidan, antiinflamasi, analgesik, antikarsinogenik (anti kanker), dan kardiotonik (penguat fungsi jantung)
  • Pencegah Obesitas
  • Anti diare dan mual
  • Anti hiperlipidemia (lemak berlebih)
  • Melancarkan aliran darah
  • Obat untuk kolesterol

Oleh sebab itu, jika anda ingin menanam tanaman jenis ini, anda harus benar-benar mengetahui bagaimana cara menanam jahe merah yang baik. Dengan begitu, anda dapat dengan mudah menanamnya didekat atau di kebun rumah anda, sehingga dapat menghasilkan jahe merah dengan baik, berikut ini adalah bagaimana cara menanam tanaman jahe yang baik dan benar.

1. Memepersiapkan Media Tanam

Pertama adalah anda harus mempersiapkan media tanam, sebab media tanam yang baik sangat mempengaruhi akan pertumbuhan tanaman itu sendiri, cara menanam jahe merah dapat menggunakan polybag atau dengan menggunakan bekas karung yang sudah tidak terpakai lagi, selanjutnya anda mempersiapkan tanah yang sudah dihancurkan yang dicampur dengan pasir, dan pupuk organik dengan perbandingan 1:1:1.

Untuk pupuk organik sendiri sebaiknya anda gunakan pupuk kandang kambing, yang sudah difermentasikan, agar tidak terlalu panas, dan dapat diserap dengan maksimal oleh tanaman jahe anda nantinya, setelah itu anda masukkan kedalam polybag, atau karung bekas yang sudah anda siapkan.

2. Bibit Jahe Merah

Setelah media tanam sudah selesai anda siapkan semua, selanjutnya anda mempersiapkan bibit jahe yang unggul dan baik, untuk ciri-cirinya biasanya, sudah berumur tua, warna lebih cerah dan tidak ada tanda-tanda terkena penyakit. Selanjutnya anda dapat merendam bibit jahe dalam larutan fungisida selama 10-15 menit. Hal ini bertujuan untuk membebaskan bibit jahe merah anda dari segala macam penyakit baik jamur maupun bakteri jahat lainnya.

Baca Juga:  Cara Menanam Pisang Dengan Mudah dan Tepat (Panduan Lengkap)

Untuk menanam jahe merah anda dapat menyemainya ditempat yang lembab, serta dijauhkan dari sinar matahari secara langsung, anda dapat taruh di atas jerami dan ditutup kembali dengan menggunakan jerami ilalang, selama dalam penyemaian anda harus rajin untuk melakukan penegecekan kelembapan, jangan sampai penyemaian anda kekeringan, rajinlah untuk menyiraminya, biasanya tanaman jahe merah ini akan mulai tumbuh sekitar 2 minggu, setelah bibit jahe merah anda sudah mulai tumbuh anda dapat memindahkannya kedalam polybag yang sudah anda siapkan.

3. Teknik Penanaman dan Pemeliharaan

Dalam melakukan penanaman jahe merah ini anda dapat lakukan setelah tunas mulai muncul dari penyemaian yang anda lakukan sebelumnya, cabut bibit bibit yang sudah tumbuh tunas dengan perlahan, dan tancapakan kedalam polybag atau karung sedalam 3-4 cm lalu tutup kembali dengan syarat saja, sebisa mungkin jangan terlalu terkena sinar matahari langsung, carilah tempat yang sedikit lembab.

Unutk perawatan tanaman jahe merah sebenarnya tidak begitu sulit, anda cukup rajin melakukan penyiraman tanaman anda, setelah berumur 4 bulan lakukan pemberian pupuk susulan, dengan menggunakan pupuk organik, diatas permukaan media tanaman jahe anda agar unsur hara dalam tanah tetap terjaga.

Untuk umur tanaman jahe merah ini bisa anda panen berumur sekitar 10-12 bulan, tetapi untuk menghasilkan jahe merah dengan kualitas baik sebaiknya lakukan pemanenan di umur 12 bulan, sebab akan menghasilkan jahe merah yang benar – benar tua, dan tentunya akan mendapatkan rimpang jahe yang lebih berat.

Cukup sekian sobat berkebun penjelannya mengenai Budidaya Jahe Merah 100% Berhasil (Panduan Lengkap) mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca, selamat mencoba dan sukses selalu.