√ Cara Budidaya Anggrek dan Merawatnya (Panduan Lengkap)

Posted on

Cara Budidaya Anggrek dan Merawatnya (Panduan Lengkap) Sobat Berkebun kali ini kita akan membahas mengenai Cara Budidaya Anggrek dan Merawatnya yang akan di pandu lengkap oleh berkebun.co.id dengan artikel berikut ini :

Cara Budidaya Anggrek dan Merawatnya (Panduan Lengkap)

Hai sobat berkebun tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan bunga anggrek ini, bunganya yang indah di pandang nan cantik ini sering mengundang decak kagum oleh kebanyakan orang yang melihatnya. Walau begitu bunganya cantik dan mempesona, masih banyak orang yang mengeluhkan cara budidaya dan perawatan bunga anggrek yang dirasa sangat sulit. Walau pun bisa hidup, terkadang tanaman anggrek juga susah berbunga ataupun malah tidak bisa berbunga. Oleh sebab itu berkebun.co.id akan memberikan ilmu tentang cara budidaya anggrek dan merawatnya agar menghasilkan bunga yang benar-benar mempesona.

Budidaya Anggrek

1. Pemilihan Bibit yang Unggul

Untuk pemilihan bibit anggrek yang baik dan unggul anda bisa memilih dengan cara berikut ini :

  • Pilihlah dari tanaman (indukan) yang berbunga banyak.
  • Pilih indukan yang bunganya berwarna cerah tidak mudah layu.
  •  Dalam pemilihan bibit anggrek ini anda bisa melakukanya dengan cara generatif (biji) atau juga dengan cara vegetatif (melalui pemisahan anakan).

2. Faktor Lingkungan (Cuaca)

Faktor lingkungan juga sangat berpengaruh dalam budidaya dan perawatan tanaman anggrek ini, berikut adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tanaman anggrek untuk berbunga.

  • Yang petama adalah suhu, suhu yang diperlukan tergantung pada jenis tanaman anggrek itu sendiri, diperkirakan untuk dataran rendah suhu pada siang hari, 23-35 ˚C dan utnuk malam hari 20-27 ˚C, sedangkan untuk dataran tinggi suhu siang hari 18-27 ˚C, untuk malam hari 13-18 ˚C.
  • Kebutuhan cahaya juga berpengaruh pada tanaman anggrek yang akan berbunga, tergantung dengan jenis anggrek yang anda budidayakan umur dan ukuran biasanya kebutuhannya berkisar antara 1500 – 5000 fc.
  • Kelembapan, Tanaman anggrek membutuhkn kelembaban udara sekitar kurang lebih 60 – 80%. Agar kelembaban tetap terjaga, di bawah rak dapat dibuat kolam/kabut di dalam rumah, lindungi dengan cara pemasangan sprinkle.
Baca Juga:  Cara Menanam Ubi Jalar Dengan 16 Langkah (Panduan Lengkap)

3. Perawatan Tanaman Anggrek

Melakukan perawatan yang baik dan maksimal maka akan menghasilkan tanaman anggrek yang bagus juga pastinya, dalam melakukan perawatan tanaman anggrek adalah dengan cara berikut ini :

  • Penyiraman, saat cuaca panas dilakukan penyiraman sebanyak dua kali dalam sehari dan apabila cuaca hujan sebaiknya tidak perlu dilalukan penyiraman. Yang perlu Anda perhatikan adalah kadar air media, jika dirasa kelembaban air masih cukup tidak perlu dilakukan penyiraman. Waktu penyiraman yang baik adalah pagi dan sore hari.
  • Pemupukan, syarat utama adalah melakukan pemupukan pada tanaman anggrek sesuai dengan kebutuhannya, supaya anggrek dapat berbunga dengan sempurna anda bisa memakai pupuk dengan kadar unsur hara P yang tinggi. Pemupukan dapat diberikan melalui proses penyemprotan atau penyiraman bisa juga memakai pupuk slow rilis yang pemakaiannya ditaburkan pada tanah didalam pot.
  • Pemberian ZPT atau Hormon, Untuk menghasilkan tanaman anggrek yang sering berbunga anda juga bisa memakai ZPT atau hormon, kedua zat tersebut dapat dipakai untuk memacu proses pembungaan pada tanaman anggrek atau biasa disebut Giberelin. Anda juga bisa gunakan air kelapa dengan kadar 15 %, 150 ml air kelapa dilarutkan dengan 1 liter air kemudian disemprotkan pada tanaman anggrek.
  • Pengendalian hama dan penyakit, anda harus rajin melakukan pengamatan pada tanaman anggrek setiap hari untuk mencegah serangan hama dan penyakit pada tanaman anggrek. Luangkan waktu untuk membersihkan pot tanaman dari berbagai kotoran, gulma maupun daun-daun yang telah membusuk. Jika tanaman anggrek anda terserang oleh hama gunakan insektisida, fungisida jika terserang jamur, dan bakterisida jika ada serangan bakteri.

Demikian ulasan mengenai Cara Budidaya Anggrek dan Merawatnya (Panduan Lengkap) yang dapat dijelaskan dengan terperinci oleh berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang pemula, semoga sukses dan terimakasih.

Baca Juga:  √ Ilmu Cara Budidaya Kedelai Agar Hasilnya Maksimal (Panduan Lengkap)