9 Langkah & Cara Budidaya Ternak Burung Puyuh Dengan Tepat

1 min read

9 Langkah & Cara Budidaya Ternak Burung Puyuh Dengan Tepat

9 Langkah & Cara Budidaya Ternak Burung Puyuh Dengan Tepat – Burung puyuh ini merupakan burung yang dapat dijadikan sebagai ternak karena burung puyuh dapat menghasilkan telur, biasanya kita menyebutnya dengan telur puyuh. Tidak sedikit orang yang gagal saat melakukan budidaya burung puyuh ini, nah agar tidak terjadi kegagalan pada kesempatan kali ini Berkebun akan memberikan informasi mengenai cara budidaya ternak burung puyuh dengan benar dan tepat. Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

9 Langkah & Cara Budidaya Ternak Burung Puyuh Dengan Tepat

1. Siapkan Sarana dan Prasarana

Untuk membudidayakan burung puyuh, perlu mempersiapkan terlebih dahulu modal, tempat, kandang agar dalam proses pembudidayaan burung puyuh dapat berjalan dengan lancar.

2. Pemilihan Lokasi Budidaya

Dalam pemilihan lokasi budidaya juga sangat penting karena tidak sembarangan untuk memilih lokasinya. Adapun tempat yang baik yang dapat dijadikan tempat budidaya diantaranya adalah

  • Bersih dari udara yang kotor, agar budidaya burung puyuh tersebut terhindar darri berbagai penyakit.
  • Lokasi yang strategis, jauh dari bahaya banjir dan juga longsor.
  • Jauh dari pemukiman umum, supaya burung dapat berinovasi agar hidupnya tidak terganggu.

3. Pembuatan Kandang Puyuh

Ada beberapa cara untuk membuat kandang puyuh, diantaranya adalah

  • Buatlah kandang burung puyuh khusus untuk yang bertelur, hal ini hatus diperhatikan agar burung puyuh lainnya tidak ikut campur dalam hal bertelur.
Baca Juga:  Cara Merawat Hamster

  • Kemudian buatlah kandang puyuh untuk khusus pembibitan baru lagi, agar semua burung puyuh tersebut tidak ikut campur, sehingga tidak menimbulkan burung tersebut stress.
  • Buatlah kandang juga untuk burung puyuh khusus untuk yang masih berumur 2 minggu ke bawah.

4. Pemilihan Bibit Puyuh

Burung puyuh memiliki banyak sekali jenisnya, sehingga kita harus mengetahui jenis burung puyuh yang bagus untuk dijadikan sebagai bahan ternak. Sebaiknya pilihlah jenis puyuh betina agar produksi telurnya baik dan berkualitas. Dalam memilih burung puyuh jantan juga harus yang bagus dan berkualitas agar dalam perkawinan tersebut menjadi saling melengkapi dan dapat menghasilkan telur yang bagus juga berkualitas.

5. Pemberian Pakan Makanan

Dalam memberikan pakan burung puyuh juga harus diperhatikan, agar burung puyuh tersebut dapat berkembang baik dan memperoleh hasil yang bagus. Memberi makan burung puyuh sebaiknya diberi pakan 1 sampai 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari.

Pakan burung puyuh biasanya diberi pellet atau layer khusus burung puyuh dan harus disediakan tempat minumnya juga agar perkembangbiakannya baik dan lebih teratur.

6. Membersihkan Lingkungan atau Kandang Burung Puyuh

Agar dalam budidaya burung puyuh tersebut dapat terhindar dari berbagai penyakit, maka bersihkanlah kotorannya dan juga lingkungannya agar tidak mudah terjangkit penyakit.

7. Penerangan Kandang Puyuh

Penerangan dalam kandang puyuh ini sangat dianjurkan agar suhu dalam kandang pada malam hari tetap hangat dan tidak dingin. Biasanya puyuh pada malam hari ini suka menjadikan sebagai penghangat suhu tubuhnya.

8. Kontrol Penyakit

Burung puyuh ini juga bisa terkena berbagai penyakit, sehingga dalam membudidaya burung puyuh harus kontrol minimal dalam seminggu 1 kali supaya burung puyuh tidak terjangkit penyakit yang membahayakan.

Baca Juga:  Cara Ternak Burung Lovebird Dengan 4 Langkah Mulai Dari Nol

9. Masa Panen

9 Langkah & Cara Budidaya Ternak Burung Puyuh Dengan Tepat
9 Langkah & Cara Budidaya Ternak Burung Puyuh Dengan Tepat

Masa panen ini adalah masa dimana burung puyuh ini sudah bertelur, ketika burung puyuh sudah bisa bertelur maka masa panen telurnya akan setiap hari, asalkan dalam pemberian pakan sesuai aturan yakni 1 sampai 2 kali sehari.

Demikianlah informasi mengenaiĀ 9 Langkah & Cara Budidaya Ternak Burung Puyuh Dengan Tepat. Semoga dapat bermanfaat dan budidaya telur puyuhnya dapat berhasil. Terimakasih šŸ™‚

Kandungan Gizi Ikan Kakap

admin
1 min read

Makanan Yang Mengandung Fosfor

admin
2 min read

Budidaya Bekicot Dalam Drum

admin
2 min read