Burung Kicau Yang Ada Di Indonesia (Bahas Lengkap)

3 min read

Jenis Burung Kicau Di Indonesia (Bahas Lengkap)

Burung Kicau Yang Ada Di Indonesia (Bahas Lengkap) Hai sobat berkebun, kembali lagi kita bertemeu, saya yakin anda adalah penggemar burung kicau indonesia, oleh sebab itu kita akan membahas mengenai jenis burung kicau yang ada di dindonesia.

Burung Kicau Yang Ada Di Indonesia (Bahas Lengkap)

Spesies burung kicau di negara kita indonesia sangatlah banyak. Masing-masing burung mempunyai ciri khas suara sendiri-sendiri dan mempunyai keunggulan serta kelemahanya. Ada sebagian mereka yang berkicau panjang tanpa terputus putus. Ada pula yang hanya mengeluarkan suara sedikit dan terputus-putus. Begitu juga jika dilihat dari bentuk fisik dan warnanya. Setiap burung memiliki warna khas tersendiri, hampir kebanyakan burung mempunyai warna yang cantik dan indah pastinya.

Berikut ini adalah beberapa jenis burung yang akan kita bahas :

1. Burung Murai Batu

Jenis burung kicau ini memiliki kicauan yang luar biasa, ada beberapa jenis murai batu yang ada di indonesia, diantaranya ada jenis murai batu nias, murai batu medan, murai batu borneo, dan masih banyak lagi jenis murai batu, selain jago dalam berkicau burung ini memiliki khas tersendiri dengan memiliki body yang tidak terlalu besar, memiliki ekor yang panjang, bulu yang di dominasi warna hitam, dan gold, dan sangat lincah, dan memiliki harga jual yang tinggi.

2. Burung Kacer

Burung Kacer ini adalah jenis burung kicau dengan memiliki penggemar yang cukup banyak, Burung kacer paling banyak menyebar di negara Afrika Jawa dan Kalimantan. Dengan ciri-ciri hitam pekat atau kebiru-biruan di sekujur tubuhnya dan ada sedikit warna putih di bagian tertentu seperti sayap dan ekor, burung ini juga pandai menirukan berbagai jenis kicauan burung lain.

3. Burung Pentet

Jenis burung ini mudah untuk kita temukan di hutan, dan jenis burung ini banyak sekali di pelihara di pedesaan, sebab burung pentet ini tidak terlalu sulit untuk dipelihara, burung pentet ini juga hampir sama dengan burung kacer, dia juga pandai untuk mengikuti kicauan burung yang pernah dia dengar di sekitarnya.

4. Burung Pleci (Kacamata)

Nama lain dari burung pleci ini yaitu Zosterops dalam bahasa ilmiah sedangkan nama lain untuk di Indonesia yaitu burung kacamata karena terdapat lingkaran kecil hitam putih di bagian mata burung pleci sehingga disebut sebagai burung kacamata. Burung ini dapat di temukan di daerah tropika Afrika, Asia tetapi hanya pada wilayah Indomalaya dan Australia bagian utara.

Baca Juga:  √ 5 Cara Ternak Kambing Modern Mudah Yang Menguntungkan

Burung pleci merupakan jenis burung kicauan yang berukuran kecil dengan kicauan yang sangat khas dan mendencing. Jenis burung ini cukup susah untuk di dapat.

5. Burung Kolibri

Jenis burung kolibri ini juga sangat banyak, diantaranya adalah, kolibri ninja, kolibri wulung, kolibri sepah raja, dan masih banyak jenis kolibri lainya, burung ini sangat kecil dibandingkan dengan jenis burung kicau lainnya, tetapi meskipun memiliki badan yang kecil tetapi peminat burung ini juga sangat banyak karna suaranya yang khas,

Pada dasarnya, burung kolibri berasal dari kawasan Canary serta daratan timur laut yang ada di Benua Afrika. Tiap jenis burung kolibri memiliki karakteristik dan keunggulan tersendiri, termasuk dalam hal kicaunya maupun warna bulunya.

6. Burung Kenari

Berbicara mengenai burung kenari, ternyata jenis burung kenari ini ada banyak macamnya. Salah satunya adalah burung kenari lokal super. Atau banyak yang menyebutnya dengan nama burung kenari loper.

Burung Kenari Loper merupakan singkatan dari Kenari lokal super. Dimana kenari ini yaitu jenis burung yang diperoleh dari persilangan antara burung Kenari jenis AF dengan burung Kenari lokal.

Burung Kenari Loper ini juga punya postur tubuh yang super. Jenis burung kenari ini juga termasuk burung yang banyak diminati oleh pecinta burung.

7. Burung Cucak Rowo

Untuk jenis burung kicau yang satu ini di antara keluarga burung pengicau, cucak rowo bisa jadi burung pengicau yang paling dikenal oleh para pencinta burung maupun orang awam. Burung jenis ini tersebar di sepanjang Pulau Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Perbedaan kondisi iklim, keragaman vegetasi, tingkat kesuburan tanah, dan ketinggian permukaan laut memengaruhi kondisi fisik cucak rowo, termasuk kondisi bulu dan kualitas suaranya.

Sehingga ada beberapa jenis burung cucak rowo dengan berdasarkan asal daerahnya, terdapat 5 jenis burung cucak rowo di Indonesia. Setiap jenis memiliki karakteristik masing-masing sehingga tidak terlalu sulit untuk mengenalinya, ada cucak rowo medan, cucak rowo lampung, cucak rowo aceh, cucak rowo jambi dan riau, cucak rowo kalimantan.

8. Burung Jalak

Siapa sih yang tidak kenal dengan burung jalak, Burung jalak merupakan sebagian dari spesies burung yang cukup banyak peminatnya untuk dijadikan hewan peliharaan, khususnya bagi pecinta burung. Burung ini dikenal karena kicauannya yang cukup merdu, disamping itu warna coraknya yang indah menjadikan jenis burung tersebut sangat ideal untuk hewan peliharaan. Spesies burung jalak juga dikenal memiliki kecerdasan cukup baik, terlebih dalam hal menirukan suara-suara. Burung jalak sangat lihai berkicau, bahkan jenis burung ini bisa menirukan suara-suara yang diucapkan oleh manusia.

Baca Juga:  Budidaya Lele Untuk Pemula (Pengetahuan Lengkap)

9. Burung Lovebird

Di setiap jenis burung memiliki khas tersendiri, dan memiliki keistimewaan masing-masing, jenis burung yang satu ini lebih mengutamakan keindahan warna bulunya, patut anda ketahui burung lovebird dianggap bagus dan indah apabila warnanya terbilang langka dan sulit ditemukan.

10. Burung Branjangan

Tidak semua orang mengetahui jika burung yang bertubuh kecil ini memiliki suara khas tersendiri pada suara kicauannya, Para pecinta burung di Indonesia, branjangan yang populer yaitu yang berasal dari Pulau Jawa, terutama dari Jawa Tengah dan di daerah Jogja terutama di daerah Wates.

Burung yang asalnya dari kawasan ini mempunya ciri-ciri yang disukai penggemar branjangan. Yaitu mempunyai mental yang baik, body besar dan juga volume suara yang keras dan juga variasi.

11. Burung Prenjak

Prenjak adalah julukan segolongan burung kecil yang lincah dan banyak berkicau. jenis burung ini seringkita jumpai dan kita dengar di sekitar rumah kita, jika masih dekat dengan hutan, Dahulu kala, kelompok burung ini dimasukkan ke dalam satu suku yaitu Sylviidaeakan tetapi belakangan ini menurut taksonomi Sibley Ahlquist yang didasari analis DNA suku tersebut dipecah kekerabatannya menjadi Sylviidaedan Cisticolidae.

Burung yang berbadan kecil tersebut mempunyai julukan atau nama yang berbeda-beda di setiap daerah.

12. Burung Panca Warna

Jenis burung pancawarna termasuk burung endemik asal Indonesia yang ada kemiripan bentuk dan warna dengan burung robin dari Tiongkok. Burung Pancawarna dulunya dikenal masyarakat Indonesia menjadi burung ocehan dan pemaster burung ocehan lainnya. karna memiliki kicauan yang bagus dan memiliki warna yang indah.

13. Burung Tledekan

Untuk jenis burung yang satu ini berasal dari keluarga Muscicapidae dan genus Cyornis juga disebut dengan nama burung sulingan atau burung sikatan. Tledekan adalah salah satu jenis burung yang dikenal oleh hampir seluruh penggemar burung di Indonesia. Meskipun ketenaran tidak sementereng di tahun 2000-an, namun para penggemarnya masih cukup banyak.

Demikian pembahasan mengenai Burung Kicau Yang Ada Di Indonesia (Bahas Lengkap) yang dijelaskan oleh berkebun, mudah – mudahan bermanfaat dan dapat memperluas wawasan kita semua tentang dunia burung, salam sukses dan trimakasih.

Kandungan Gizi Ikan Kakap

admin
1 min read

Makanan Yang Mengandung Fosfor

admin
2 min read

Budidaya Bekicot Dalam Drum

admin
2 min read