Tanaman Rimbang

2 min read

Tanaman Rimbang

Tanaman Rimbang – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Tanaman Rimbang. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Tanaman Rimbang


Apa itu Rimbang?

Rimbang adalah nama tumbuhan yang berhubungan dengan cabang. Sekilas, Rimbang memiliki bentuk yang hampir identik dengan tanaman Reunka.

Ya, keduanya merupakan tumbuhan yang termasuk dalam suku terong (Solanaceae). Selain itu, Rimbang seperti mobil reun, sering digunakan sebagai ‘sayur segar’.

Memiliki nama ilmiah Solanum torvum seperti “saudaranya”, limbang ini kaya akan sejumlah zat penting yang dibutuhkan tubuh. Komposisi nutrisi Rim Bang adalah sebagai berikut:

  • Flavonoid (flavonol dan flavon)
  • Asam fenolat
  • Asam askorbat
  • Karotenoid
  • Kalium
  • Vit A
  • Vit B1
  • Vit C

Bentuk Tanaman Rimbang

Bentuk Akar Rimbang

Sistem akar tanaman rimbang ini adalah akar batang. Tanaman rimbang adalah tanaman tahunan kecil yang tingginya bisa mencapai 3 m dan terkadang bahkan lebih.

Bentuk Cabang Rimbang

Batang rimbang ini memiliki cabang, rambut, dan duri berwarna abu-abu. Batang ruang pelek ini bening, sehingga bisa digolongkan jenis semak.

Bentuk dan permukaan batangnya pun terlihat bulat. Pohon tacocac dikenal sangat tahan terhadap penyakit yang biasanya menyerang batangnya.

Tanaman hutan ini biasanya tumbuh di pekarangan atau di pekarangan rumah. Kondisi tanah yang tidak terlalu banyak air dan cukup sinar matahari.

Bentuk Daun RImbang

Daun Rimbang ini berdaun tunggal dan berwarna hijau. Daun tanaman rimbang ini juga tidak lengkap karena hanya terdiri dari tangkai daun dan daun.

Baca Juga:  Cara Merawat Ikan Koi

Posisi daun rimbang ini bergantian. Ujung daun rimbang ini terlihat tipis, dan bagian bawah daun sepertinya telah terpotong. Daun pelek ini berbentuk bulat telur.

Daun pelek ini memiliki panjang sekitar 7 sampai 20 cm dan lebar sekitar 4 sampai 18 cm.

Daunnya bercabang dan permukaannya sangat keras serta ditutupi bulu-bulu tipis. Tangkai daun rimbang ini berbulu dan memiliki beberapa duri yang melekat padanya.


Bentuk bunga Rimbang

Bunga tanaman ini bersifat majemuk dan majemuk merupakan majemuk kompleks karena diketahui mempunyai lebih dari satu bunga pada satu batang bunga.

Kelopak bunga berwarna hijau, dan kelopak kelima menempel satu sama lain. Kelopak ini berwarna putih, nomor 5 dan saling menempel. Benang sari juga jumlahnya sama dengan kelopaknya.

Tangkai rimbang ini pendek, sering bercabang, dan berbunga banyak. Bunga tanaman ini berbentuk bintang, dengan bagian tengah berwarna putih dan kuning.

Mahkota bunga rimbang ini berwarna putih dan terdiri dari 5 buah. Kepala sari cukup besar dan menutupi putik lurus.

Bentuk Buah Rimbang

Buah air tipe rim adalah buah bouni yang banyak dan bulat. Buahnya tampak hijau muda atau hijau, dan bila matang atau tua, buahnya berwarna kuning jingga dan lunak.

Buah beri bisa dimakan baik tua maupun muda. Buah limbang ini adalah buah yang sangat kompleks dan memiliki banyak biji juga.

Biji ruang pelek ini kusam, pipih, coklat, panjang 1,5-2 mm, dan berbentuk cakram.

Tanaman Rimbang


Berikut beberapa manfaat tumbuhan Rimbang

Memperbaiki sirkulasi darah

Kandungan senyawa flavonoid pada tumbuhan hutan ini baik daun maupun buahnya.

Ini akan menjadi alasan jika menurut Anda tanaman herbal ini dapat meningkatkan aliran darah di tubuh Anda. Tentu saja peredaran darah dalam tubuh sangatlah penting.

Baca Juga:  Tanaman Cepokak : Kandungan Gizi dan Manfaatnya

Pencegahan diabetes

Diketahui bahwa mengonsumsi tumbuhan hutan ini secara rutin dapat membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh Anda. Anda dapat meminimalkan risiko terkena diabetes.

Mencegah dan mengatasi peradangan

Tumbuhan hutan juga memiliki senyawa yang disebut campesterol. Kolesterol merupakan senyawa yang memiliki sifat anti inflamasi.

Konsumsi limbang yang tepat dapat mencegah terjadinya peradangan pada tubuh. Tanaman rimbang ini bisa dijadikan pengobatan alternatif untuk mengatasi peradangan yang sudah terlanjur menyerang.

Mengatasi Infeksi

Tubuh yang pernah mengalami infeksi dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi rimbang ini.

Alasan mengapa metode rimbang ini sangat efektif dalam mengobati berbagai macam infeksi karena tanaman herbal ini kaya akan berbagai zat antibakteri dan antibakteri.

Demikian ulasan mengenai Tanaman Rimbang, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.