Pupuk TSP Yang Sangat Bermanfaat Bagi Tanaman

2 min read

Pupuk TSP Yang Sangat Bermanfaat Bagi Tanaman

Pupuk TSP Yang Sangat Bermanfaat Bagi Tanaman – Hai sobat berkebun.co.id, pada kesempatan kali ini kita akn membahas tentang pupuk tsp yang sangat bermanfaat dan sangat dibutuhkan bagi tanaman. Oleh sebab itu mari kita perhatikan artikel sebagai berikut :

Pupuk TSP Yang Sangat Bermanfaat Bagi Tanaman

Mungkin anda semua sudah tidak asing lagi mendengar yang namanya pupuk TSP. Sedikit kami kasih pengertian Pupuk TSP adalah salah satu pupuk sumber hara fosfor pertama yang memiliki hasil analisa kandungan yang cukup tinggi dan dipakai di kalangan masyarakat secara luas. Secara teknis di kenal sebagai calcium dihydrogen phosphate dan juga monocalcium phosphate, (Ca(H2PO4)2 .H2O). Meskipun pupuk TSP merupkan sumber pupuk p yang cukup sempurna, tetapi penggunaannya dapat disubstitusi dengan pupuk P varian yang lainnya seperti Rock Phosphate, SP36, DAP dan jenis pupuk lainnya.

Kandungan Dalam Pupuk TSP

Pupuk TSP adalah nutrient organik yang digunakan untuk memperbaiki unsur hara tanah dalam pertanian. Pupuk Triple Super Phosphate (TSP) mempunyai kandungan antara lain seperti fosfor sekitar 44-46% dalam bentuk P2O5. Pupuk TSP berbentuk granul (butiran) berwarna abu-abu, pupuk fosfor berbentuk butiran (granular) , karna pupuk ini bereaksi cukup lambat dan tidak higroskopis. Pupuk TSP juga dapat digunakan sebagai pupuk dasar maupun pupuk susulan bagi tanaman, pupuk TSP ini pastinya dari segi manfaatnya masih terbilang cukup bagus untuk pertumbuhan akar tanaman.

TSP Memiliki kandungan yaitu P tertinggi diantara pupuk karakter kering yang tidak mengandung Nitrogen (N). Keuntungan lainnya adalah bahwa hampir 90% kandungan P nya dapat bersifat Mudah larut dalam air (water soluble), sehingga bisa dengan cepat atau segera tersedia untuk diserap oleh tanaman.

Baca Juga:  Cara Merawat Burung Lovebird

Jika ditebar langsung di tanah yang lembab, maka akan segera bentuk butirannya meluruh secara bertahap, kemudian campuran tanah-TSP ini akan bisa menjadi bersifat asam. TSP juga mengandung 15% Kalsium (Ca), yang dapat menyediakan unsur hara tambahan bagi tanaman.

Manfaat Pupuk TSP

Pupuk TSP sangat berguna bagi kebutuhan semua jenis tanaman diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Penggunaan utama pupuk TSP adalah dalam situasi di mana beberapa pupuk padat dicampur bersama untuk disebarkan di permukaan tanah atau untuk penggunaan pupuk yang terkonsentrasi di bawah permukaan
  • TSP yang mengandung 46% fosfat. Fosfat merupakan turunan dari fosfor yang hanya ditemukan di kerak bumi. Fosfat ialah anion yang terdiri atas atom fosfor (P) dan oksigen (O). Pentingnya Fosfor untuk medukung terjadinya fotosintesis, proses di mana tanaman mengubah sinar matahari menjadi molekul karbohidrat, yaitu gula.
  • TSP mempercepat proses pertumbuhan sistem perakaran pada tanaman muda
  • TSP mempersingkat periode infertilitas pada tanaman buah, mempercepat floresensi dan pematangan pada tanaman buah
  • TSP meningkatkan ketahanan pada tanaman terhadap pembekuan dan kekeringan
  • TSP berperan penting yang menentukan untuk pembentukan kualitas produksi sereal, sayuran, buah, teknis dan tanaman penghasil minyak
  • TSP menghilangkan berbagai pengaruh negatif dari pemupukan nitrogen satu sisi
  • TSP juga diperlukan untuk pemupukan tanaman polongan, seperti alfalfa atau kacang-kacangan, di mana tidak diperlukan pemupukan N tambahan untuk melengkapi fiksasi N secara biologis.

Cara Penggunaa Pupuk TSP

Cara penggunaan pupuk TSP sangatlah mudah dan simpel, anda bisa melakukan dengan cara menaburkannya di area piringan atau bahkan dengan cara di benamkan sesuai dengan takaran dosis yang sudah di rekomendasikan. Pupuk tersebut bisa kita taburkan dengan jarak sekitar 25 cm dari pangkal batangnya hingga pada ujung piringan untuk tanaman sawit.

Baca Juga:  Manfaat Buah Pir

Dalam menggunakan pupuk TSP Biasanya juga sering di aplikasikan sebanyak dua kali dalam waktu setahun. Dimana bisa kita awali saat musim penghujan bahkan juga pada saat akhir dari musim penghujan.

Rekomendasi Pemupukan

Dengan beragamnya kebutuhan tanaman atas unsur hara P, Pupuk TSP mempunyai jangkauan akses dipakai yang cukup luas. Hampir semua tanaman budidaya dapat memerlukan unsur hara P. Yang berbeda di dosis per jenis tanaman, hal ini karena ada berbagai faktor yang mempengaruhinya. Sehingga bagi anda yang akan melakukan perawatan tanaman dan akan meghasilkan prosduksi yang maksimal maka sangat baik jika anda menggunakan pupuk TSP tersebut, selain harganya yang sangat terjangkau anda juga sangat mudah untuk mendapatkan di setiap toko pertanian di kota anda.

Demikian ulasan mengenai Pupuk TSP Yang Sangat Bermanfaat Bagi Tanaman yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh berkebun.co.id, mudah-mudahan menambah pengetahuan bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Menanam Kiwi Di Dataran Rendah

admin
2 min read

Daun Semangka Kuning

admin
2 min read