Cara Menanam Aglaonema

4 min read

Cara Menanam Aglaonema

Cara Menanam Aglaonema – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Aglaonema.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Aglaonema


Aglaonema ataupun yang lebih dikenal dengan nama Sri Rezeki serta Chinese Evergreen, ialah tumbuhan hias terkenal, apalagi mempunyai istilah sebagai “ratu tumbuhan hias”.

Popularitasnya apalagi membuat banyak ilmuwan di ranah botani melakukan pengembangan Aglaonema hibrida yang menjadikan tumbuhan mempunyai tampilan yang lebih menarik, mulai dari warna, bentuk, dan daun yang berbeda dari tumbuhan aslinya.

Tumbuhan hias yang mempunyai habitat asli hutan hujan tropis ini sesuai buat dikembang biakan di kawasan Asia.

Aglaonema akan berkembang baik pada zona dengan tingkatan kelembapan ruang yang tinggi dan intensitas penyinaran matahari yang rendah.


Jenis Tumbuhan Hias Aglaonema

Digadang sebagai tumbuhan yang kuat serta sangat gampang buat dirawat, membuat Aglaonema jadi primadona di pasaran.

Sebab demand yang tinggi, pasti para pelaku pasar pula memperkenalkan berbagai jenis dari tumbuhan tersebut. Berikut merupakan catatan jenis Aglaonema yang digemari di Indonesia.

  • Aglaonema Emerald

Tumbuhan hias Aglaonema jenis ini mempunyai ciri khas warna hijau pekat dinyaris segala daun dengan sedikit goresan ataupun garis berona pucat.

  • Aglaonema Claudia

Untuk Aglaonema Claudia, ciri signifikan yang nampak merupakan wujud daunnya yang lebar bercorak hijau pucat kekuning-kuningan.

  • Aglaonema Adelia

Namanya diambil dari seorang kolektor tumbuhan hias dari Manila, Aglaonema Adelia mempunyai struktur daun yang lebar dengan campuran corak merah serta hijau yang intens menyeluruh.

  • Aglaonema Moonlight

Mempunyai wujud daun yang besar serta lebar seperti jenis tumbuhan Aglaonema yang lain, Moonlight mempunyai ciriwarna hijau mengkilap dengan warna merah muda di bagian tulang daunnya.

  • Aglaonema Lady Valentine

Ciri yang sangat menonjol dari Aglaonema Lady Valentine merupakan corak merah muda yang lebih dominan, sebaliknya warna hijau pada daun tersebar dalam pola bercak yang tidak beraturan.

  • Aglaonema Cinta

Sesuai dengan namanya, Aglaonema jenis ini merepresentasikan keelokan serta kelembutan yang muncul lewat corak campuran hijau, merah muda, kuning, dan jingga sebagai ciri khasnya.

  • Aglaonema Siam Aurora

Nama lain dari Aglaonema Siam Aurora merupakan Aglaonema Lipstik. Nama tersebut disematkan sebab adanya corak merah dibagian bibir daun yang bercorak hijau mengkilap.

Cara Menanam Aglaonema


Langkah Mudah Budidaya Bunga Aglaonema

Aglaonema termasuk kedalam jenis tumbuhan yang penjaannya lumayan gampang, Untuk Kamu yang mau berusaha budidaya sendiri, ini ia beberapa langkah yang dapat dilakukan:

  • Pembibitan

Untuk melaksanakan proses pembibitan bunga aglaonema, terdapat bermacam metode pembibitan yang dapat dlakukan antara lain biji, stek, serta pula cangkok.

    • Biji

Bila Kamu mau melaksanakan pembibitan dengan memakai biji,maka carilah tumbuhan induk yang telah tua serta memproduksi biji.

Baca Juga:  Cara Merawat Ikan Koi

Sehabis biji dari tumbuhan induk diambil, rendam biji terlebih dulu selama 2-3 jam buat memicu perkecambahan.

    • Stek

Pada proses pembibitan dengan memakai stek, Kamu dapat memakai stek yang diambil dari bagian pucuk tumbuhan indukan bunga aglaonema.

Pilih tumbuhan indukan yang mempunyai batang yang kuat. Potong bagian pucuk tumbuhan indukan yang hendak dijadikan stek dengan memakai pisau ataupun gunting yang tajam.

Sehabis bibit stek sukses didapatkan, tanam bibit pada media tanam kemudian letakkan pada tempat yang sejuk serta bebas dari kendala.

    • Cangkok

Meski tidak sering dilakukan, tetapi proses pembibitan dengan cangkok pula dapat jadi pilihan. Proses pencangkokan pada aglaonema memerlukan kehati-hatian supaya tidak terjadi pembusukan.

Saat sebelum melaksanakan pencangkokan, memilih indukan yang mempunyai batang kuat serta bercorak coklat.

Kupas kulit batang yang telah dipilih kemudian lapisi dengan media campuran pasir malang, humus, pakis, serta sekam kemudian tutup dengan plastik ataupun sabut kelapa.

Ikat sabut kelapa ataupun plastik di kedua ujungnya. Sehabis tertutup rapat buat lubang kecil di segala permukaan plastik buat melindungi perputaran udara.

Semprot tumbuhan cangkok secara teratur 2 kali satu hari, sehabis 3-4 minggu, tumbuhan cangkok telah memproduksi perakaran.

    • Pembelahan Anakan

Metode lain yang sangat gampang buat melakukan pembibitan merupakan dengan melakukan pembelahan anakan. Kamu tinggal perlu mencari tumbuhan induk yang telah memproduksi anakan.

Potong pangkal sambung antara anakan dengan tumbuhan induk. Tetapi pastikan terlebih dulu kalau tumbuhan anakan telah mempunyai perakaran yang lumayan kuat sehingga siap buat dipindahkan.


  • Media Tanam

Buat mendukung perkembangan tumbuhan hias aglaonema maka terdapat beberapa jenis media tanam yang dapat di gunakan ialah:

    • Sekam Bakar: Ini ialah media tanam yang mempunyai daya tahan yang lama serta mempunyai sifat steril. Cuma saja daya serap buat air kurang baik meski aerasinya cukup baik sampai harus di campur dengan media tanam yang lain.
    • Pakis: Ialah salah satu media tanam yang mempunyai sistem drainase, daya serap air, energi tahan serta bagus buat pertumbuhan pangkal.
    • Pasir Malang: Digunakan dalam penangkalan media yang sangat basah ataupun terjadi penggenangan air sebab sifat porositasnya yang baik.
    • Cocopeat: Ialah media tanam yang merupakan hasil olahan dari sabut kelapa yang bisa menahan air serta sering jadi media tanaman bunga hias.
  • Penyiraman Tumbuhan Aglaonema

Kala kamu menanam tumbuhan aglaonema maka kamu wajib pula membiasakan dengan keadaan lingkungan serta keadaan dai media tanam.

Baca Juga:  Cara Budidaya Ulat Sutera Sebagai Bisnis Menggiurkan

Penyiraman umumnya dilakukan dengan membiasakan dengan jumlah air dengan media tanam. Hendaknya pakai air bersih yang tidak memiliki zat beresiko semacam kaporit.


  • Pemupukan Bunga Aglaonema

Supaya perkembangan tumbuhan ini jadi baik serta tumbuh dengan pesat maka kamu wajib berikan pupuk secara teratur hampir sekali 2 minggu.

Nutrisi hendak di berikan pada tumbuhan bunga aglaonema dengan pemberian pupuk teratur serta nantinya hendak mendukung perkembangan tumbuhan ini.

Umumnya pupuk yang biasa di pakai merupakan pupuk NPK. Pupuk lain yang di gunakan merupakan Gandasil D, Vitabloom, Hyponex serta Growmore.

Supaya tumbuhan hias ini dapat berkembang dengan baik serta daun yang di hasilkan pula menawan maka kamu wajib rajin memberikan pemupukan serta sebagai kelembaban hampir 50 sampai 75%.

  • Perawatan Daun Aglaonema

Keelokan tumbuhan hias Aglaonema ialah dibagian daunnya. Bila daun Aglaonema yang bersih, indah serta mengkilap makin menaikkan pesonanya.

Karena itu salah satu metode menjaga tumbuhan hias aglaonema yakni membuat daunnya mengkilap.

Untuk mengkilapkan daun tumbuhan Aglaonema kita bisa mengenakan beberapa bahan ialah air, susu serta ampas kelapa.

Metode mengenakan bahan-bahan tersebut buat menjaga daun Aglaonema biar mengkilap ialah dengan mengelapkannya air ke daun Aglaonema.

Spon yang amat halus dibasahi dengan air sumur bersih setelah itu dilapkan dibagian daun. Nah metode ini merupakan metode sangat simpel menjaga daun tumbuhan Aglaonema.

Air susu pula berguna buat menjaga daun tumbuhan hias Aglaonema. Cairan susu memiliki fungsi sebagai pupuk daun. Susu yang dipakai yakni susu bubuk yang telah dilarutkan dalam air ataupun susu cair pula dapat digunakan.

Namun tidak hanya berguna dalam menjaga tumbuhan Aglaonema susu pula memiliki resiko mengundang kuman perusak tumbuhan. Jadi bila kamu memakai susu, pastikan pula memakai pestisida

Ampas kelapa pula bermanfaat untuk membuat daun Aglaonema mengkilap, sehingga bisa dipakai buat menjaga tumbuhan Aglaonema. Dengan mengenakan ampas kelapa hingga daun hendak mengkilap.

Metode mengenakan ampas kelapa buat menjaga tumbuhan hias aglaonema yakni ampas kelapa tersebut dapat dibalurkan ke permukaan daun mengenakan kain bersih, hingga hendak berdih serta mengkilap.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Aglaonema, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.