Makanan Burung Beo dan Tips Cara Memberikannya (Panduan Lengkap)

3 min read

Tips Cara Memberi makan Burung Beo (Panduan Lengkap)

Makanan Burung Beo dan Tips Cara Memberikannya (Panduan Lengkap) – Hai sobat pecinta burung, kali ini berkebun.co.id akan membahas mengenai Tips cara Memberi makan Burung Beo (Panduan Lengkap).  Menu makan burung beo haruslah diberikan dengan tepat karna akan sangat penting bagi kelangsungan hidupnya dan kebahagiaannya. Apalagi, burung ini mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang, maka akan lebih aktif serta cenderung mempunyai bulu lebih bagus dibandingkan hewan burung beo yang pakannya tak sempurna.

Makanan Burung Beo dan Tips Cara Memberikannya (Panduan Lengkap)

Anda yang suka dengan burung yang pintar ini mungkin sudah tahu bahwa burung beo menyukai biji-bijian, tetapi biji-bijian hanyalah salah satu komponen dari menu makanan burung beo yang baik. Burung ini Memiliki pemahaman yang baik tentang jenis makanan yang harus dikonsumsi, burung beo akan membantu Anda membuat keputusan yang baik untuk menjaga kesehatannya.

Oleh sebab itu kami akan memberikan tips memberi makan burung beo, agar burung peliharaan anda hidup dengan baik dan sehat.

1. Memberi makan dengan pelet komersial

Yang pertama adalah memberinya makan pelet komersial, jenis makanan ini adalah memiliki komponen yang penting pada menu makanan burung beo. Pelet ini dijual dalam berbagai warna, ukuran, dan bahkan berbagai macam rasa. Karena terbuat dari kombinasi buah-buahan, sayuran, gandum, dan biji-bijian, pelet memiliki kadar nutrisi yang cukup tinggi. Anda bisa mendapatkan jenis makanan burung beo ini di toko-toko terdekat dikota anda, atau bisa juga dengan melalui online, tapi terlebih dahulu anda pastikan bahwa jenis makanan yang anda beli tidak terlalu bnyak mengandung pengawet.

2. Memberikan campuran biji-bijian di menu makannya

Yang ke dua anda bisa memberikannya campuran biji-bijian, meskipun tidak boleh menjadi bahan makanan pokok bagi burung beo peliharaan, biji-bijian menyediakan kadar nutrisi yang baik bagi burung beo. Seperti halnya pelet, ada banyak formula biji-bijian yang bisa Anda pilih dari toko peliharaan. Sangat ideal untuk membeli sebungkus campuran biji-bijian, tetapi Anda juga bisa membeli jenis biji-bijian tertentu dan mencampurnya sendiri.

Baca Juga:  Cara Ternak Jentik Nyamuk Untuk Pakan Ikan Mudah dan Praktis

Namun sebelum anda memutuskan untuk membeli jenis biji-bijian yang akan anda beli, maka pastikan bahwa biji-bijian yang akan anda beli masih segar. Biji-bijian tidak boleh tercium apek atau tengik dan perlu terbebas terhadap serangga dan jamur.

Untuk bentuk biji-bijian makanan burung beo ini seperti permen untuk manusia. Biji-bijian memang camilan yang enak, tetapi hanya boleh dimakan sesekali anda tidak di perbolehkan untuk memberinya setiaap hari. Anda bisa memberikan biji-bijian sebagai hadiah jika Anda melatih burung beo.

3. Memberikan makanannya dengan campuran buah-buahan dan sayuran segar

Selanjutnya anda bisa memberikanya makan buah-buahan dan sayuran yang segar, terdapat berbagai jenis buah dan sayur yang bisa Anda berikan, termasuk apel, brokoli, collard greens, dan persik. Ada pun jenis buah dan sayuran yang Anda pilih, pastikan Anda mencucinya sampai bersih dengan air segar sebelum memberikannya pada burung beo peliharaan anda. Ingatlah bahwa buah mempunyai kandungan gula tinggi jadi tak boleh jadi makanan utama.

4. Mmberikannya makan dengan kacang-kacangan

Makanan jenis kacang-kacangan ini adalah salah satu komponen lain dari menu makanan sehat burung beo. Kacang mengandung protein serta vitamin dan mineral lain yang tinggi, tetapi kandungan lemaknya pun tinggi. Karena kandungan lemak yang tinggi, Anda harus memberikannya sesekali, jangan dijadikan makanan pokoknya, anda bisa memberikannya hadiah dengan cara pada saat melatihnya.

Jenis kacang-kacangan yang bisa anda berikan pada burung beo adalah termasuk kacang macadamia, kenari, pistachio, dan mete.

Jika memungkinkan, jangan anda kupas kulit kacangnya pada saat memberikannya. Sebab burung beo liar sering kali menggunakan paruhya untuk membuka kulit kacang. Tidak mengupas kulit akan membuat beo berusaha sedikit lebih keras untuk mengonsumsi makanannya yang bisa menjadi stimulan yang baik bagi fisik dan mentalnya. Ingatlah bahwa membuka kulit kacang adalah sesuatu yang harus dipelajari, sehingga burung anda akan terlatih dengan hal-hal yang harus di capainya hingga berhasil.

Baca Juga:  √ Cara Ternak Domba Yang Baik dan Benar (Panduan Lengkap)

 

5. Berikan Lagum dan gandum pada menu makannya

Selanjutnya anda bisa memberikannya makan legum, legum terdiri dari buncis, kacang polong, dan lentil, dan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Contoh legum yang bisa Anda berikan pada beo antara lain kedelai hitam, kacang hijau, dan buncis. Legum bisa diberikan dalam keadaan mentah atau masak.

Gandum yang bagus untuk anda berikan pada burung beo haruslah gandum utuh, seperti nasi merah yang dimasak, pasta gandum utuh, dan jelai, Gandum haruslah memiliki kandungan garam yang rendah.

6. Memberikannya makan daging

Jenis burung beo ini adalah merupakan jenis omnivora, sehingga anda bisa menambahkan daging di menu pakannya. Daging ayam merupakan sumber protein sehat untuk burung beo. Pastikan pula memasak daging ayam hingga matang sebelum memberikannya untuk peliharaan burung beo anda. Jangan terlalu banyak daging sebab akan merusak ginjalnya, berilah dalam porsi yang sedikit.

7. Selalu tersedia air bersih

Burung beo harus memiliki persediaan air yang segar setiap saat. Ingatlah bahwa burung beo bisa menjadi pemakan yang jorok, sehingga akan ada sisa-sisa makanan di dalam mangkuk airnya. Bersihkan mangkuk air satu kali dalam sehari, atau kapan anda melihat mangkuk air tersebut kotor dengan sisa-sisa makanan, maka anda harus menggantinya.

8. Jenis makanan yang dihindari

Walaupun burung beo bisa memakan berbagai jenis makanan manusia, ada beberapa jenis makanan yang tertentunya tidak boleh diberikan pada burung beo peliharaan anda. Contohnya, avokad dan cokelat bisa beracun bagi beo dan harus dihindari. Alkohol juga bisa beracun bagi beo. Kacang-kacangan yang disimpan dengan tidak baik (dalam kondisi hangat, gelap, dan lembap) bisa melepaskan aflatoksi, racun yang dihasilkan oleh sejenis jamur. Aflatoksin bisa mematikan bagi beo, jadi akan lebih baik jika Anda menghindari bemberikannya makan kacang tanah.

Demikianlah pembahasan mengenai Makanan Burung Beo dan Tips Cara Memberikannya (Panduan Lengkap) yang dapat kami berikan mudah-mudahan bermanfaat bagi anda semua yang membacanya, semoga sukses dan trimakasih.

Kandungan Gizi Ikan Kakap

admin
1 min read

Makanan Yang Mengandung Fosfor

admin
2 min read

Budidaya Bekicot Dalam Drum

admin
2 min read