√ Jenis Sayuran dan Manfaatnya untuk Kesehatan (Bahas Lengkap)

2 min read

Jenis Sayuran dan Manfaatnya untuk Kesehatan (Bahas Lengkap) brokoli

Mengenal Jenis Sayuran dan Manfaatnya untuk Kesehatan (Bahas Lengkap) – Hai sobat berkebun, anda semua pasti orang-orang yang selalu menjaga kesehatan.

Mengenal Jenis Sayuran dan Manfaatnya untuk Kesehatan

(Bahas Lengkap)

Ada banyak sekali jenis sayuran yang dapat sobat konsumsi dan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Oleh sebab itu berikut ini jenis sayuran yang baik untuk dikonsumsi oleh manusia dan manfaatnya untuk kesehatan :

1. Brokoli

Yang pertama adalah jenis sayuran brokoli kandungan vitamin C di dalamnya sangat baik untuk tubuh kita. Tidak hanya kaya serat, vitamin, dan mineral saja, tetapi brokoli juga mengandung antioksidan yaitu sulforaphane dan lutein yang baik untuk menurunkan risiko kanker. Sayur Brokoli juga dipercaya bermanfaat untuk kesehatan jantung lo sobat.

Sayuran Jenis ini mengandung lemak (4.5 g), energi 32 (kal), protein (0.3 g), karbohidrat (5.9 g), vitamin A (2.499 SI), vitamin B1 (0.17 mg), B2 (0.32 mg), B3 (0.9 mg), asam folat (130 mkg), vitamin C 113 mg, B6 (0.21 mg), vitamin E (1 mg), kalium (381.9 mg), natrium (15 mg), kalsium (103 mg), senk (0.65 mg), senk (0.65 mg), Fosfor 78 mg), megnesium (18.5 mg).

Selain itu juga brokoli juga berkhasiat membangkitkan sistem kekebalan bagi tubuh, melawan kanker, melawan penyakit jantung dan penyakit akibat infeksi, membantu sistem pencernaan, mempercantik kulit, membantu wanita hamil, memperkuat sistem saraf bagi ibu dan bayi, dan membantu penderita depresi.

2. Selada

Sayuran jenis selada memiliki khasiat bagi kesehatan yaitu mencegah penuaan dini, menguatkan tulang, meningkatkan kesuburan, menjaga kestabilan darah, menyehatkan jantung, memperkuat tulang dan gigi, membentu memproduksi sel darah merah, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kanker, membantu sembelit, melawan insomnia, serta meningkatkan kesehatan hati.

Baca Juga:  Cara Mencangkok Pohon Klengkeng (Sukses)

Sayuran jenis ini mengandung energi (15 kal), fosfor (25 mg), kalsium (22 mg), protein (1.2 g), lemak (0.2 g), karbohidrat (2.9), besi (1), vitamin A (540 IU), B1 (0.4 mg), vitamin C (8 mg).

3. Wortel

Jenis sayuran ini memiliki banyak khasiat diantaranya adalah mencegah penyakit rabun senja, menyehatkan mata, menguatkan saraf, baik untuk lambung, mencegah asam urat, menyehatkan gigi dan gusi, mencegah serangan jantung, menurunkan kolesterol, meningkatkan ketahanan bagi usus besar, serta sarana yang sangat bagus untuk memelihara kecantikan kulit.

Selain itu juga sayuran jenis umbi ini kaya akan vitamin, tercatat wortel mengandung kalori (42 kal), natrium (32 mg), lemak (0.3 g), kalsium (3.9 mg), fosfor (37 mg), besi (0.8 mg), serat (0.9 mg), protein (1.2 g), vitamin A (12000 SI), vitamin B1 (0.06 mg), B2 (0.04 mg), vitamin C (6 mg) niacin 0.6 mg), karbohidrat (9.3 g), serta air (88.2 g).

4. Sawi Hijau

Sayuran yang satu ini  yaitu sawi hijau yang banyak mengandung kalori, vitamin A , vitamin B (niasin, tiamin dan ribloflavin), C, E dan K, juga kalium, kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, tembaga, sodium, lemak, folat, mangan, dan air.

Selain itu juga, sawi  hijau berkhasiat mengendalikan kolesterol, membantu penderita wasir, sembelit dan melancarkan usus. Sawi juga menyehatkan tulang dan gigi, mencegah arthtritis, osteoporosis, menyehatkan pada masa kehamilan, mengandung antioksidan sehingga melawan kanker prostat, usus, ovarium, dan kanker payudara, serta anemia, sawi juga membantu penglihatan dan baik bagi kulit untuk sarana kecantikan.

5. Dau Katuk

Taukah anda jenis sayuran ini sangat cocok untuk di jadikan beningan, banyak yang menyukainya karna memiliki khasiat untuk memperlancar air susu ibu yang masih yang menyusui untuk anaknya, Tanaman katuk banyak tumbuh di pekarangan rumah karena merupakan salah satu tanaman pagar yang mudah untuk hidup, terutama untuk didataran rendah.

Baca Juga:  √ Ilmu Cara Menanam Timun yang Baik dan Benar (Panduan Lengkap)

6. Kangkung

Taukah anda jenis sayuran ini selain sangat enak jika di sajikan dengan cara ditumis, dengan kondisi masih hangat, sayuran kangkung ini memiliki khasiat mengobati anemia, menurunkan kolesterol, anti diabetes, anti penuaan, mencegah radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh, selain itu juga ternyata ekstrak dari sayuran kangkung yang satu ini dapat membantu menghambat penyerapan gula, sehingga cocok bagi penderita diabetes.

7. Bayam

Kalo mendengar sayuran yang satu ini, kita teringat akan aktor kartun popay yang selalu makan banyam. Memang tidak asing lagi bagi kita semua, sayuran ini selain enak juga banyak akan khasiatnya lo, jenis sayur bayam memiliki serat yang sangat tinggi, selain itu bayam merupakan sumber zat besi yang baik untuk darah. Bayam juga terkandung lutein yang berfungsi menjaga kesehatan mata kita. Vitamin dalam bayam juga bermacam, ada vitamin A, C, K, dan juga folat.

8. Tomat

Jenis sayuran buah tomat ini juga kaya akan khasiatnya tomat  berkhasiat mencegah kanker, baik bagi jantung, anti bakteri, anti inflamasi, bersifat membuang racun, baik bagi usus, menambah produksi sperma, menjaga kesehatan mata, mencegah penggumpalan darah, mencegah wasir dan sembelit, baik bagi kulit sebagai sarana kecantikan.

Itulah beberapa jenis sayuran yang baik untuk dikonsumsi kaya akan vitamin, dan juga baik untuk kesehatan,  biasakan anda dan  anak-anak anda untuk makan sayuran setiap hari, demi kesehatan kita semua,

Demikian ulasan mengenai Mengenal Jenis Sayuran dan Manfaatnya untuk Kesehatan (Bahas Lengkap) yang dapat berkebun jelaskan, mudah-mudahan bermanfaat bagi pembacanya salam sukses dan trimakasih

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Budidaya Kacang Tunggak

admin
3 min read

Makanan Yang Mengandung Fosfor

admin
2 min read