Jenis Jenis Ikan Cupang Yang Indah (Bahas Lengkap)

2 min read

beberapa jenis-jenis ikan cupang (bahas lengkap)

Jenis Jenis Ikan Cupang Yang Indah (Bahas Lengkap) –Kali ini berkebun.co.id akan membahas tentang, jenis – jenis ikan cupang. Bagi anda yang hobi akan jenis ikan yang unik ini pastinya anda harus tau juga berbagai jenis ikan ini, oleh sebab itu mari kita baca artikel berikut ini :

Jenis Jenis Ikan Cupang Yang Indah (Bahas Lengkap)

Ikan cupang ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang hidupnya di air tawar, di mana ikan ini memiliki bentuk yang begitu indah dan juga terkenal akan kecantikan warnanya dan ekor yang mempunyai kesan seperti kipas.

Ikan cupang sendiri mempunyai habitat di sekitaran Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Brunei Darussalam dan juga Vietnam lo sob.

Ikan yang mempunyai keunikan pada bentuknya ini, terkenal akan keagresifannya dalam mempertahankan wilayah mereka, sehingga banyak sekali yang memelihara jenis ikan ini untuk dijadikan sebagai ikan aduan. Jenis ikan ini hanya bisa berukuran kurang lebih 7 cm, dan bisa bertahan hingga 4-5 tahun,

Banyak penghobi mengenal jenis ikan cupang dengan berbagai sebutan nama indah, seperti bulan sepotong (halfmoon), serit (crown tail), laga (plakat), cagak (double tail), dan masih banyak lagi berbagai variasi silangannya.

Nama-nama ikan cupang tersebut ditentukan dari bentuknya, misalnya halfmoon memiliki sirip yang membentuk setengah lingkaran, serit memiliki sirip yang bergerigi runcing seperti sisir, dan masih banyak lagi jenis dan nama ikan cupang, oleh sebab itu mari kita baca artikel dibawah ini dan berikut ini adalah beberapa jenis ikan cupang :

Baca Juga:  Budidaya Ikan Guppy Untuk Pemula (Sukses)

1. Ikan Cupang Plakat

Ikan cupang dengan jenis ikan plakat, jenis ikan plakat ini adalah salah satu ikan cupang aduan yang paling banyak diminati di pasaran dan paling dicari. Cupang plakat sendiri diambil dari bahasa Thailand yang memiliki arti tarung.

Ikan cupang jenis plakat ini mempunyai ciri ciri sirip dan ekornya yang pendek. Warnanya pun tidak begitu mencolok dengan tubuhnya cukup besar di kalangan ikan cupang jenis lainnya dan kokoh sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai ikan petarung. Ikan ini juga akan bergerak sangat agresif apabila melihat musuh di dekatnya.

2. Ikan Cupang Fancy

Ikan cupang fancy adalah ikan yang memiliki ukuran sirip yang tidak terlalu besar, tetapi jenis ikan cupang ini memiliki warna yang sangat indah dan cantik. Ikan cupang fancy juga terkenal karena kombinasi warna degradasi seperti lukisan yang sangat cantik yang membuat harga ikan cupang fancy menjadi mahal.

Untuk harga ikan cupang jenis ini juga cukup mahal tergantung dengan corak warna yang dimilikinya. Untuk harga ikan cupang fancy anakan berkisar Rp 100.000 sedangkan untuk ikan cupang fancy juara bisa mencapai harga Rp 2.000.000 per ekor.

3. Ikan Cupang Halfmoon

Ikan cupang Halfmoon atau disebut juga bulan setengah adalah seperti namanya, jenis ikan cupang halfmoon yang memiliki sirip dan ekor yang seolah menyatu dengan membentuk setengah lingkaran. Jika dilihat dari samping, sirip ikan halfmoon berbentuk seperti bulan sebelah lo sobat.

Ikan cupang jenis halfmoon dipelihara karena keindahannya. Jenis ikan ini mempunyai varian warna yang beragam mulai dari merah menyala, kuning, dan varian warna lainnya yang begitu luar biasa dan bisa membuat fikiran anda menjadi fresh kembali.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Aligator : Pemilihan Indukan, Pemijahan, Penyuntikan Hormon dan Cara Pemeliharaanya

4. Ikan Cupang Double Tail

Ikan cupang dengan jenis double tail ini terlihat sangat mirip dengan cupang halfmoon yaitu ikan cupang yang dikenal dengan sebutan bulan sepotong dan cukup popular.

Tetapi jenis ini bedanya, ikan ini memiliki ekor yang terbelah atau bercagak dua dibawah. Karena karakteristiknya itulah ikan ini akhirnya dinamai dengan double tail atau ekor ganda.

Ikan jenis ini juga memiliki variasi warna yang cukup beragam lo sobat. Dan ikan ini juga cukup langka di pasaran dan biasanya juga dijual dengan harga yang lebih mahal dari jenis cupang lainnya.

5. Ikan Cupang Crown tail (Serit)

Jenis ikan cuang crown tail ini berasal dari Indonesia lo sobat, mungkin bisa sedikit berbangga, karena ikan cupang jenis serit dilahirkan oleh para breeder dari daerah Slipi, Jakarta.

Ikan cupang serit menjadi mendunia karena variasi keindahannya yang begitu eloknya. Di sebut crown tail karna seperti ekor mahkota, karena bila dibalik menghadap ke atas serit-serit pada ekornya terlihat seperti mahkota raja.

Jenis ikan cupang crown tail memiliki banyak varian. Ada yang memiliki seritnya tunggal, dimana dalam setiap serit hanya terdapat satu tulang sirip saja. Ada juga yang berserit dua atau serit ganda.

Keindahan ikan cupang serit sudah diakui dunia dan dipertandingkan di International Betta Congress (IBC) mantap bukan.

Demikianlah ulasan mengenai Jenis Jenis Ikan Cupang Yang Indah (Bahas Lengkap) yang dapat dijelaskan oleh berkebun.co.id, mudah – mudahan dapat menjadi sebuah pengalaman bagi pembacanya, salam sukses dan trimakasih.

Makanan Ikan Nila

admin
2 min read

Makanan Ikan Gurame

admin
2 min read