Ikan Mas Hias Ras : Sejarah, Jenis dan Cara Memelihara

6 min read

Ikan Mas Hias Ras : Sejarah, Jenis dan Cara Memelihara

Ikan Mas Hias Ras : Sejarah, Jenis dan Cara Memelihara –  Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Ikan Mas Hias .

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :

Ikan Mas Hias Ras : Sejarah, Jenis dan Cara Memelihara


Ikan mas hias atau juga biasa disebut ikan mas koki ialah salah satu tipe ikan hias yang sangat terkenal dan banyak di pelihara untuk aquarium atau penghias rumah.

Banyak penggemar tipe ikan maskoki sebab memandang badannya yang aneh dan  susah ditafsirkan sehingga banyak orang mengatakannya” fantastik!”.

Ikan maskoki ini tercantum ikan yang lamban geraknya sehingga di dalam akuarium kerap jadi korban bulan- bulanan ikan yang lain.

Sesungguhnya tipe ikan maskoki yang asli bukanlah semenarik ikan maskoki yang kita tahu tiap hari. Ikan maskoki wujud dasarnya tidak berbeda dengan ikan mas koki biasa.

Energi menariknya terletak pada corak merah menyala yang membentang dari pangkal ekor hingga leher. Namun, secara totalitas wujud serta rupanya tidak berbeda dengan ikan mas pada biasanya.

Hingga saat ini ini, di negara Cina sudah banyak dihasilkan strain  baru dari ikan maskoki ini. Bersumber pada riset kromosom, spesies ikan yang di temukan di Tiongkok yang masih berhubungan erat dengan maskoki.

Nama ikan itu karper crucian( crucian carp). Wujud karper crucian semacam ikan mas yang ada di Indonesia tidak lain merupakan karper. Nama ikanmas buat karper itu umum di pakai penduduk Jawa, spesialnya di Jawa Timur.

Terdapatnya pertalian kromosom, para pakar percaya kalau karper crucianlah yang ialah asal muasal maskoki.

Dikala ini tidak terdapat lagi persamaan wujud antara ikan maskoki serta karper crucian, penyebabnya sudah terjalin mutasi serta kawin silang pada keturunannya.

Sebagai ikan hias akuarium, ikan maskoki populer di segala dunia, paling utama di Tiongkok, Jepang, Amerika, serta Eropa.


Sejarah Ikan Mas Koki

Ikan mas koki yang mempunyai nama latin Carrasius auratus pada awal mulanya dibudidayakan oleh warga Tiongkok pada tahun 960- 1729.

Awal mulanya wujud ikan mas koki sama semacam ikan mas biasa, sebab memanglah tipe ikan ini berasal dari satu saudara. Kelainannya ikan maskoki tidak mempunyai sungut di mulutnya.

Kendati telah dikenal negeri asal ikan maskoki, namun hingga saat ini belum di temukan catatan semenjak kapan awal kali maskoki di peruntukan ikan hias.

Cuma dikabarkan, karper crucian yang jadi nenek moyang ikan maskoki” dijinakkan” awal kali dekat 1000 tahun silam, kala dinasti Sung berkuasa( 960- 1279).

Sebaliknya perkembangannya baru pesat sehabis metode budidaya air tawar diketahui, ialah semasa pemerintahan Dinasti Ming( 1368- 1644).

Pada masa Dinasti Ming baru bermunculan ikan mas bercorak aneh- aneh. Ikan mas generasi baru ini diucap goldfish di luar negri serta diketahui dengan nama ikan maskoki di Indonesia.

Dikala ini di Tiongkok jenis ikan maskoki diperkirakan telah ratusan. Buat mempermudah mengenalnya, tipe- tipe maskoki diberi mana bersumber pada keunikan yang ada pada badannya.

Misalkan: bersumber pada wujud kepala, mata, tutup insang, selaput hidung, serta selaput mata. Dekat tahun 1500- an semasa Shogun berkuasa ikan maskoki masuk ke Jepang serta ialah peliharaan kalangan elit pada masa itu.

Tetapi bersamaan dengan ekspedisi waktu kesimpulannya ikan maskoki bisa di pelihara warga luas. Ikan maskoki dari Jepang di pasarkan ke seluruh dunia. Antara lain ke USA, Inggris, Jerman, Prancis, serta pula ke Indonesia.

Yoshichi Matsui, dalam bukunya Goldfish Guide, ikan maskoki di Jepang dikelompokkan jadi 3 bersumber pada asalnya.

Yaitu import dari Tiongkok( wakin, maruko, ryukin, domekin), hasil pilih( jikin, nankin, tosakin, tetsuonaga, osaka ranchu, hanafusa, oranda shishigashira),hasil dari silangan( kiranshi, shubunkin, shukin, kaliko, azumanishiki).

Ikan mas koki bisa berkembang sampai 23 inch( 53 centimeter) serta maksimum berat 9. 9 pounds( 4. 5 kilogram), tetapi perihal ini sangat tidak sering terjadi.

Baca Juga:  Cara Menanam Lengkuas

Dalam keadaan yang maksimal, ikan mas koki sanggup bertahan hidup sampai 40 tahun, namun sebagian besar biasanya hidup antara 6- 8 tahun

Ikan Mas Hias Ras : Sejarah, Jenis dan Cara Memelihara

Jenis Ras Ikan Mas Koki


  • Bubble Eye/ Suihogan Goldfish

Spesies ikan mas koki unik yang berasal dari Tiongkok ini memiliki mata yang menunjuk ke atas serta 2 kantung besar berisi cairan, ikan ini pula tidak memiliki sirip di punggungnya, ikan mas ini dapat berkembang 6- 8 inchi.

  • Ranchu Goldfish

Ikan mas koki dengan tampilan yang tidak biasa ini diucap bagaikan” raja ikan mas” oleh orang Jepang. Ranchu merupakan hasil dari percobaan perkimpoian silang yang berbeda dari Lionhead Tiongkok.

Ikan ini tidak memiliki sirip atas, serta memiliki banyak corak semacam orange, red, white, red- and- white, blue, black, black- and- white, black- and- red.

  • Butterfly tail/ Jikin Goldfish

Indah serta menggemaskan namun sangat jarang, Jikin diyakini dari Jepang. Karakteristik yang sangat menonjol merupakan ekor yang mempunyai wujud X.

Ekor kupu kupunya mempunyai panjang khas, berupa cerutu ataupun torpedo. Badan yang putih dengan bibir, sirip serta insang merah. bisa berkembang hingga 9 inci. Nama yang lain merupakan ekor Merak serta Rokuri.

  • Telescope Eye/ Demekin Goldfish

Spesies ini memiliki mata yang besar serta unik. Alterasi ini bercorak merah, merah- putih, belacu, hitam- putih, coklat, biru, lavender, cokelat- biru serta corak gelap.

Mereka kadangkala memiliki sisik metalik. Walaupun matanya besar, penglihatannya kurang baik serta lebih baik tidak dicampur 1 akuarium dengan yang lain yang lincah serta ditempatkan di akurium tanpa barang lancip.

  • Oranda Goldfish

Oranda, ikan mas koki unik dari Tiongkok serta Jepang, dicirikan oleh cadar semacam raspberry dikepalanya. Ikan mas koki ini sangat populer di segala dunia, serta memiliki tubuh besar dengan 4 ekor panjang.

  • Celestial Eye/ Choten gan Goldfish

Salah satu ikan mas koki aneh yang berasal dari Tiongkok serta Korea. Mata ikan mas ini semacam mata ikan mas teleskop, tetapi menuju keatas Badan ikan ini berupa semacam torpedo, serta tidak memiliki sirip atas.

  • Lionchu/ Lionhead Goldfish

Ikan mas koki Unik ini merupakan ikan mas yang tidak mempunyai sirip atas dari Thailand serta hasil dari perkimpoian silang antara lionheads serta ranchus. Mempunyai badan yang besar, lebar serta melengkung ke balik serta kepala yang besar.

  • Ryukin Golfish

Ikan mas koki bercorak terang serta menarik dari Jepang ini memiliki sirip yang besarnya 2 kali panjang badannya, moncongnya pula lancip serta punggungnya bungkuk. Ryukin memiliki corak semacam merah marun, merah- putih, putih, metalik serta corak belacu. Di akuarium yang bagus penjaannya ikan ini bisa menggapai sampai 8 inci ataupun 21 centimeter. Nama julukan yang lain merupakan Ribbontail Jepang, Fringetail, Fantail ataupun Veiltail.

  • Calico/ Nacreous Goldfish

Ikan mas koki bernama Calico ataupun Nacreous ini memiliki percampuran sisik corak metalik serta transparan yang memunculkan kesan mutiara. Calico dapat berkembang hingga 12 inchi. Coraknya terdiri dari bintik- bintik merah, kuning, abu- abu serta gelap bersama bintik hitam serta biru.

  • PomPom/ Hanafusa Goldfish

Hanafusa memiliki daging yang berkembang semacam pom pom di dekat hidungnya, tubuhnya semacam lionhead, tetapi yang berkembang merupakan hidungnya, kadangkala malah terdapat daging yang berkembang hingga melewati dasar rahangnya.

  • Chinsurin/ Pearlscale Goldfish

Ikan mas yang satu ini punysa sisik berbintik bercak serta bercorak mutiara, berasal dari Jepang serta terpanggil Chinsurin.

  • Common goldfish

Ikan mas biasa cuma berbeda dalam corak dari nenek moyang mereka, ikan mas Prusia. Ikan mas biasa tiba dalam bermacam corak tercantum merah, oranye/ emas, ikan mas putih, gelap serta kuning ataupun lemon.

  • Black Moor

The Black moor merupakan bermacam teleskop bermata ikan mas yang elegan yang mempunyai ciri menonjol sejoli mata. Perihal ini pula diucap bagaikan Popeye, teleskop, kuro demekin di Jepang serta naga- mata di Tiongkok.

  • Comet( goldfish)

Ikan mas komet ataupun komet- tailed merupakan bermacam elegan yang sangat universal di Amerika Serikat. Perihal ini mirip dengan ikan mas biasa, kecuali sedikit lebih kecil serta lebih ramping, serta paling utama dibedakan oleh panjang ekornya, sangat cagak.

  • Fantail( goldfish)

Ikan mas Fantail merupakan wujud barat Ryukin serta mempunyai badan berupa telur, sirip punggung besar, sirip ekor panjang 4 kali lipat, serta tidak terdapat bonggol bahu.

  • Shubunkin

Fancy serta Shubunkins Jepang hardy(” brokat merah”) mempunyai ekor tunggal dengan skala nacreous, serta pola yang diketahui bagaikan belacu.

  • Panda Moor

Tegalan panda elegan mempunyai pola corak hitam- putih ciri serta mata menonjol

  • Veiltail

The veiltail fancy diketahui yang ekstra panjang, mengalir ekor ganda. Veiltail standar modern membutuhkan lekukan sedikit ataupun tanpa tepi trailing dari sirip ekor, semacam dalam perkawinan hijab buat pengantin.


Metode Memelihara Ikan Mas Koki

Ketentuan hidup maskoki secara universal bisa dikatakan kalau maskoki termasuk dalam ikan yang sanggup menyesuaikan diri dengan bermacam alterasi mutu air serta pula temperatur.

  • pH

Nilai pH yang dikira sempurna buat menumbuhkembangkan maskoki berkisar dari 7. 0- 8. 0. Walaupun demikian, dikenal kalau maskoki masih bisa mentolelir nilai pH lebih rendah ataupun lebih besar dari kisaran tersebut.

Perihal yang butuh dicermati merupakan membiarkan terlebih dulu maskoki yang hendak dipelihara buat menyesuaikan diri dengan mutu air yang kita siapkan.

Sangat tidak dianjurkan buat melaksanakan penggantian air ataupun melaksanakan pergantian mutu air secara ekstrem.

Meski maskoki dikenal memiliki toleransi terhadap bermacam nilai pH, hendak namun, seperti ikan mas pada biasanya, mereka tidak dapat bertahan pada pH dibawah 5. 0 ataupun diatas 10. 0.

  • Kesadahan

Kebutuhan tingakat kesadahan air buat maskoki diperkirakan antara rendah hingga lagi. Tidak terdapat data yang akurat menimpa perihal ini.

Walaupun demikian, dari bermacam laporan, dikenal kalau keadaan kesadahan air yang sempurna untuk maskoki berkisar antara 17derajat– 22 derajat.

  • Komposisi Air

Maskoki sangat sensitif terhadap kadat chlorine yang biasa digunakan untuk disinfektan pada air olahan. Oleh sebab itu, dalam mempersiapkan air untuk mereka yakinkan bahaya air tersebut leluasa dari chlorine.

Perihal ini bisa dicoba dengan mengendapkan air terlebih dulu, ataupun dengan meningkatkan anti- chlorine.

Maskoki ialah ikan yang banyak menghasilkan sekresi dari tubunya. Perihal demikian bisa merangsang terjadinya amonia dalam air. Amonia  paling utama apabila kadarnya telah menggapai 2 ppm.

Pergantian air ataupun pemakaian sistem diltrasi yang baik akan sangat menolong supaya air akuarium maskoki bisa senantiasa terpelihara kandungan amonianya dibawah nilai 2 ppm, ataupun apalagi 0 ppm.

Logam berat terlarut semacam Zn( seng) ataupun Cu( tembaga) bertabiat toksin untuk maskoki serta pula tipe ikan yang lain.

Oleh sebab itu, sangat tidak direkomendasikan buat memelihara ataupun meletakkan maskoki dalam bak- bak yang dibuat dari bahan seng ataupun bahan yang lain yang bisa membebaskan seng ataupun tembaga kedalam air.

Tidak terdapat salahnya diwaspadai pula mungkin hadirnya bermacam bahan pencemar yang bisa jadi masuk dari area sekitarnya, semacam phenol; merkuri, minyak, kadmium, serta pula insektisida.

Ikan Mas Hias Ras : Sejarah, Jenis dan Cara Memelihara

  • Suhu

Temperatur sempurna untuk maskoki terletak pada kisaran 20 derajat– 25 oC. Fluktuasi pergantian temperatur direkomendasikan tidak lebih dari 5 oC, paling utama dalam proses pergantian air ataupun proses transportasi.

Fluktuasi temperatur diatas 5 oC sangat membahayakan ikan yang bersangkutan. Bermacam varietas maskoki sendiri dibesarkan diberbagai tempat dengan alterasi temperatur yang berbeda ialah mulai dari 4 derajat C– 35 oC. Walaupun demikian senantiasa dianjurkan supaya mereka dipelihara pada temperatur tidak kurang dari 10 oC.

  • Kepadatan

Kepadatan ikan dalam volume air tertentu memastikan tingkatan keberhasilan memelihara maskoki, kemudahan dalam mengelola air serta menghindarkan terbentuknya stress.

Senantiasa dianjurkan supaya maskoki dipelihara dengan kepadatan serendah bisa jadi, ataupun dipelihara sesedikit bisa jadi dalam sesuatu wadah.

Ketentuan secara universal kepadatan maskoki bisa dihitung bersumber pada jatah 1 centimeter p  tiap liter air. Pada tempat pendukung kehidupan yang baik kepadatan bisa ditingkatkan sampai 0. 5 gm panjang ikan per liter air.

Demikian ulasan mengenai Ikan Mas Hias Ras : Sejarah, Jenis dan Cara Memelihara ,yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Menanam Kiwi Di Dataran Rendah

admin
2 min read

Daun Semangka Kuning

admin
2 min read