Hama dan Penyakit Kacang Panjang

Posted on

Hama dan Penyakit Kacang Panjang – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Hama dan Penyakit Kacang Panjang.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :

Hama dan Penyakit Kacang Panjang

Kacang Panjang ataupun yang diketahui dalam bahasa latin sebagai Vigna sinensis ialah salah satu tipe tumbuhan sayur yang berasal dari India serta Afrika Tengah.

Dimana tumbuhan ini sangat digemari oleh warga Indonesia serta lumayan banyak Petani Indonesia yang komsumsi kacang ini.

Selain asalnya yang terdapat dari Afrika serta pula India setelah itu penanamannya menyebar ke daerah- daerah Asia Tropika sampai Indonesia.

Kacang panjang mempunyai nama lain ialah kacang lanjaran( Jawa), kacang turns( Pasundan), taukok( Tiongkok), sitao( Philipina), serta lain sebagainya .

Kacang panjang umumnya bila tidak dimasak sayur, kacang panjang dimakan langsung bagaikan lalapan. Kacang panjang yang biasa ditanam ataupun budidaya umumnya terkena hama ataupun penyakit.

Berikut ini merupakan Hama serta Penyakit kacang panjang yang umumnya jadi permasalahan ataupun yang kerap dihindari oleh Petani:

Penyakit Karat Daun

Karat daun diakibatkan oleh cendawan yang bernama Uromyces phaseoli( Pers) wint. Penyakit ini diisyarati dengan terdapatnya bintik kecil bercorak putih pada permukaan daun kacang.

Setelah itu bintik membengkak serta berganti jadi cokelat bertepung dikelilingi corak kuning ataupun bercincin cokelat,jadi cokelat tua menyamai karat pada besi. Penyakit ini pula bisa menyebar pada polong.

Penyakit ini dapat menerang segala tumbuhan yang kesimpulannya mempengaruhi pada kacang panjang. Hama serta penyakit kacang panjang ini betul- betul dihindari serta susah dibersihkan.

Ulat Jengkal

Ulat jengkal ataupun Chrydeixis chakcites Eisper merupakan salah satu hama yang sing melanda tumbuhan kacang panjang.

Indikasi yang ditimbulkan oleh hama ini merupakan ada gigitan pada bagian pinggir daun muda kemudian kelamaan ke tengah serta cuma menyisakan tulang daunnya.

Tidak cuma melanda bagian daun hama ini pula melanda buah yang masih muda, bila kamu Memahami Tipe Hama Cabai hingga sama permasalahannya.

Bintik Daun

Penyakit Bintik Daun Cescospora sp. Berbeda dengan karat daun, penyakit ini memunculkan indikasi terdapatnya bintik kuning bundar di bagian daun. Umumnya terdapat sebagian bintik dalam satu daun.

Baca Juga:  Kelapa Sawit : Proses Cara Tanam Sawit yang Baik dan Benar

Terus menjadi lama bintik hendak berganti jadi coklat kekuningan, namun wujudnya masih bundar. Sama halnya dengan penyakit karat daun.

Untuk  penyakit bintik daun pencegahannya dengan melaksanakan sanitasi area serta kontrol saluran drainase.

Tumbuhan yang memanglah kepalang diserbu dapat diberikan fungisida yang efisien serta pas buat penyakit ini.

Fungisida yang dapat digunakan merupakan Score 250 EC serta Anvil 50 SC. Dosis yang digunakan cocok anjuran yang tertera di labelnya.

Penyakit Belang

Penyakit belang terjalin sebab tumbuhan terkena oleh virus lewat vektor Aphis craccivora serta Aphis glycinesatau lewat daun secara mekanis.

Gejalanya segala bagian daun ada belang- belang tetapi belum nyata pada daun muda. Tetapi bila ini terjalin hingga kacang panjang tidak hendak layak pangan serta kamu pasti tidak dapat memanennya.

hama serta penyakit kacang panjang umumnya mengganggu panenan serta penciptaan petani.

Pengendaliannya bisa dicoba dengan melaksanakan penanaman dengan benih yang baik, jalani pergiliran tumbuhan, dan memberantas serangga vektor.

Kutu Aphids

Kutu aphids ialah kasus berikutnya yang mencuat akibat terdapatnya kutu yang kelaparan. hama serta penyakit kacang panjang yang satu ini susah dipulihkan.

Akibatnya daun membeku serta menggulung ke dalam, diiringi munculnya embun jelaga.

Apabila tumbuhan ini belum terkena penyakit, hendaknya dicoba penangkalan ialah dengan metode menjauhi menanam kacang panjang bersebelahan dengan tumbuhan yang lebih tua.

Antraknosa

Indikasi yang ditimbulkan berbentuk bintik bercorak coklat kemerahan ataupun jingga pada batang. Bintik berbentuk endapan memanjang.

Pada tulang daun pada sisi bagian dasar ada corak cokelat kemerahan sampai gelap, dan buah yang terkena penyakit ini mempunyai dimensi yang kecil serta bercorak coklat hingga gelap, selanjutnya tumbuhan mati.

Hama Ulat Polong

Yang jadi hama utama tumbuhan kacang oanjang merupakan ulat serta ulat polong merupakan salah satunya. Nama lain dari ulat polong merupakan hama penggerek polong.

Nyaris tiap tipe tumbuhan berpolong hendak diserangnya, tidak terkecuali tumbuhan kacang panjang.

Indikasi serangannya merupakan timbulnya selaput putih menyelubungi polong kacang panjang serta apabila polong dikupas hingga didalamnya ada ulat ini.

Metode menanggulangi hama tumbuhan kacang panjang yang satu ini merupakan dengan memakai insektisida. Gunakanlah insektisida sistemik ataupun translaminar semacam insektisida berbahan aktif imadikoplorid.

Baca Juga:  Penyakit Tanaman Cabe Cara Pengendaliannya (Sukses)

Jalani penyemprotan pada sore hari( dibawah jam 15. 30 ataupun pagi hari antara jam 7- 9.

Hama dan Penyakit Kacang Panjang

Hama Ulat Grayak

Nyaris seluruh tumbuhan palawija dapat terkena oleh hama ulat grayak ini. Ulat grayak sangat gampang dikenali dari fisiknya yang gendut serta tidak berbulu.

Mayoritas bercorak hijau terang tetapi terdapat pula yang bercorak coklat ataupun corak yang lain yang cocok dengan area persembunyiannya. Baca ini: Metode Menanam Kacang Panjang

Ulat grayak lebih aktif dimalam serta pagi hari dikala matahari belum sangat panas. Ulat ini memakan daun muda ataupun kulit buah sehingga banyak buah jadi cacat akibat serbuan hama ulat ini.

Sebaliknya metode menanggulangi memakai insektisida  dari bermacam tipe bahan aktif semacam sipermetrin, deltametrin, karbofuran serta lain- lain.

Penyemprotan terhadap hama ulat hendaknya dicoba di sore hari menjelang petang supaya pas target. Penyemprotan di siang hari hendak kurangi efektifitas insektisida kontak tersebut.

Hama Kutu Daun

Hama kutu daun pada tumbuhan kacang panjang melanda sangat ganas di masa kemarau dimana perkembngbiakan hama ini memanglah lumayan pesat di saat kemarau.

Hama kutu daun mempunyai banyak tipe semacam aphids, thrips serta kutu kebul. Tetapi seluruh mempunyai kerutinan yang sama ialah menghirup cairan dari pucuk daun serta tunas muda tumbuhan.

Efeknya merupakan pertumbuhan sel tumbuhan jadi rusak serta membuat daun mengkerut dan menggulung.

Pada tumbuhan kacang panjang perihal ini hendak sangat mengusik pertumbuhan tumbuhan sehingga butuh dicoba upaya penangkalan sebisa bisa jadi.

Triknya yakni kala tumbuhan telah mulai merambat ke ajir hingga kamu dapat menyemprotkan insektisida sistemik berbahan aktif imadikoplorid tiap 10 hari sekali.

Bila telah terjadi serbuan hingga pakai insektisida kontak berbahan aktif abamektin, dimetoat ataupun metomil yang dikombinasikan dengan imadikoplorid.

Demikian ulasan mengenai Hama dan Penyakit Kacang Panjang , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.