√ Ilmu Cara Ternak Hamster Agar Berhasil (Panduan Lengkap)

3 min read

√ Ilmu Cara Ternak Hamster Agar Berhasil (Panduan Lengkap)

Ilmu Cara Ternak Hamster Agar Berhasil (Panduan Lengkap)Hai-hai, kembali lagi dengan kami sobat berkebun,  berkebun.co.id kali ini akan membahas tentang cara ternak hamster agar berhasil, banyaknya berbagai jenis hewan yang dapat kita ternak, membuat kita akan berfikir untuk dijadikan sebagai peluang usaha, atau hanya sekedar untuk dijadikan sebagai hobi kita akan hewan hewan yang lucu untuk dijadikannya peliharaan saja, oleh karna itu mari kita ulas tentang :

Ilmu Cara Ternak Hamster Agar Berhasil (Panduan Lengkap)

Sedikit kita ulas, siapa yang tidak tau dengan hewan yang satu ini hamster,.? banyak orang yang menyukai dengan hewan yang imut kecil dan lucu ini, hamster ini termasuk dalam hewan pengerat atau ordo rodentia, dan hewan ini masih dalam kerabat denga  tikus, hamster juga banyak beraktivitasnya dimalam hari makan, bermain dan juga berkembang biak, sedangkan pada siang hari hamster ini banyak digunakan untuk tidur dan beristrhat.

Jika anda memiliki hobi memelihara hamster memang menguntungkan sob. Di samping bisa menikmati kelucuan dari tingkah lakunya ini, kita juga dapat memperoleh keuntungan berupa financial dan apabila dibudidayakan dengan baik dan benar.

Oleh sebab itu berikut ini adalah panduan lengkap langkah – langkah yang harus anda siapkan untuk ternak hamseter agar berhasil :

1. Mempersiapkan kandang ternak

Untuk ternak hamster tidaklah sulit sob, sebab anda tidak membutuhkan tempat yang beggitu lebar, anda cukup mempersiapkan tempat yang kecil, sebab hamster dapat hidup diruangan yang kecil.

Memberikan tempat tidur hamster (kandang). Belikan kandang berupa akuarium kaca atau kandang khusus hamster yang bisa anda dapat di toko-toko hewan di kota anda. Serta berilah alas berupa serbuk kayu di dalam kandangnya. Pastikan anda meletakkan kandang hamster yang jauh dari tikus atau kucing yang nantinya bisa memakan hamster kesayangan anda.

Jangan lupa untuk sering mengganti serbuk kayunya agar hamster peliharaan anda tetap aman dan sehat selalu. Karena hamster itu hewan pengerat yang menyukai kebersihan sob. jika anda malas membersihkan kandangnya maka hal itu bisa menyebabkan hamster stres dan akhirnya bisa mengakibatkan kematian. Sediakan juga mainan hamster, tempat minum dan lain sebagainya.

Baca Juga:  8 Cara Meningkatkan Produksi Telur Ayam kampung

2. Pemilihan Hamster yang akan anda ternak

Dalam peternakan pemilihan indukan atau jenisnya itu sangat penting sob, sebab dalam pemilihan yang tepat tidak akan menjadikan kita rugi dan menyesal kedepannya.

Langkah pertama yang sangat penting dalam memelihara hamster ialah memilih hamster, kalau anda termasuk pemula dalam memelihara hamster mungkin saran saya lebih baik anda memilih jenis hamster Campbel karena perawatannya yang cukup mudah dan harganya pun terjangkau murah, walau memang hamster Campbel ini sifatnya agak galak daripada jenis lainnya.

Tapi itu semua hanya sekedar saran, kembali lagi pada anda sebab anda yang akan memeliharanya dan anda bebas mau memilih jenis hamster apa saja sesuai selera anda. Dalam memilih induk hamster yang baik, anda bisa pilih hamster betina yang lincah dan nafsu makannya baik, juga umurnya sudah mencapai 5-11 bulan dan memiliki postur tubuh yang sehat.

Jika Anda masih pemula dalam berternak hamster dan berniat memelihara hamster campbell, sebaiknya Anda lebih meneliti jenis hamster campbell, sebab hamster yang satu ini terkenal memiliki jenis terbanyak sob. Pembagian campbell dalam beberapa jenis ini didasarkan pada karakteristik bentuk fisik dan juga tampilan warna bulunya. Hal ini merupakan salah satu keunggulan dari hamster campbell ini.

Disarankan jika anda akan ternak hamster carilah indukan yang banyak, supaya lebih besar keuntungannya sob. Disamping itu ternak hamster dan membudidayakannya tidak hanya cukup sepasang hamster saja. Anda bisa membeli hamstr sebanyak 10 ekor dengan kisaran hamster jantan 2 ekor, sisanya betina. Karena satu hamster jantan dapat menghamili 1-3 lebih hamster betina.

3. Membedakan hamster jantan dan betina

Selanjutnya anda juga harus tau untuk membedakan jenis hamster jantan dan betina, berikut ini adalah cara melihat perbedaan jenis kelamin jantan dan betina :

  • Pertama telentangkan hamster di atas telapak tangan anda lalul amati kelaminnya. Jika ada 2 lubang yang terpisah dan bagian bawah lebih memanjang berarti ia hamster jantan. Adapun hamster betina memiliki 2 lubang yang berdekatan serta memiliki 4 buah puting susu.
  •  Kedua masukkan hamster ke dalam plastik lalu lihat melalui piring, amati perlahan lahan kelaminnya. Namun, untuk cara yang kedua ini pastikan usia hamster sudah 3-4 minggu.
  • Ketiga biasanya hamster jantan terlihat lebih besar daripada betina tapi tidak selalu. Berat badan hamster jantan yang dewasa biasanya itu 85 g – 140 g sedangkan hamster betina hanya 90 g – 120 g.
  • Dan yang ke empat Hamster jantan memiliki kelenjar aroma bau yang lebih besar dari hamster betina, sehingga hamster betina mengeluarkan bau yang lebih pekat. Beberapa spesies hamster memiliki dua kelenjar aroma dan sisanya hanya memiliki satu kelenjar aroma. Kelenjar aroma itu menghasilkan minyak dan gunanya untuk menandai wilayah kekuasaan.
Baca Juga:  Cara Ternak Ayam Kampung Bagi Pemula (Sukses)

4. Pemberian makan hamster

Untuk makanan hamster anda bisa memberikanya biji-bijian, beras, roti dan jagung, selain itu bisa juga anda berikan berupa sayuran bunjis, timun dan wortel. Tetapi harus anda ketahui jenis makan tersebut hanya sebagai makanan pendamping, untuk memenuhi nilai gizi yang tinggi anda dapat memberikannya makanan yang dijual di toko-toko hewan di kota terdekat. Lakukan pemberian makan secara teratur yang memiliki nilai gizi dan vitamin yang tinggi, sebab pemberian makan dengan teratur akan membuat peliharaan anda hidup dengan subur dan sehat.

5. Mengawinkan hamster

Proses perkawinan hamster berlangsung selama 3 minggu biasanya sob atau bisa juga cuma sehari perkawinan si betina bisa langsung hamil. Jika hamster betina sudah hamil maka segera pisahkan ia dengan jantan. Hamster yang sedang hamil cenderung lebih sensitif dan galak. Sehingga ia harus hidup sendiri dan tempatkan pada kandang yang nyaman serta jauh dari hamster yang lain.

Jika bayi hamster sudah lahir segera anda pisahkan ia dengan  induknya untuk menghindari kanibalisme. Hamster betina sekali melahirkan bisa sampai 8 ekor anak sob.

6. Perawatan anak hamster

Supaya anakan hamster tumbuh dengan sehat dan lucu, sebaiknya biarkan anakan bersama induknya selama 1,5 bulan, selama 1,5 bulan itu ada beberapa yang harus anda perhatikan :

  • Berilah makanan berupa jagung, kecambah dan juga vitamin selama indukan hamster menyusui.
  • Anakan hamster tidak boleh di ganggu dengan tangan manusia, hal ini supaya indukan hamster tidak terganggu dengan bau tangan manusia, yang nantinya akan membiarkan anaknya.
  • Berikan tempat persembunyian untuk anakan hamster anda haruslah bersabar jika ingin melihatnya tunggu hingga anakan dan induknya keluar dari persembunyiannya jangan anda paksa dengan mengeluarkannya dengan semaunya sendiri.
  • Jangan mengganti pasir dalam kandang yang sudah berisi anakan hamster.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Ilmu Cara Ternak Hamster Agar Berhasil (Panduan Lengkap) yang dapat dijelaskan dengan terperinci, mudah – mudahan bermanfaat bagi pembacanya selamat mencoba dan terimakasih.