Cara Perawatan Ikan Gurame Yang Sudah Berjalan

Posted on

Ikan gurame adalah merupakan salah satu jenis ikan yang memeliki masa pertumbuhan tergolong lambat, sehingga perlu adanya makanan ikan gurame yang tepat agar cepat tumbuh besar dan sehat. Faktor pemberian makanan atau asupan protein nabati dan hewani yang seimbang ini sangat pengaruh dalam perkembangan ikan gurame.
Ikan gurame adalah salah satu ikan budidaya yang menguntungkan, dikarnakan ikan gurame merupakan komoditas yang memiliki harga jual yang cukup tinggi dibandingkan dengan ikan-ikan lain. Berikut cara perawatan ikan gurame yang sudah berjalan:

Pemberian Pakan Ikan Yang Cukup

1. Pakan Pelet

Makanan ikan gurame yang pertama adalah pelet yang mengandung 25-30 % protein hewani dalam pemilihan pelet pilihlah pellet yang sesuai dengan ukuran besar ikan dan pilihlah pelet yang terapung sehingga memudahkan ikan untuk memakannya.

Cara Perawatan Ikan Gurame Yang Sudah Berjalan
Cara Perawatan Ikan Gurame Yang Sudah Berjalan

Selai itu Anda juga harus memperhatikan nilai gizi yang terkandung didalam pellet tersebut, karna akan sangat mempengaruhi tingkat pertumbuhan ikan.
Cara memberikan makan ikan gurame Anda cukup memberikan pakan pellet di pagi dan sore sesuai dengan banyaknya ikan, dan jangan terlalu berlebihan, karna pakan pellet juga akan menjadi bakteri jika pakan tersebut tidak langsung habis dimakan oleh ikan, misalnya cukup dengan 70% tingkat kekenyangan ikan.
Selain itu juga ikan gurami terkenal sebagai ikan yang gerakannya lambat sehingga sering dikalahkan oleh ikan jenis lainya dalam memperebutkan makan hewani, Jadi tak mengherankan jika pertembuhannya tidak secepat ikan omnivora lainnya. Oleh karna itu sebisa mungkin jangan dicampur dengan ikan-ikan lainya.

2. Pakan Dedaunan

Cara Perawatan Ikan Gurame Yang Sudah Berjalan
Cara Perawatan Ikan Gurame Yang Sudah Berjalan

Makanan ikan gurame yang kedua adalah dedaunan Untuk meningkatkan percepatan pertumbuhan ikan gurame anda juga bisa memberikan pakan dedaunan, seperti daun shente, daun talas, kangkung jalar dan daun pepaya, sebab ikan gurame sangat gemar memakan dedaunan. Untuk daun shente dan daun talas anda dapat menanam dipinggiran kolam dengan tekstur tanah yang lembab sehingga daun shente dan daun talas akan tumbuh subur dan sangat bermanfaat bagi ikan gurame itu sendiri.

Baca Juga:  √ Cara Pembibitan Belut Bagi Pemula Mudah (Panduan lengkap)

Demikian proses singkat cara perawatan ikan gurame yang sudah berjalan mudah mudahan dapat bermanfaat bagi pemula petani ikan dan khusunya untuk para pembaca trimakasih