√ Cara Mudah Budidaya Petai Agar Buah Lebat (Panduan Lengkap)

3 min read

Cara Mudah Budidaya Petai Agar Buah Lebat (Panduan Lengkap)

Cara Mudah Budidaya Petai Agar Buah Lebat (Panduan Lengkap) Hai sobat bertemu lagi dengan kami, kali ini berkebun.co.id akan membahas mengenai Cara Mudah Budidaya Petai Agar Buah Lebat (Panduan Lengkap)

Cara Mudah Budidaya Petai Agar Buah Lebat (Panduan Lengkap)

Sudah tidak asing lagi bagi anda pecinta lalapan, bagi anda yang menyukai lalapan petai ini pasti sebuah lalapan yang mempunyai bau yang kurang sedap tapi bagi anda yang suka dengan buah petai ini pasti anda tidak mempersoalkannya, sebab petai ini adalah  salah satu tanaman khas Indonesia yang sangat populer di kalangan masyarakat. Banyak orang yang mengkonsumsi petai sebagai lalapan atau menggunakannya sebagai bahan baku masakan sehari-hari. Sambel goreng petai mungkin merupakan salah satu contoh masakan yang cukup populer yang menggunakan petai sebagai bahan bakunya.

 

Sebenarnya buah petai ini jika dilihat dari kandungan gizinya, petai banyak mengandung vitamin A, vitamin C, Kalsium dan zat besi. Petai juga disebut-sebut sebagai obat yang cukup mujarab untuk menyembuhkan penyakit kencing manis. Melihat dari kebutuhan akan petai yang cukup tinggi dipasaran serta berbagai manfaat yang dimiliki tanaman ini, banyak orang yang belajar untuk bercocok tanam petai baik untuk kebutuhan pribadi maupun sebagai lahan bisnis.

Syarat Tumbuh Pohon Petai

Pohon petai ada yang memiliki ketinggian pohon 5 bahkan sampai dengan 25 meter. Hal ini tergantung dari pemilihan bibit dan juga cara perawatannya. Kulit kayunya berwarna cokelat dan memiliki banyak cabang.

Sebagai tanaman budidaya, maka buah petai tumbuh dengan baik pada lingkungan tertentu. Kenali syarat-syarat tumbuhnya pohon petai agar bisa menghasilkan jumlah panen dengan maksimal. Berikut ini adalah kondisi terbaik untuk budidaya tanaman petai :

  • Lokasi tumbuh => Tanaman petai ini dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah hingga pegunungan. Tanaman ini bisa juga tumbuh pada lokasi dengan ketinggian hingga 800 meter di atas permukaan laut.
  • Tanah =>Untuk budidaya tanaman petai ini harus dilakukan di tanah yang memiliki tekstur yang halus. Pilihlah lokasi lahan dengan pH antara 5,5 dan 6,5.
  • Iklim => Indonesia adalah lokasi yang cocok untuk budidaya tanaman buah petai. Idealnya, tanaman ini tumbuh di daerah atau lingkungan lembab dengan cuaca yang sedikit basah.
  • Lingkungan => Tanaman buah petai ini bisa tumbuh dengan baik di tempat terbuka. Untuk pemilihan lahan, pastikan tidak ada pohon atau gedung yang menaunginya. Hal ini karena tanaman ini butuh cahaya matahari untuk bisa tumbuh dengan maksimal. Tanaman buah petai membutuhkan sinar matahari sepanjang hari.
Baca Juga:  Cara Menanam Strawberry : Pembibitan, Penanaman, Perawatan dan Pemanenan

Jika syarat tumbuh tanaman petai ini sudah terpenuhi seperti yang di sebutkan diatas, maka akan dihasilkan buah petai dengan potensi yang baik. Idealnya, tanaman ini bisa menghasilkan buah pada usia tanaman 4-5 tahun. Kondisi ini khusus untuk tanaman pete dari hasil pembibitan cara vegetatif baik okulasi maupun cangkok.

Berikut adalah Cara Mudah Budidaya Petai Agar Buah Lebat, yang harus anda siapkan terlebih dahulu adalah :

1. Mempersiapkan Lahan

Pertama adalah anda harus mempersiapkan lahan, persiapan lahan harus dilakukan dengan cara yang tepat. Hal ini penting untuk memfasilitasi penanaman agar kondisi dan lingkungan tanam ideal, untuk pertumbuhan petai nantinya. Oleh karna itu, lakukan beberapa hal berikut ini untuk menyempurnakan pertumbuhan tanaman petai ini :

  • Sebaiknya pilih tanah dengan karakteristik yang subur dan memiliki ketinggian 10 hingga 80 meter di atas permukaan laut.
  • Bersihkan dari gulam atau rerumputan yang akan menggagu pertumbuhan, agar nutrisi tanah bisa terserap dengan baik pada akar tanaman buah petai.
  • Untuk proses tersebut bisa memakai cangkul sebagai cara manual dan sederhana
  • Buat lubang tanam dengan ukuran ideal 40 x 40  cm
  • Berikan pupuk kandang dengan ketebalan sekitar 10 cm yang dipakai sebagai pupuk dasar, Jika tingkat keasaman lahan tidak seimbang, maka perlu dilakukan pengapuran. Pemberian pupuk juga merupakan tahap penting dalam persiapan lahan.

2. Pemilihan Bibit Yang Baik

Untuk pemilihan bibit petai, sebaiknya anda harus sudah mempersiapkannya sebelumnya, agar ketahanan pada hama, hingga kualitas buah yang akan dipanen nantinya. Atau anda juga dapat membelinya di pembibitan-pembibitan dikota anda, Secara umum, petani menanam petai dari hasil pembiakan vegetatif.  Jika memakai cara ini maka bisa memilih bibit dengan kriteria ketinggian mencapai ukuran 1,5 meter. Ukuran ini ideal untuk ditanam di lokasi yang telah disediakan.

Baca Juga:  Cara Menanam Bunga Lily

3. Proses Penanaman

Selanjutnya adalah proses penanaman, untuk penanaman ini harus dilakukan dengan seksama, cara tanam akan menentukan kualitas tanaman petai yang anda budidayakan. Penanaman di lahan yang telah disiapkan dilakukan apabila bibit telah berusia minimal 6 bulan. Penanaman idealnya dilakukan pada musim penghujan. Pilihlah bibit yang sudah memiliki daun yang tua.

Ambil dan lepaskan bibit perlahan-lgahan dari polybag, usahakan tanah yang melekat pada akar tidak sampai pecah. Tanam bibit pada lubang tanam yang telah disiapkan dan timbun lubang dengan tanah. Pastikan untuk memadatkan tanah timbunan dan usahakan penimbunan tidak menutupi bekas okulasi karena hal tersebut akan dapat mengakibatkan tumbuhnya jamur pada batang. Lakukan penyiraman agar tanah menyatu.

4. Perawatan

Perawatan adalah proses yang sangat penting sebab proses perawatan yang maksimal maka akan menghasilkan buah yang memuaskan juga, oleh sebab itu berikut adalah yang harus anda lakukan dalam perawatan :

  • Penyiangan => Penyiangan adalah hal yang diperlukan untuk menghilangkan gulma di area sekitar tanaman petai. Dengan demikian, maka nutrisi tanah bisa terserap oleh akar-akar tanaman petai dengan sempurna.
  • Pemupukan => Proses pemupukan dapat dilakukan saat tanaman berumur 5 bulan. Pupuk organik bisa dijadikan salah satu pilihan untuk menyuburkan tanah dengan alami.
  • Penyiraman => Lakukan penyiraman langkah ini penting bagi tanaman agar tumbuh dengan baik, terutama saat musim kering atau kemarau.
  • Pemanenan => Untuk pemanenan buah petai ini bisa anda nikmati pada usia 3-5 tahun.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mudah Budidaya Petai Agar Buah Lebat (Panduan Lengkap) yang dapat kami sampaikan, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba dan semoga sukses trimakasih.