√ Cara Menanam Sirsak Agar Berbuah Lebat (Panduan Lengkap)

Posted on

Cara Menanam Sirsak Agar Berbuah Lebat (Panduan Lengkap)Hai sobat berkebun.co.id, kita akan membahas tentang cara menanam sirsak agar berbuah lebat, yang akan dibahas melalui artikel berikut ini :

Cara Menanam Sirsak Agar Berbuah Lebat (Panduan Lengkap)

Buah sirsak ini memiliki bentuk berduri-duri dan mirip buah nangka atau durian, buah sirsak di sebut juga nangka landa oleh masyarakat jawa dan durian betawi oleh masyarakat minangkabau. Nama sirsak ini berasal dari bahasa belanda yaitu zuurzak, yang memiliki arti kantung asam. Hal ini sisebabkan pada rasa buah sirsak yang cenderung asam segar dan bentuk buahnya yang menyerupai kantong.

Ada beberapa jenis sirsak, yaitu:

  • Sirsak biasa, jenis sirsak ini adalah sirsak umum yang biasa kita temui di pasaran. Dalam penyebaran sirsak ini hampir merata di seluruh Indonesia. Rasa sirsak ini cenderung memiliki reasa asam sehingga untuk mengkonsumsinya biasanya ditambahkan gula atau pemanis. Sirsak ini juga biasa diolah menjadi makanan seperti dodol, sirup dan selai.
  • Sirsak ratu, jenis sirsak ratu ini diambil dari nama habitat tanaman sirsak yaitu berasal dari pelabuhan ratu-jawa barat, untuk ukuran sirsak ratu bervariasi, ada yang besar ada juga yang kecil. Bentuk keseluruhan tidak jauh berbeda dengan sirsak biasa, hanya saja, rasanya lebih manis.
  • Sirsak mandalika ,jenis sirsak ini jarang kita temui di pasar-pasar umum maupun supermarket, walaupun penyebarannya menyeluruh di wilayah Indonesia. Duri yang terdapat pada buah sirsak jenis ini bagian luar sangat jarang, tidak seperti pada buah sirsak biasa. Perbedaan yang lainnya adalah warna daging buahnya yang tidak berwarna putih tapi berwarna kuning. Dan rasanyapun lebih manis.
  • Sirsak Bali, sirsak jenis ini biasa juga di sebut dengan sirsak gundul, hal ini dikarenakan tampilan permukaan kulit luarnya yang sedikit agak licin tanpa duri tidak seperti sirsak pada umumnya. Ukuranya lebih kecil dari sirsak jenis lain dan dagingnyapun manis.
Baca Juga:  Cara Menanam Markisa Menurut Ilmu Pertanian (Berkebun)

Manfaat buah sirsak diantaranya adalah daging buah sirsak mengandung banyak vitamin C yang sangat berguna bagi tubuh kita. Vitamin C merupakan benteng bagi tubuh kita untuk menangkal serangan penyakit dan juga berfungsi sebagai penyembuh jaringan atau luka yang mungkin terjadi pada tubuh kita.

Sementara itu daunnya juga disinyalir mempunyai efek seperti kemoterapi tetapi jauh lebih aman karena tidak merusak sel-sel hidup lainnya, dalam tubuh tidak seperti kemoterapi dimana jaringan sehat di dalam tubuh ikut rusak. Bijinya yang beracun juga bermanfaat, kita bisa menggunakan bijinya sebagai inseksida alami.

Berikut ini adalah cara menanam buah sirsak dengan baik dan benar :

1. Jenis Bibit Yang Unggul

Yang pertama anda harus mendapatkan bibit sirsak yang unggul, sebab bibit yang unggul akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman sirsak yang subur dan juga buah yang maksimal. Bibit sirsak dapat diperoleh dengan 2 cara yaitu dengan cara persemaian biji dan dengan cara cangkok. Tetapi banyak yang menggunakan dengan cara cangkok sebab lebih cepat dari pada dari hasil persemaian biji.

2. Persiapan Lahan Tanam

Persiapan selanjutnya adalah anda harus mempersiapkan lahan tanam, meskipun sirsak bisa juga ditanam sebagai tanaman buah dalam pot, namun karena media pembesaran ini terbatas pada pot, tentu saja hasilnya akan sangat jauh berbeda dengan menanam bibit sirsak di tanah.

Untuk budidaya sirsak, sebaiknya menanam sirsak di lahan yang telah disediakan agar pembudidayaan ini bisa lebih maksimal dengan hasil buah yang memuaskan.

Untuk persiapan lahan pembesaran, anda cukup membuat lubang dengan ukuran luas 1,5 x 1,5 meter dengan tinggi 1 meter untuk diisi dengan campuran pupuk kandang, tanah, dan pasir halus dengan perbandingan 1:1:1. Sebelum bibit sirsak ditanam, lalu diamkan terlebih dahulu lahan pembesaran ini selama kurang lebih 2 minggu.

Baca Juga:  Cara Menanam Tomat : Pembibitan, Alat, Perawatan Dan Proses Panen

3. Proses Penanaman

Proses penanaman bibit sirsak yang sudah siap tanam yaitu berumur sekitar 2 atau 3 bulan, selanjutnya lakukan penanaman pada lubang tanam yang telah disiapkan. Timbun bibit dengan tanah hingga dekat pangkal batang lalu padatkan dan siram hingga cukup basah. Penanaman yang baik dilakukan pada awal musim penghujan.

4. Pemeliharaan

Dalam melakukan perawatan anda harus maksimal sebab perawatan yang baik akan menghasilkan yang maksimal juga, cara merawat tanaman sirsak cukup mudah. tanpa adanya perawatan khusus pun tanaman ini akan tumbuh, tetapi sebaiknya anda lakukan perawatan seperti berikut ini :

  • Lakukan penyiraman diawal penanaman tanaman minimal 2 hari sekali.
  • Lakukan pemupukan. Pada dasarnya pada satu pohon tanaman buah sirsak bisa mempunyai buah yang cukup banyak, akan tetapi untuk hasil buah yang maksimal anda juga bisa memberikan pupuk jenis NPK dengan dosis 1000 g yang dicampurkan pada media tanam.
  • Bersihkan gulma penggangu disekitar tanaman buah sirsak
  • Berikan semprotan obat anti-hama agar tanaman terbebas dari hama penggangu

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Sirsak Agar Berbuah Lebat (Panduan Lengkap) yang dapat di jelaskan dengan terperinci oleh berkebun.co.id, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda pemula selamat mencoba semoga sukses dan trimakasih.