Cara Menanam Seledri di Rumah ( Panduan Lengkap)

3 min read

Cara Menanam Seledri di Rumah ( Panduan Lengkap)

Cara Menanam Seledri di Rumah ( Panduan Lengkap) – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Seledri di rumah  .

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :

Cara Menanam Seledri di Rumah ( Panduan Lengkap)


Keterbatasan lahan bukan alibi tidak bisa bercocok tanam. Saat ini Kamu bisa mengoptimalkan lahan yang kecil yang terdapat di dekat rumah sebagai media tanam aneka macam tanaman.

Pemakaian pot ataupun polybag jadi alternative sangat diseleksi sebab tidak hanya efektif juga sanggup menampung bermacam tipe tanaman tanpa membutuhkan lahan yang luas.

Salah satu tumbuhan yang kerap ditanam dalam pot ataupun polybag ini merupakan seledri. Seledri yang mempunyai nama ilmiah Apium graveolens ini tidak cuma diandalkan bagaikan bahan buat aksesoris masakan.

Tumbuhan seledri, ataupun daun seledri, merupakan tumbuhan bumbu yang sangat kerap digunakan buat memasak sop sebab baunya yang khas serta nikmat.

Tidak hanya digunakan bagaikan tumbuhan buat memasak, tumbuhan seledri ini sendiri nyatanya bisa berperan bagaikan tumbuhan obat ataupun yang biasa diucap dengan tumbuhan herbal.

Ditambah, biji dari tumbuhan seledri ini, sesungguhnya bisa pula dijadikan obat dengan metode mengambil ekstrak dari minyak tumbuhan seledri itu sendiri.

Umumnya, didalam pertanian, tumbuhan seledri hendak mempunyai tingkatan perkembangan terbaiknya apabila ditanaman pada dataran tinggi ataupun yang mempunyai ketinggian dekat 1000 sampai 1200 mdpl.

Namun, sesungguhnya tumbuhan ini sangat tidak memiliki permasalahan apabila ditanaman pada dataran rendah sebab ketahanan dari tumbuhan itu sendiri.

Cara Menanam Seledri di Rumah ( Panduan Lengkap)

Metode Menanam Seledri di Rumah

Berikut merupakan uraian gimana metode dari perawatan tumbuhan seledri itu sendiri sebagaimana yang sudah dirangkum.

  • Pembibitan

Metode menanam daun seledri yang awal merupakan dengan mempunyai bibit seledri yang bagus. Persiapkan biji tumbuhan seledri yang hendak digunakan buat menanam.

Setelah itu, rendamlah biji seledri tersebut dengan memakai air yang terkategori lumayan hangat dengan temperatur dekat 50 sampai 60 derajat celcius dalam kurun waktu dekat 60 menit.

  • Media Tanam

Persiapkan tempat buat menanam dengan metode membuat bendengan buat melaksanakan penyemaian. Gunakanlah media semai yang  dengan tanah serta kompos dengan perbandingan 2: 1 .

  • Penggemburan Tanah

Pada bendengan yang sudah terbuat hendaknya diberikan naungan ataupun perlengkapan pelindung diatas bendengan yang memakai bebahan dasar plastik yang bening .

Baca Juga:  Jenis Jenis Ikan Arwana dan Julukannya

Hal ini supaya bebas dari air hujan secara langsung serta pencaran dari cahaya matahari secara langsung.Gemburkan tanah buat membuat perputaran oksigen dan membuang toksin ,Setelah itu diamkan.

  • Penanaman Bibit

Setelah itu, mulailah menebarkan biji- biji seldri yang tadinya sudah direndam dengan memakai air yang lumayan hangat pada media penyemaian.

Tidak lupa menutup bagian atas pada biji- biji tersebut dengan memakai tanah ataupun media tanam yang terletak di bendengan. Sehabis itu, siramlah tanah

ataupun media tanam dengan memakai air buat membuat tanah tersebut terpelihara kelembabannya.( Baca Pula: Metode Menanam Buah Naga)

  • Membuat Jalan Garitan

Buatlah jalan buat garitan terlebih dulu dengan kedalaman sedalam 0. 5 centimeter dari permukaan bendengan. Berilah jarak antar tiap- tiap dekat 10- 20 centimeter.

Serta terbarlah benih- benih seledri pada jalan yang terbuat tersebut. Semacam yang sudah dicoba tadinya, tutuplah lagi bibit- bibit tersebut dengan memakai media tanam.

Serta siramlah media tumbuhan dengan memakai air supaya kelembaban dari tanah tersebut senantiasa terpelihara.


Perawatan Tumbuhan Seledri

Biar biji tumbuhan seledri yang ditanam bisa berkembang serta tumbuh dengan baik, hendaknya kita senantiasa mencermati dan merawatnya buat melindungi kelembab dari media tanam yang digunakan.

Pada periode ini hendaknya kita melaksanakan penyiraman yang dicoba secara teratur tiap pada pagi hari serta sore harinya.( Senantiasa dicermati pula supaya tanah yang diberi air tidak sangat basah serta sangat kering)

Tunas dari tumbuhan seledri timbul, umumnya sehabis 30 hari. Dengan tumbuhnya 3 sampai 4 helai daun, maksudnya tumbuhan ini sudah siap buat dipindahkan ke media tanam yang lain.

  • Pengecekan Secara Rutin

Dalam proses pembibitan ini, tidak terdapat batas terhadap kesuksesan tumbuhan seledri yang kamu tanam. Tetaplah melaksanakan proses pengecekan terhadap tumbuhan secara teratur.

Baca Juga:  Manfaat Pare Belut

Hama yang melanda tumbuhan seledri terdiri sebagai berikut, ialah berbentuk penyakit fusarium, lalat penggorok daun, busuk pangkal, busuk lunak kuman, penyakit mawar sekospora, serta bermacam berbagai virus lainya.

Hendaknya perawatan dengan metode menyemprotkan pestisida kepada tumbuhan seledri yang kamu tanam dengan dosis dekat 30% sampai 50%.

  • Pemberian Pupuk

Guna memesatkan perkembangan dari bibit itu sendiri, kita bisa membagikan pupuk daun dan pupuk dengan tipe NPK dengan dosis 10 gr/ 10 liter apabila sudah merambah hari ke 20 serta 25 penanaman.

Tidak hanya itu, ada pula jenis- jenis penyakit lain semacam virus aster yellow, cercospora serta bintik septoria yang bisa diucap dengan penyakit khas tumbuhan seledri.

  • Waspada Hama Tanaman

Sebab perkembangan kecambah yang dipunyai oleh seledri ini terkategori lumayan lelet, hingga umumnya gulma dan tumbuhan parasit yang terletak di dekat tumbuhan seledri hendak berkembang dengan kilat, mengalahkan tumbuhan seledri itu sendiri. Tidak hanya itu, apabila serbuan penyakit terus menjadi membabi buta, lakukanlah penyemprotan pada tumbuhan seledri dengan metode membagikan pertisida yang organic. Senantiasa perhatikan dosis yang hendak diberikan sebab perihal tersebut hendak meracuni tumbuhan seledri yang kita tanam

Cara Menanam Seledri di Rumah ( Panduan Lengkap)

Masa Panen Seledri

Tumbuhan seledri ini, umumnya bisa dipanen apabila sudah merambah hari ke 160 serta 180.

Pemanenan bisa dicoba dengan melaksanakan pemotongan pada pangkal batang tumbuhan seledri secara periodic. Pada fase ini, pemanenan bisa dicoba dalam kurun waktu 1 sampai 2 minggu sekali.

Kapan tumbuhan seledri ini telah tidak layak buat ditanamkan lagi? Kala tumbuhan ini telah tidak produktif lagi, kita bisa membuangnya dengan metode mencabutnya.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Seledri di Rumah ( Panduan Lengkap) , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.