Cara Menanam Pete

3 min read

Cara Menanam Pete

Cara Menanam Pete – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Pete. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Pete


Petai (Parkia speciosa) ialah tumbuhan asli Indonesia, Malaysia, Thailand, serta Philipina, yang sangat terkenal di masyarakat.

Petai ini pula banyak diminati warga, perihal ini diisyarati dengan permintaan pasar yang masih besar, sehingga budidaya tumbuhan petai mempunyai prospek yang bagus.

Sebab perihal seperti itu, maka tidak salah bila dikala ini banyak orang yang mulai menjadikan buah petai bagaikan tumbuhan budidaya.


Syarat Berkembang Tanaman Petai

Tumbuhan budidaya pete terdapat yang mempunyai ketinggian tumbuhan 5 apalagi hingga dengan 25 m.

Perihal ini bergantung dari pemilihan bibit serta pula metode penjaannya. Kulit kayunya bercorak cokelat serta mempunyai banyak cabang.

Sebagai tumbuhan budidaya, maka buah pete berkembang dengan baik pada area tertentu.

Kenali syarat-syarat tumbuhnya supaya dapat menciptakan jumlah panen dengan maksimal. Berikut ini merupakan keadaan terbaik buat budidaya tumbuhan pete:

  • Lokasi berkembang = Tumbuhan pete berkembang dengan baik di dataran rendah sampai pegunungan. Tumbuhan ini dapat pula berkembang pada posisi dengan ketinggian 800 m di atas permukaan laut. Zona pananaman ini wajib bersih dari gulma serta rumput liar.
  • Tanah = Budidaya tumbuhan ini wajib dicoba di tanah yang mempunyai tekstur yang halus. Memilih posisi lahan dengan pH antara 5,5 serta 6,5.
  • Hawa = Indonesia merupakan posisi yang sesuai buat budidaya tumbuhan buah pete. Idealnya, tumbuhan ini berkembang di wilayah ataupun area lembab dengan cuaca yang sedikit basah.
  • Lingkungan = Tumbuhan ini dapat berkembang dengan baik di tempat terbuka. Buat pemilihan lahan, Pastikan tidak terdapat tumbuhan ataupun gedung yang menghalanginya. Perihal ini sebab tumbuhan ini perlu sinar matahari buat dapat berkembang dengan maksimal. Tumbuhan buah petai memerlukan cahaya matahari sejauh hari.

Dengan syarat serta area berkembang yang maksimal di atas, maka hendak dihasilkan buah pete dengan kemampuan yang baik.

Idealnya, tumbuhan ini dapat menciptakan buah pada umur tumbuhan 4-5 tahun. Keadaan ini khusus buat tumbuhan pete dari hasil pembibitan metode vegetatif baik okulasi ataupun cangkok.

Baca Juga:  Jenis-Jenis Bunga Kertas : Cara Menanam Dan Merawatnya

Penting pula buat diketahui kalau mulai dari penyerbukan buah petai hingga siap dipetik, dibutuhkan waktu kurang lebih antara 3 sampai 4 bulan.

Waktu ini merupakan yang sangat sempurna sampai ukuran buah siap buat dipanen serta dipasarkan buat disantap.

Sebagai tumbuhan budidaya, kemampuan buah ini lumayan bagus serta untuk petani dapat menciptakan keuntungan yang menggiurkan.


Metode Menanam Petai

Seleksi Bibit Petai yang Berkualitas

Bibit petai didapatkan lewat penyemaian biji (generatif) maupun dapat dari metode okulasi (vegetatif).

Bila Kamu kurang mengerti dengan permasalahan pembibitan, Kamu bisa membeli bibit petai di toko yang menjual bibit tumbuhan dekat rumah.

Perhatikan dalam memilih bibit karena keadaan bibit hendak mempengaruhi pada kelangsungan berkembang tumbuhan petai dikemudian hari.

Bibit petai wajib betul-betul sehat bebas dari hama penyakit, berdaun hijau fresh tidak layu, berbatang kuat tidak kering serta seleksi pula bibit dengan percabangan rindang.

Persiapan Lahan Tanam

Lahan tanam wajib disiapkan dengan pas. Perihal ini berarti buat menunjang perkembangan serta produktivitas tumbuhan petai nantinya.

  • Posisi tempat menanam petai hendaknya di lahan yang produktif. Petai bisa berkembang di dataran rendah ataupun pegunungan. Lahan yang baik merupakan yang ber-pH antara 5,5–6,5.
  • Bilas gulma serta semak biar penyerapan nutrisi ke tumbuhan petai lebih maksimal.
  • Buat lubang tumbuhan antara 40 x 40 x 40 centimeter. Ataupun disesuakan dengan ukuran bibit yang hendak ditanam.
  • Jarak antar lubang yang sempurna buat tumbuhan petai merupakan 8 x 8 centimeter. Dapat dengan pola persegi ataupun segitiga.
  • Berikan pupuk kandang di dasar lubang sebagai pupuk dasar.
  • Biarkan lubang sepanjang 2–3 hari tersinari penuh buat menewaskan kuman yang terdapat di lubang tanam.

Proses Penanaman

Berikutnya merupakan proses penanaman. Proses ini penting dicoba dengan hati-hati buat sebab memastikan mutu tumbuhan nantinya.

Penanaman hendaknya dicoba di masa penghujan. Perihal ini bertujuan biar tumbuhan memperoleh air yang lumayan buat perkembangan yang sempurna.

Ambil bibit petai serta buka polybag nya dengan hati-hati. Pastikan dikala membuka polybag tanah tidak rusak serta tidak mengganggu pangkal tumbuhan.

Bila sudah, maka saatnya memasukkan bibit petai ke lubang tanam. Sehabis itu, bibit ditimbun dengan tanah.

Pastikan timbunan tanah tidak menutupi mata okulasi. Sebab perihal itu hendak menimbulkan tumbuhnya jamur pada batang.

Yang terakhir jangan lupa buat menyirami bibit yang baru ditanam buat merapatkan pori-pori tanah.

Baca Juga:  Kelapa Sawit : Proses Cara Tanam Sawit yang Baik dan Benar

Cara Menanam Pete


Perawatan

Pada dasarnya, tumbuhan petai merupakan tipe tumbuhan yang tidak sangat membutuhkan perawatan khusus.

Kamu cuma butuh memastikan lahan bebas gulma serta perairan yang lumayan. Tidak hanya itu, kamu pula bisa melaksanakan proses penangkalan hama.

Ada pula langkah-langkah perawatan merupakan sebagai berikut:

  • Penyiangan = Dibutuhkan buat melenyapkan gulma di zona dekat tumbuhan petai.
  • Pemupukan = Pemupukan bisa dicoba dikala tumbuhan berusia 4 bulan. Kamu bisa memakai pupuk organik buat memperoleh nutrisi natural.
  • Penyiraman = Penting dicoba di masa kering ataupun kemarau.
  • Pemanenan = Tumbuhan Petai yang berkembang dengan baik hendak berproduksi dikala tumbuhan berumur antara 3 serta 4 tahun buat bibit okulasi serta hampir 7 tahun buat bibit petai seedling.

Penting diketauhui kalau mulai dari penyerbukan buah petai hingga siap dipetik, dibutuhkan waktu kurang lebih antara 3 sampai 4 bulan.


Penindakan Pete Pasca Panen

Sebagian perihal di atas perlu diketahui untuk yang mau membudidayakan petai sebagai tumbuhan komersial. Butuh diingat pula kalau pada proses pemanenan butuh mencermati sebagian perihal, semacam:

  • Metode panen = Buah petai yang telah siap panen wajib dipetik dengan pemetik ataupun dengan mata pisau yang tajam. Perihal ini buat menjauhi petai rusak serta melindungi senantiasa mutu buah ini sampai dapat dijual.
  • Pengumpulan pete = Sehabis panen dicoba hingga kumpulkan petai di wadah keranjang ataupun karung bersih.
  • Jalani sortir pete = Proses ini bertujuan buat memisahkan petai bersumber pada mutu serta ukuran. Ingat kalau nantinya hendak terdapat buah yang bagus serta kurang baik. Pisahkan buat setelah itu dijual. Proses sortir buah pete ini pula buat memisahkan pete yang cacat ataupun tergores dengan petai yang bagus. Berikutnya, buah ini dikumpulkan bersumber pada jensi serta ukuran.
  • Penyimpanan = Perihal ini berarti buat melindungi mutu hasil panen buah pete. Pastikan buah tidak ditaruh bersama dengan benda yang dapat mengganggu buah ataupun kulitnya. Tidak hanya itu, hindarkan dari panas. Hendak lebih baik bila tempat penyimpanan mempunyai perputaran hawa yang baik dalam temperatur ruangan.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Pete, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.