Cara Menanam Melati

4 min read

Cara Menanam Melati

Cara Menanam Melati– Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Melati. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Menanam Melati


Melati ataupun yang mempunyai nama latin Jasminum ini ialah salah satu tumbuhan hias yang banyak dibudidayakan.

Perihal itu sebab melati sendiri bisa dimanfaatkan buat bermacam perihal, semacam kombinasi teh serta parfum. Metode menanam bunga melati bukanlah begitu sulit.

Bunga melati bisa berkembang dengan baik di bermacam tempat. Perihal ini sebab melati yang mempunyai sifat gampang menyesuaikan diri.

Oleh karena itu budidaya tumbuhan ini lumayan gampang dicoba sebab sifat ketahanannya serta menyesuaikan diri lingkungan.

Bunga melati sendiri memiliki aroma yang sangat khas. Perihal ini menjadikannya banyak diburu bagaikan bahan pembuatan prafum.

Tidak cuma itu, melati banyak digunakan bagaikan pernak-pernik pengantin. Karena banyak warga yang yakin kalau melati mempunyai nilai mistis di dalamnya.

Banyaknya khasiat dan indahnya bunga melati membuat bunga ini jadi kesukaan warga di Indonesia.

Perihal ini teruji dari menaiknya jumlah penciptaan bunga melati di Indonesia yang terus bertambah dari tahun ke tahun.

Pada tahun 2018 saja, jumlah produksi tumbuhan melati bertambah sebesar 32.9% ataupun 8,06 ribu ton.


Metode menanam bunga melati

Bunga melati mempunyai beberapa khasiat antara lain bagaikan penghias bunga karangan rumah, kosmetik, pengharum minyak wangi, serta khasiat yang lain yang hendak dialami bila kamu menanamnya.

Bisa jadi kamu mau menanam serta merawat bunga melati sebab mau merasakan khasiatnya ataupun hanya menaikkan koleksi bunga di rumah kamu.

Metode menyemai benih

Pertama-tama kita hendak melaksanakan penanaman pada stek bunga melati dengan penyemaian sepanjang 10-15 Centimeter per 1/3 dari panjang stek.

Sehabis itu, tutup wadah penyemaian stek dengan plastik putih transparan ataupun pastik lain supaya udara dalam wadah senantiasa lembab.

Siapkan tempat penyemaian yang bersih baik itu berbentuk pot ataupun polybag yang berisi kombinasi tanah serta pasir bersih.

Perhatikan bagian dasar pot ataupun polybag, apakah dapat menhantarkan air berlebih yang masuk ke pot.

Siapkan media tanam buat penyemaian di tempat yang baik serta isi media tanam tersebut dengan ketebalan hampir 20-30 Centimeter.

Setelah itu siram segala bagian media tanam hingga basah. Berikutnya merupakan siram bibit stek bunga sebanyak 1-2 kali satu hari.

Kemudian pindahkan bibit stek ke tempat yang terpapar cahaya matahari buat memperoleh konsumsi yang lumayan buat stek.

Apabila pangkal telah nampak kuat maka pindahkan ke polybag yang berisi kombinasi dari tanah, pasir serta pupuk organik yang sama rata.

Rawatlah dengan baik stek bunga sepanjang 2-3 bulan. Kamu dapat melaksanakan pemupukan, penyiraman, berikan pestisida (apabila dibutuhkan).

Mempersiapkan media tanam

Siapkan lahan yang hendak di tanam bunga melati, bilas terlebih dulu lahan dari rumput, ranting, batu ataupun benda lain.

Baca Juga:  Cara Menanam Kesemek Mudah Di Rumah

Sehabis itu, siapkan media tanam dengan menggemburkan tanah memakai cangkul dengan kedalaman 35-40 Centimeter. Kemudian diamkan tanah yang hendak digunakan sepanjang 15 hari ataupun lebih.

Buat bendengan dengan wujud:

  • Lebar: 100-200 CM
  • Ketinggian: 35-40 CM
  • Jarak antar bendengan: 45-60 CM

Kamu pula dapat membiasakan lahan yang hendak di pakai dengan metode kamu sendiri.

Bila tanah tidak mempunyai kandungan pH yang lumayan buat bunga melati maka lakukanlah pengapuran tanah dengan meningkatkan faktor semacam kapur bakar, kalsit ataupun doromit.

PH tanah yang diperlukan oleh bunga melati merupakan 5-7 kandungan pH tanah buat mencapai perkembangan melati yang sempurna.

Bunga melati hendak cepat berkembang produktif bila kamu mengenakan tipe tanah semacam lasotol, andosol ataupun podsolik merah kuning.

Buat tekstur tanah, bunga melati memerlukan tanah pasir ataupun liat, wajib mempunyai drainase yang baik, mempunyai banyak bahan organik serta gembur.

Bunga melati hendak berkembang dengan baik bila di tanam antara ketinggian 10-1600 M di atas permukaan laut. Tiap tipe melati mempunyai kemampuan menyesuaikan diri area yang berbeda.

Dikala mau menanam bunga melati harap seleksi tipe melati yang dapat di sesuaikan dengan area kamu. Buat ketinggian, bunga melati pula mempunyai perbandingan.

Bunga melati putih dianjurkan di tanam pada ketinggian hampir 600 M di atas permukaan laut.

Bunga melati jasmine di tanam pada ketinggian 1600 M di atas permukaan laut. Buat tipe melati yang lain dapat berkembang antara ketinggian 0-700 M di atas permukaan laut.

Cara Menanam Melati


Atur media tanam

Sehabis proses pengapuran, taburkan pupuk di atas tanah. Setelah itu ratakan serta gabungkan pupuk dengan tanah bagian atas.

Tiap lubang tanam wajib dimasukkan 1-2 Kilogram pupuk organik Dimensi lubang tanam buat bunga melati merupakan 40×40×40 Centimeter serta jarak yang dibutuhkan antar bunga merupakan 100-160 Centimeter per lubang tanam.

Waktu buat mempersiapkan media tanam hendaknya dicoba pada masa kemarau pada waktu 1-2 bulan menjelang masa hujan.

Wujud pola tanam buat bunga melati yang hendak di tanam dengan waktu kurang dari satu bulan.

Setelah itu jalani menyesuaikan diri pada bibit melati di kebun yang hendak dijadikan tempat budidaya tumbuhan.

Kemudian berikan pupuk pada tanah antara lain pupuk 3 Gr TSP serta 2 Gr KCI buat tiap tumbuhan yang di tanam.

Wujud lubang tanam buat pemindahan bibit melati dari polybag ataupun pot ke media tanam, tiap lubang taruh satu bibit melati.

Kemudian padatkan sisi tanah yang di tanam bibit biar pangkal dapat berhubungan langsung dengan tanah.

Buat jarak tiap bibit melati itu bergantung dari kebutuhan biar nampak indah, jangan sangat dekat serta jangan sangat jauh. Hendaknya atur jarak hampir 1-2 M.

Penyulaman

Penyulaman merupakan proses penggantian tumbuhan yang mati sebab cacat ataupun keracunan dengan bibit tumbuhan yang baru.

Bila penyulaman dicoba hendaknya satu bulan sehabis tumbuhan melati di tanam. Penyulaman hendaknya dicoba seawal mungkin supaya memudahkan dikala perawatan bunga melati.

Baca Juga:  Manfaat Lidah Buaya

Waktu buat melaksanakan penyulaman pada pagi ataupun sore hari, dikala sinar matahari tidak sangat panas serta temperatur udara nampak baik.

Penyiangan

Pada dikala tumbuhan telah di tanam lebih dari satu bulan, periksalah pada bagian dekat media tanam bunga umumnya ada gulma-gulma yang berkembang.

Singkirkan gulma tersebut sebab gulma hendak mengusik proses perkembangan bunga melati.

Pemupukan

Proses pemupukan sepanjang 3 bulan sekali, pupuk yang digunakan merupakan pupuk urea sebanyak 300-800 Kilogram per tahun.

Pupuk diberikan di dekat parit antara tajuk serta tumbuhan dengan kedalaman dekat 10-20 Centimeter.

Pupuk yang diberikan tadi tutup memakai tanah. Proses pemupukan hendaknya dicoba bertepatan dengan proses pemangkasan bunga melati.


Pengairan

Pada dikala waktu awal menanam bunga melati hendaknya sajikan pasokan air yang lumayan buat bulan kesatu serta kedua. Pengairan dicoba 1-2× tiap hari pada waktu pagi serta sore hari kecuali hari hujan.

Metode penyiraman yang benar merupakan dengan menyiram bagian bunga serta media tanam sehingga air meresap hingga pangkal.

Jangan sangat banyak memberikan air sebab tumbuhan dapat membusuk setelah itu mati.

Pemupukan

Bunga melati merupakan bunga yang mayoritas berkembang dengan metode menjalar.

Pangkas bunga melati apabila telah menggapai ketinggian hampir 75 ataupun 90 Centimeter dihitung dari permukaan tanah.

Lakukanlah pemupukan yang baik dan balance tiap tahun supaya perkembangan bunga melati mudah. Buat pemupukan pakai pupuk N–P205–K2O dengan takaran 240 Gr per tumbuhan.


Panen bunga melati

Pada biasanya, bunga melati hendak berbunga dikala berusia 8-12 bulan semenjak penanaman diawali. Buat dapat di panen tiap hari, bunga melati wajib telah menggapai usia 5-10 tahun.

Bunga melati hendak berbunga sepanjang 3 bulan. Waktu panen hendaknya dicoba pada waktu pagi ataupun sore ataupun dikala cahaya matahari tidak sangat panas serta temperatur hawa nampak baik.

Panen bunga melati dapat dicoba sepanjang 1-2 minggu awal panen. Sehabis itu bunga melati yang dapat di panen jadi sedikit sehabis 2 bulan lalu melati hendak kembali berbunga dengan jumlah yang baik.

Proses perkembangan bunga melati

Bunga melati memerlukan curah hujan 112-119 milimeter per bulan ataupun 6-9 hari hujan per bulan. Serta bunga memerlukan udara masa 3-5 bulan kering serta 5-6 bulan basah.

Kala siang hari bunga melati memerlukan temperatur hawa 28-36°C serta temperatur udara pada malan hari antara 24-30°C. Bunga melati memerlukan kelembapan udara hampir 60-80%.

Bunga melati pula memerlukan cahaya matahari yang tidak sangat panas serta temperatur udara yang baik.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Melati, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.