Cara Menanam Kencur Untuk Pemula (Sukses)

2 min read

Cara Menanam Kencur Untuk Pemula (Sukses)

Cara Menanam Kencur Untuk Pemula (Sukses) – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang cara menanam kencur untuk anda yang masih pemula, yang mana pada kesempatan kali ini akan di jelaskan secara singkat dan terperinci melalui artikel berikut ini :

Cara Menanam Kencur Untuk Pemula (Sukses)

Kencur atau dalam bahasa latinnya (Kaemfaria Galanga) adalah salah satu jenis tanaman obat atau herbal yang mudah untuk dibudidayakan. Kencur dapat tumbuh di dataran rendah maupun di dataran tinggi, dengan syarat memiliki tanah yang subur dan tidak terlalu banyak kadar air.

Manfaat Kencur

Sebelum membahas tentang cara menanam kencur, sebaiknya terlebih dahulu kita mengenal lebih jauh manfaat dari kencur itu sendiri. Kencur memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, karena mengandung berbagai nutrisi yang biasanya dijadikan sebagai pengobatan tradisional sejak dahulu kala, terutama di Asia Tenggara.

Ada beberapa nutrisi yang terkandung dalam kencur diantaranya adalah zinc, borneol, ethyl aster, paraeumarin, asam sinamat, protein, serat, kalium, fosfor, magnesium, zat besi, mangan, dan nikel.

Kencur bisa dijadikan sebagai jamu atau dapat dikonsumsi secara langsung, yang bermanfaat bagi tubuh diantaranya adalah menambah nafsu makan, mengatasi perut kembung, mencegah radikal bebas, mengobati batuk, mengatasi pilek, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu banyak petani yang membudidayakan kencur sebagai salah satu penghasilan tambahan sebab kencur juga banyak peminatnya. Berikut adalah proses menanam kencur yang harus anda lakukan.

Lahan Tanam

Langkah yang pertama adalah anda harus mempersiapkan lahan tanam sebaik mungkin, Jenis tanah yang baik untuk menanam kencur adalah tanah dengan stuktur remah serta kaya humus, selain itu tanah lempung berpasir maupun berliat juga cukup bagus.

Baca Juga:  Bunga Dahlia : Cara Menanam, Jenis, Persiapan Dan Perawatan

Gemburkan tanah yang akan dijadikan sebagai lahan tanam dengan menggunakan cangkul, buatlah gulutan dengan lebar kurang lebih 1 atau 2 m dengan panjang sesuaikan dengan lahan anda. Campurlah tanah tersebut dengan pupuk kandang dengan dosis sekitar 10 ton per hektar.

Penanaman Bibit Kencur

Penanaman bibit kencur dapat diperoleh dari rimpang kencur yang sudah tua, bibit kencur juga dapat ditanam dengan 2 cara yaitu langsung tanam atau ditunaskan terlebih dahulu.

Cara langsung tanam biasanya dilakukan dengan cara memotong rimpang yang masih segar dengan panjang sekitar 4 cm lalu ditanam langsung pada lahan yang sudah disiapkan terlebih dahulu.

Sedangkan dengan cara ditunaskan biasanya dilakukan dengan cara rimpang yang masih segar di potong dengan panjang 4 cm, setelah itu di simpan pada tempat yang kering,tidak panas serta tidak terlindungi biarkan sekitar 1 hingga 2 minggu sampai tunas muncul, lalu tanam pada lahan yang sudah disiapkan.

Perawatan

Untuk memperoleh hasil panen yang melimpah, maka lakukan perawatan dengan optimal. Tanaman kencur tidak begitu sulit dalam perawatannya. Berikut ini adalah perawatan yang harus anda lakukan.

  • Penyiraman, Penyiraman wajib anda lakukan pada awal penanaman apalagi penanaman dimusim kemarau, maka lakukan penyiraman dengan menggunakan spray dipagi dan sore hari.
  • Penyiangan, Penyiangan dilakukan biasanya pada minggu ke 3 sampai ke 4, atau tergantung dengan kondisi lahan. Penyiangan bertujuan untuk membersihkan dari tumbuhan liar yang dapat menggangu proses pertumbuhan tanaman inti.
  • Pemupukan, Pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk kandang atau menggunakan pupuk urea, KCL dan TSP. Pemupukan dilakukan pada usia tanaman sudah tumbuh daun dengan sempurna.
  • Penggemburan, Penggemburan tanah perlu dilakukan bertujuan untuk mempermudah penyerapan tanaman pada unsur hara dalam tanah.
Baca Juga:  Cara Menanam Temulawak Untuk Pemula (Sukses)

Hama dan Penyakit

Hama yang sering menyerang tanaman kencur adalah ulat pemakan daun, ulat tersebut dapat anda tangani dengan menyemprotkan insektisida. Sedangkan penyakit yang sering menyerang adalah penyakit busuk umbi yang disebabkan oleh bakteri.

Pemanenan

Pemanenan dapat dilakukan pada usia 8-12 bulan, Masa panen biasanya di tandai dengan dau tanaman yang menguning dan sudah mulai berjatuhan atau gugur.

Pemanenan dilakukan dengan cara menggali atau membongkar rimpang dengan menggunakan cangkul atau dengan peralatan yang lain, lalu patahkan atau potong rimpang tersebut, sisa dari potongan rimpang dapat dijadikan untuk masa tanam berikutnya.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Kencur Untuk Pemula (Sukses) yang dapat dijelaskan dengan singkat dan terperinci oleh berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya slamat mencoba semoga sukses dan trimakasih.