√ Cara Menanam Jeruk Nipis Agar Berbuah Lebat (Panduan Lengkap)

2 min read

√ Cara Menanam Jeruk Nipis Agar Berbuah Lebat (Panduan Lengkap)

Cara Menanam Jeruk Nipis Agar Berbuah Lebat (Panduan Lengkap) – Hai sobat berkebun.co.id kali ini kita akan membahas mengenai cara menanam jeruk nipis agar berbuah lebat yang akan di bahas secara lengkap melalui artikel berikut ini :

Cara Menanam Jeruk Nipis Agar Berbuah Lebat (Panduan Lengkap)

Mungkin kita semua sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini, yaitu Jeruk nipis atau juga dikenal dengan nama latin Citrus Aurantifolia buah ini adalah salah satu buah yang banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Karena selain bisa dijadikan salah satu bahan dasar minuman penyegar, penyedap makanan jeruk nipis ternyata juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Seperti misalnya:  sakit gigi, batuk, sariawan, ambeien dan masih banyak lagi khasiat dari buah jeruk nipis ini.

Buah jeruk nipis memiliki bentuk yang bulat seperti telur, dan memiliki warna hijau hingga kuning jika buah matang. Di dalam kulit buah jeruk nipis terdapat minyak atsiri, yang biasanya digunakan sebagai bahan atau bibit minyak wangi.

Untuk daging buah jeruk nipis memiliki warna putih kehijauan, dan banyak sekali mengandung vitamin C,  rasanya sangat asam karena memiliki banyak asam sitrat pada buah jeruk nipis.

Untuk tanaman jeruk nipis ini dapat tumbuh di berbagai jenis tanah, mulai dari lempung berpasir atau tanah liat. Dalam tanah dengan kisaran pH 5,5-7,5 dianggap sangat ideal untuk pertumbuhan. Namun tanaman jeruk ini juga dapat tumbuh di kisaran pH 4,0-9,0.

Baca Juga:  Cara Menanam Pakcoy Secara Hidroponik Sukses (Panduan Lengkap)

Jika anda ingin membudidayakan buah jeruk nipis ini, berikut adalah cara menanam jeruk nipis dengan baik dan benar :

1. Bibit Jeruk Nipis

Untuk menanam tanaman ini anda bisa mendapatkan dengan 3 cara yakni vegetative, generative, dan gabungan keduanya. Cara pembibitan secara generative adalah dengan biji jeruk nipis yang sudah benar-benar tua. Biji-biji jeruk nipis tersebut dikeringkan dengan cara diangin-anginkan kemudian disemaikan. Namun cara ini memiliki kekurangan yakni pohon jeruk nipis akan berbuah dalam waktu yang cukup lama yakni kurang lebih 5 tahun. Tetapi cara ini akan membuat pohon tanaman yang lebih kokoh dan bisa lebih besar.

Sementara itu untuk cara vegetative dilakukan dengan mencangkok ranting atau cabang tanaman jeruk nipis yang unggul, lalu anda bisa menanamnya di lahan.

2. Penanaman Bibit Jeruk Nipis

Untuk melakukan penanaman bibit jeruk nipis sebaiknya anda sudah menyiapkan lahan yang sudah diolah sebelum melakukan proses penanaman. Pastikan lahan tanam subur dan bebas dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Buatlah lubang untuk menanam bibit jeruk nipis berukuran 80 x 80 x 80 cm. Anda bisa diamkan lubang tanam tersebut selama kurang lebih 3 minggu. Setelah itu masukkan pupuk kompos sekitar 20 kg untuk tiap lubang tanam, biarkan selama 1 minggu. Setelah itu bibit pun siap untuk ditanam. Jarak tanam dapat dibuat 5 x 5 meter.

3. Perawatan Jeruk nipis

Dalam melakukan perawatan jeruk nipis jika lahan yang digunakan untuk menanam jeruk nipis tidak terlalu subur, maka pemupukan dapat dilakukan secara teratur dan berkelanjutan setiap 2-3 bulan dengan pupuk kompos. Selain pupuk kompos anda juga bisa menggunakan pupuk TSP, Urea, KCL, dan pupuk jenis lainnya yang ada di toko-toko pupuk di kota anda. Jika lahan tanam yang tergolong subur, maka pemupukan lanjutan bisa dilakukan ketika tanaman tersebut sudah berusia sekitar 3 tahun.

Baca Juga:  Kelapa Sawit : Proses Cara Tanam Sawit yang Baik dan Benar

Gulma juga harus bersihkan secara rutin agar tanaman jeruk nipis tidak terganggu dalam pertumbuhannya. Jika tanaman jeruk nipis sudah berbunga dan berbuah, lakukan penyiraman secara teratur. Anda dapat membuat lubang di sekitar pohon dengan kedalaman antara 10-15 cm dengan jarak 40 – 50 cm dari pohon.  Lalu anda dapat menuangkan air ke lubang tersebut untuk tanaman jeruk nipis.

Pemangkasan sangat perlu dilakukan supaya tanaman memiliki bentuk simetris. Cara ini akan membuat tanaman dapat menyerap sinar matahari secara maksimal dan dapat mengendalikan dari serangan hama maupun penyakit. Lakukan pemotongan pada batang tanaman yang sudah memiliki tinggi sekitar 60 cm. Agar batang tersebut akan menumbuhkan tunas baru. Untuk dijadikan sebagai batang utama, pilih sekitar 3 atau 4 tunas dan buang tunas lainnya.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Jeruk Nipis Agar Berbuah Lebat (Panduan Lengkap) yang dapat dijelaskan dengan terperinci oleh berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi pembacanya selamat mencoba semoga berhasil dan trimakasih.

Bunga Tulip Di Indonesia

admin
3 min read

Cara Menanam Lengkuas

admin
3 min read

Manfaat Pare Belut

admin
2 min read