Cara Mempercepat Ayam Bertelur : Trik Mudah Ayam Kampung dan Ayam Petelur

3 min read

Cara Mempercepat Ayam Bertelur : Trik Mudah Ayam Kampung dan Ayam Petelur1

Cara Mempercepat Ayam Bertelur : Trik Mudah Ayam Kampung dan Ayam Petelur – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Mempercepat Ayam Bertelur .

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :

Cara Mempercepat Ayam Bertelur : Trik Mudah Ayam Kampung dan Ayam Petelur


Saat ini, berkat teknologi di bidang ternak yang sangat maju, masa panen dapat dipangkas sedemikian rupa sampai 1 bulan budidaya dapat panen, contohnya pada ayam broiler.

Teknologi rekayasa genetis pada ayam broiler dengan merekayasa genetis dan injeksi hormon perkembangan membuat ayam broiler memiliki energi perkembangan yang sangat kilat dalam hanya 1 bulan beratnya .

Tak jauh berbeda dengan ayam kampung, supaya cepat bertelur kembali perlu di lakukan beberapa langkah bila ingin tingkatkan produktivitas telur dalam ternak ayam kampung


Metode Mempercepat Ayam Kampung Bertelur

Berikut beberapa langkah- langkah yang perlu di perhatikan bila ingin ayam kampung cepat bertelur kembali diantaranya semacam berikut ini:

  • Nutrisi Makanan

Dikala ayam masuk masa produktif ialah usia ayam dekat 5 bulan keatas, bagikan santapan yang besar nilai nutrisinya. Dalam ransum  memiliki air, karbohidrat, lemak, mineral, vit serta protein.

Santapan yang memiliki protein besar merupakan siput ataupun bekicot. Kamu Tinggal memotong jadi dimensi yang kecil buat mempermudah ayam menyantapnya.

  • Menyapih anak ayam

Pemberian makan minimun diberikan 2 kali dalam satu hari. Ini buat melindungi supaya ayam tidak kekurangan konsumsi nutrisi bergizi.

Ayam yang lagi mengurus anak ayam akan menyudahi bertelur beberapa waktu. Apabila kamu mempunyai mesin penetas telur, ayam tidak butuh mengurus anaknya ayam.

Sehabis menetaspun tidak butuh mengurus sebab nanti hendak dimasukkan dalam boks spesial serta diberi lampu 40 watt. Dengan begitu ayam akan terus- meneus bertelur.

Apabila tidak memiliki mesin penetas, kala anak ayam menetas langsung dipisah serta diletakkan dalam kotak yang diberi lampu 40 watt supaya senantiasa hangat. Dengan demikian ayam akan bertelur kembali.

Bila kita kalkulasi ayam bertelur umumnya dekat 15 butir yang tidak pasti bertelur per hari. Setelah itu mengerami sepanjang 21 hari, mengurus anak- anaknya dekat 100 hari.

Baca Juga:  Cara Ternak Anak Ayam Baru Menetas Agar Tidak Cepat Mati (Panduan Lengkap)

Jadi dalam 1 tahun ayam cuma hadapi masa penciptaan dekat 2, 5 kali saja. Dengan jumlah dekat 37 butir telur per tahun. Pasti ini kurang menguntungkan untuk para peternak.

Bila kita memakai mesin penetas, waktu yang digunakan ayam buat mengerami diambil alih oleh mesin mesin penetas. Jadi ayam cuma bertugas bertelur saja.

Bila kita secara optimal dalam perawatan, ayam menghasilkan 123 telur per tahun. Sesuatu jumlah yang besar dibanding dikala perawatan biasa yang cuma 37 telur saja.

Cara Mempercepat Ayam Bertelur : Trik Mudah Ayam Kampung dan Ayam Petelur1

  • Memandikan ayam

Ayam sehabis bertelur lumayan banyak, umumnya telah menampilkan isyarat hendak mengeram. Bila kita mau ayam tersebut terus bertelur, kamu harus memandikan ayam tersebut tiap pagi sepanjang 4 hari berturut- turut.

Sehabis dimandikan lekas lepas diumbar diluar kandang. Umumnya seminggu sehabis proses pemandian, ayam tersebut dapat bertelur kembali.

  • Kawin Silang

Ayam yang berasal dari generasi yang tidak unggul hendak menciptakan generasi yang rendah dalam berproduksi. Hingga butuh dicoba pernikahan silang supaya anak yang dihasilkan memiliki produktivitas bertelur yang besar.

Sebagian contoh ayam yang memiliki produktivitas telur yang besar merupakan ayam Arab. Pada kawin silang kita harus mengenali alur generasi dari ayam yang kita kawin silangkan supaya  menciptakan bibit yang unggul.

Sebaliknya ayam Pelung memiliki bentuk badan yang besar sesuai buat pedaging. Perkawinan silang antara ayam Pelung serta ayam petelur yang menciptakan ayam Joper yang ayam besar telur serta dagingnya.

  • Kawin Suntik

Kawin suntik belum begitu universal digunakan dalam warga. Biasanya kawin suntik digunakan pada hewan sapi. Pada kawin suntik, Kita memohon supaya ayam kita disuntik dengan bibit yang berasal dari bibit ungul.

  • Modifikasi Kandang

Biasanya ayam kampung diumbar dalam area kandang yang luas. Tetapi agar ayam berproduksi lebih banyak, butuh dibuatkan kandang semacam pada ayam petelur.

Jadi ayam tidak banyak bergerak jadi tenaga yang dikeluarkan hendak lebih sedikit. Dengan begitu ayam akan fokus bertelur.

Disamping itu ayam yang terbuat dalam kandang terbatas, santapan lebih tertib serta terkendali kebersihan serta isi gizinya.

  • Pemberian Vaksinasi

Disamping itu ayam butuh diberikan vaksinasi misalnya ND( Newcastle Disease) buat menanggulangi penyakit sampar ataupun tetelo.

Jauhi pemakaian obat- obatan yang memiliki bahan kimia. Bila memanglah sakit, lekas dikarantina serta bila membolehkan diatasi dengan obat- obatan alamiah.

Baca Juga:  Cara Menanam Bambu Air : Prosedur, Pengolahan Dan Perawatan

Obatan alamiah tidak memiliki dampak samping terhadap penciptaan daging, telur yang dihasilkan oleh ayam. Selagi penggunannya tidak kelewatan pastinya.

  • Umur Ayam

Umur yang sangat baik buat bertelur adalah ayam yang telah berusia 8 bulan. Sehabis 8 bulan ayam senantiasa bisa berproduksi namun jumlahnya terus menjadi menyusut.

Metode Mempercepat Ayam Petelur Bertelur

Pertanyaannya berikutnya bagaimana dengan teknologi rekayasa genetis pada ayam petelur,agar dapat bertelur banyak juga?

Dapat dikatakan kalau pelaksanaan bioteknologi pada penciptaan ayam petelur tidak se ekstrim pada ayam broiler. Perihal ini menimbulkan masa penciptaan ayam petelur lumayan lama nyaris separoh dari ayam kampung.

Lamanya masa ini membuat banyak peternak kita mencari metode buat memprcepat ayam bertelur, tetapi sayang metode natural ada buat mempercapat periode ayam perkembangan ayam petelur( starter, grower serta layer).

Tetapi bersumber pada analisa kebutuhan pakan supaya ayam bisa bertelur secara maksimal perlu kecukupan gizi untuk ternak ayam petelur buat bisa bertelur dengan baik serta maksimal.

Bahan pakan yang sesuai dikombinasikan pada tiap periode perkembangan ayam petelur, misalnya saja pada periode( masa) starter( usia 0– 4 minggu) hingga seekor anak ayam petelur memerlukan nutrisi.

Nutrisi yang di butuhkan diantaranya karbohidrat sekitar 3000 kkl/ kilogram protein agresif 20%, serat agresif 5%, abu 5%, kalsium, 1% serta fosfor dekat 0, 5%.

Dari komposisi kebutuhan tersebut hingga kita bisa menyusun pakan anak ayam petelur sedemikian rupa supaya penuhi standar kebutuhan nutrisi pada ayam petelur.

Dengan metode ini hingga peternak diharapkan mampu tingkatkan poduksi telur secara maksimal, kecepatan bertelur tidaklah utama , yang terutama merupakan kesehatan ternak dan mutu telur yang dihasilkan.

Ada pula sumber- sumber bahan santapan ayam peteleur cocok kebutuhan nutrisi diatas:

  • Karbohidrat: Jagung, sagu serta umbi- umbian( talas)
  • Protein agresif: bungkil kedelai, ampas ketahui, serta tepung ikan/ tulang
  • serat agresif: Dedak, bekatul, dll
  • lemak agresif: bungkil kelapa, minyak nabati serta lain- lain
  • Abu: Tepung ikan, tulang.
  • fosfor: Tepung tulang, tepung ikan

Demikian ulasan mengenai Cara Mempercepat Ayam Bertelur : Trik Mudah Ayam Kampung dan Ayam Petelur ,yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Cara Merawat Bunga Melati

admin
2 min read

Cara Merawat Bunga Anggrek

admin
2 min read

Cara Merawat Bunga Mawar

admin
3 min read