Panduan Sukses Pemula Cara Memelihara Ikan Mujair

2 min read

Panduan Sukses Pemula Cara Memelihara Ikan Mujair

Panduan Sukses Pemula Cara Memelihara Ikan Mujair – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Asam Jawa. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Panduan Sukses Pemula Cara Memelihara Ikan Mujair


Ikan Mujair memiliki nama latin( Oreochrom is mossambicus) ialah sejenis ikan budidaya air tawar yang tergolong salah satu jenis ikan komsumsi yang dikenal masyarakat.

Nama Ikan mujair ini diambil dari nama penemunya yakni bapak mujair yang diklaim dini kali ditemui di sungai Serbu blitar, Jawa Timur, tahun 1939.

Ikan Mujair ini sendiri banyak dipilih masyarakat buat dimakan karena memiliki rasa yang lezat, gurih, tidak amis dan mudah di dapat.

Gizi yang terdapat pada daging ikan mujair ini sebetulnya cukup lengkap, antara lain semacam vit, mineral, lemak, karbohidrat, kalsium dan protein. Tidak cuma itu ikan mujair pula mempunyai zat zat lain semacam omega3, selenium, fosfor, kalium, vit A, B1, B12, B3, B6, dan B5 yang sangat di butuhkan oleh tubuh.


Langkah Cara Pemilihan Bibit Ikan Mujair

Kriteria badan sempurna bibit ikan mujair:

  • Pertumbuhan dan perkembangan yang sangat bagus dan kilat.
  • Memiliki nafsu makan yang besar.
  • Tahan terhadap berbagai parasit, hama maupun serbuan penyakit.
  • Minimal beratnya ialah 100 gr.

Perbandingan raga indukan jantan dan betina:

  • Indukan Jantan;
    • Mempunyai 2 lubang pada bagian urogenetial.
    • Yakni bagian anus dan lubang sperma yang pula merangkap bagaikan lubang urine.
    • Ujung sirip bercorak kemerah merahan terang dan jelas.
    • Bagian perut bercorak lebih gelap maupun kehitam hitaman.
  • Indukan Betina;
    • Mempunyai 3 lubang pada bagian urogenetial.
    • Tendiri dari lubang anus, lubang buat menciptakan sel telur yang terpisah dari lubang urine.
    • Ujung sirip bercorak kemerah kemarah pucat dan tidak jelas.
    • Bagian perut bercorak putih.
    • Dagu bercorak putih.
    • Apabila perut distriping tidak menciptakan cairan.
Baca Juga:  Manfaat Brotowali

Langkah Cara Memelihara Ikan Mujair

Di dasar ini yakni tata cara memelihara ikan mujaer yang baik dan benar supaya populasinya berkembang dengan pesat.

  • Membuat kolam ikan mujaer

Supaya lebih mudah dan hemat bayaran Kalian dapat membuat kolam ikan mujaer dari terpal. Mengenai ukuran bisa disesuaikan dengan jumlah ikan dan luas lahan.

Pada umumnya kolam berbentuk persegi panjang dan dilengkapi dengan kayu di bagian sudut bagaikan penyangga.

Jangan langsung isi kolam dengan air, melainkan keringkan sejauh 2- 3 minggu. Selanjutnya, lakukan pengapuran buat melenyapkan hama penyakit.

Sehabis sebagian hari sehabis itu, tambahkan pupuk urea maupun pupuk kandang sebanyak 50- 70 gram bagaikan perangsang tumbuhnya organimesme( santapan alami ikan).

  • Pemijahan induk buat memperoleh benih

Sebetulnya Kalian dapat memperoleh benih dari pembudidaya bibit. Namun, biar kualitasnya terjamin sebaiknya lakukan sendiri pemijahan induk.

Caranya, buat kolam pembenihan seluas 3×4 meter dan kedalaman 60 cm, setelah itu tambahkan lumpur halus ke bagian dasar bagaikan sarang ikan nantinya. Pilih induk betina dan jantan terbaik dengan perbandingan 3: 2.

Sejauh proses pembuahan induk betina hendak menyimpan sel telur di mulutnya.

Sehabis itu, terjalin masa inkubasi sejauh 3- 5 hari hingga akhirnya menetas. Disaat larva ikan berumur 2 minggu, pisahkan dari induknya.

  • Melepas bibit ikan mujair

Lakukan penyebaran bibit ikan mujaer ke dalam kolam terpal disaat sore hari. Kalian tidak perlu khawatir apabila sebagian hari dini hendak ada 3- 4 ekor ikan yang mati.

Namun, apabila jumlahnya lebih dari 3- 4 ikan per harinya, Kalian perlu mencari faktor dan lekas melakukan aksi.

Panduan Sukses Pemula Cara Memelihara Ikan Mujair


Perawatan Ikan Mujair

Pemeliharaan ikan mujaer meliputi pemberian pakan dan mengelola airnya.

Baca Juga:  Budidaya Lele Untuk Pemula (Pengetahuan Lengkap)

Mengenai pemberian pakan, pada dasarnya ikan mujaer sudah mendapatkan santapan alami dari organisme yang ada di dalam kolam. Namun, buat memesatkan pertumbuhannya Kalian wajib bagikan makan bonus.

Santapan bonus tersebut berupa pellet berprotein 30% sebanyak 2- 3% dari berat ikan. Tidak cuma itu, jenis pakan boleh diselingi dengan tepung kopra, dedak halus, maupun tepung ikan.

Lakukan pemberian pakan 3 kali satu hari secara tertib. Tidak boleh terlewatkan ialah melindungi kondisi air tetap sempurna, yakni bersuhu 28- 30 derajat celcius. Jangan kurang ingat pula buat mengganti air sangat tidak 3 minggu sekali.

Demikian ulasan mengenai Cara Memelihara Ikan Mujair , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih