Tips Cara Membuat Bonsai Kedondong Untuk Pemula

3 min read

Cara Membuat Bonsai Kedondong

Tips Cara Membuat Bonsai Kedondong Untuk Pemula – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Membuat Bonsai Kedondong . Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Tips Cara Membuat Bonsai Kedondong Untuk Pemula


Kedondong ialah tanaman buah yang tergolong ke dalam suku mangga- manggaan( Anacardiaceae). Biasanya dalam bahasa inggris menyebutnya dengan Ambarella, Ataheitte apple/ Great hot plum.

Kedondong ini yakni tanaman buah yang umumnya banyak sekali terdapat di seluruh daerah tropis dan tercantum kedalam angiospermae.

Kedondong Bangkok yakni jenis unggul yang biasa di tanam para petani. Tidak cuma ini jenis kedondong unggul yang lain ialah kedondong Konden di Karimun Jawa.

Disaat ini sudah banyak budi tenaga tanaman kedondong Bangkok buat di jadikan tanaman buah dalam pot.

Buah kedondong dapat dimakan langsung dalam kondisi segar, maupun sering pula diolah jadi rujak, asinan, acar maupun dijadikan selai.

Buah ini memiliki biji tunggal yang berserabut. Daun dijadikan penyedap dalam pembuatan pepes ikan.

Batang tanaman kedondong memiliki karakteristik berkulit tebal dan mudah patah. Pupus daun dan kedondong muda mempunyai rasa asam sehingga sering dijadikan sayur- mayur maupun penyedap masakan buat orang jawa.

Kedondong maupun( Spondias dulcis) ialah tanaman buah yang masuk di dalam famili Anacardiaceae.

Buah kedondong ini mempunyai 2 rasa yakni masam dan segar, sehingga sering diolah jadi rujak maupun manisan.

Kebalikannya daunnya yang beraroma semerbak sering dipakai bagaikan penyedap masakan, sangat utama pada disaat memasak pepes ikan.

Tanaman kedondong ini mempunyai kemampuan buat tumbuh hingga mencapai ketinggian 2- 3 meter lo bro. Buahnya yang masih muda bercorak hijau, bertekstur keras, dan mempunyai getah.

Dan buah yang telah matang hendak berubah warna jadi hijau kekuningan sampai matang jadi kuning kecoklatan, serta memiliki tekstur yang agak empuk.

Biji kedondong berbentuk menyerupai serabut pangkal yang tertanam di dalam daging buah. Sebagian pencinta bonsai kerap menjadikan kedondong bagaikan tanaman bonsai.

Kedondong( Spoindas duicis) ialah tanaman yang tercantum ke kelompok eAngiosperma. Kebanyakan orang menguasai buah ini karena buahnya biasa dimanfaatkan buat rujak dan manisan.

Tanaman kedondong tercantum tanaman berakar tunggang. Batang tanaman kedondong ialah batang berkayu.

Baca Juga:  Bonsai Kamboja : Cara Menanam, Cara Menjaga Dan Berbunga Lebat

Daun tanaman kedondong tercantum ke daun bertulang menyirip dengan struktur tulang yang besar. Bunga tanaman kedondong tercantum ke bunga majemuk semacam tanaman jeruk.

Warna bunganya ialah putih kekuningan. Pohonnya dapat mencapai ketinggian 20 m. Buah kedondong umumnya berbentuk bulat lonjong bercorak hijau pada kulitnya.

Warna kulit buah ini bisa berubah jadi kuning disaat sudah masak. Biji buah kedondong mempunyai banyak serabut.


Syarat Tumbuh Kedondong

Tanaman ini tetap dapat tumbuh di tanah di daerah batu kapur maupun tanah berpasir yang asam asalkan sistem pengairannya baik dan gampang.

Tanah yang cocok buat ditanami tanaman kedondong ialah tanah yang porous, gembur, dan kaya hendak humus. Derajat keasaman( pH) tanah yang sesuai dengan karakteristik tanaman kedondong berkisar antara 5, 5- 6, 2.

Tanah dengan isi air tanah sejauh 50- 200 cm lebih disukai oleh tanaman kedondong biar hasil panennya bisa melimpah.

Tanaman kedondong dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis. Curah hujan yang dibutuhkan oleh tanaman kedondong berkisar antara 1. 000- 1. 500 mm per tahun.

Tanaman ini mempunyai cabang yang rapuh dan mudah patah sehingga kecepatan rata- rata anginnya tidak boleh sangat kuat.

Tanaman kedondong dapat tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah dengan ketinggian 0- 650 mdpl.

Dareah ini hendak bagikan keleluasaan buat tanaman kedondong buat menerima intensitas penyinaran matahari sebanyak 40 persen sebab tanaman ini membutuhkan cahaya matahari sejauh masa pertumbuhannya.

Temperatur hawa yang cocok buat zona tanaman kedondong berkisar antara 30- 400C, kebalikannya kelembaban hawa yang cocok buat zona tanaman kedondong berkisar antara 14- 20 persen.


Langkah cara Membuat Bonsai Kedondong


  • Langkah 1: Pengadaan Bibit

Jenis kedondong yang sangat bagus buat dijadikan bonsai ialah kedondong hutan. Sehabis itu tanaman tersebut diperbanyak dengan tata cara sambung pucuk bersama kedondong bangkok bagaikan entres.

Pilih bonggol kedondong hutan yang memiliki dahan yang berdiameter 6- 8 cm dan bentuknya berlekuk- lekuk. Sehabis itu pangkas bagian- bagian tanaman yang tidak perlu.

Sehabis itu, siapkan pula entres yang berasal dari kedondong bangkok. Sama semacam bonggol, pemilihan entres pula sebaiknya yang mempunyai banyak alur dan usianya sudah cukup tua.

Sehabis dipotong dengan pangkal yang berbentuk lancip, Kalian bisa menyambungkannya dengan bonggol di atas.

  • Langkah 2: Penyiapan Pot

Kami menyarankan konsumsi pot tanah liat bagaikan wadah penanaman karena pot ini mampu melindungi kelembaban tanah dengan baik.

Sebaiknya gunakan pot yang bentuknya melebar sehingga bonsai terlihat balance dan keindahannya bisa dinikmati mulai dari bagian pangkal tanaman.

Baca Juga:  Cara Merawat Bonsai Serut

Pemilihan pot yang dihiasi dengan ornamen hendak tingkatkan nilai dari bonsai yang ditanam di atasnya.

Media tanam yang hendak digunakan buat memelihara kedondong ialah campuran tanah, pasir, dan pupuk kompos dengan perbandingan 2: 1: 1.

Bagian dasar pot diberi hamparan kerikil terlebih dahulu buat menahan media tanam biar tidak mudah hanyut terbawa air. Kebalikannya di bagian atasnya bisa ditanam moss bagaikan mulsa buat melindungi kelembaban hawa.

  • Langkah 3: Penanaman Bibit

Bibit bonsai kedondong yang sudah jadi kemudian dipindahtanamkan ke dalam pot. Sebelumnya, Kalian harus menyemai bibit tersebut terlebih dahulu sejauh 1 bulan biar ia mampu membiasakan diri dengan baik.

Proses penyemaian ini dicoba dengan mengenakan media berupa campuran pasir dan pupuk kompos yang dimasukkan ke dalam polybag. Siramlah tanaman masing- masing hari biar tumbuh produktif.

Tanaman kedondong ditanam ke pot pada waktu pagi maupun sore hari. Kalian bisa menyiram polybag sampai basah biar lebih mudah dalam melepaskan tanaman.

Sehabis itu, pangkas sebagian bagian pangkal yang dapat mengusik keelokan tanaman tersebut. Tanamkan bibit kedondong ini dengan posisi miring dekat 60 derajat biar tampilannya lebih menarik.

Cara Membuat Bonsai Kedondong

  • Langkah 4: Perawatan Tanaman

Sejauh masa pertumbuhan dini mulanya, biarkan tanaman kedondong tumbuh secara alami. Kalian bisa menyiramnya masing- masing 2 kali satu hari serta memberikan pupuk kandang seperlunya masing- masing sebulan sekali.

Sehabis tanaman ini terlihat sudah cukup produktif, Kalian bisa mulai memangkas sebagian cabang dan daun secara berkala. Tujuan yang utama ialah mengerdilkan bentuk tanaman tersebut.

Secara tidak langsung, pemangkasan pula berfungsi buat merangsang pertumbuhan buah kedondong.

Semacam tanaman mangga, kedondong sangat menggemari cahaya matahari. Tetapi curah hujan yang intensitasnya sangat besar dapat mengusik tanaman tersebut.

Pindahkan tanaman kedondong ke pot yang lebih besar masing- masing 2- 3 tahun sekali biar ia tetap bisa tumbuh dengan baik.

Bila bisa, hindari memetik buah kedondong yang tumbuh dari tanaman bonsai Kalian karena tenaga tarik utama dari bonsai kedondong terletak di buahnya.

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat Bonsai Kedondong , yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.