Cara Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal Mudah dan Praktis untuk Pemula (Sukses)

4 min read

Cara Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal Mudah dan Praktis untuk Pemula (Sukses)

Cara Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal Mudah dan Praktis untuk Pemula (Sukses) – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Cara Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal.

Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Cara Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal Mudah dan Praktis untuk Pemula (Sukses)


Ikan lele jadi salah ikan air tawar yang dijual dengan harga terjangkau.Namun, lele mempunyai isi gizi yang besar. Dalam 100 gr ikan lele ada 240 Kkal, 14, 5 gr lemak, 8, 5 gr karbohidrat, serta 17, 5 gr protein

Tidak hanya gizinya besar, ikan lele pula gampang dibudidayakan di rumah. Usaha ini mempunyai pasar yang luas, mulai dari golongan warga ekonomi rendah hingga menengah ke atas.

Tidak heran, ikan lele bisa ditemui di bermacam berbagai warung makan, kantin sekolah, dan restoran elegan. Pasar ternak lele yang luas membuat banyak pengusaha mulai membudidayakan ikan ini.

Salah satu metode yang bisa dimanfaatkan buat membudidayakan ikan lele yakni dengan memakai kolam terpal sebab dinilai lebih gampang, murah, dan menciptakan lele yang bermutu.


Langkah budidaya Lele Kolam Terpal

Berikut metode budidaya ikan lele di kolam memakai terpal, Diantaranya adalah seperti berikut :


  • Konstruksi kolam

Sesi utama dalam budidaya ikan lele merupakan wadah budidaya baik kolam tanah ataupun kolam terpal serta kali ini merupakan metode budidaya ikan lele di kolam terpal.

    •  Yakinkan kolam terpal telah dibersihkan terlebih dahulu dengan sabun serta bilas hingga bersih serta keringkan
    • Bentangkan terpal sampai berupa menyamai kolam. Biar dapat berdiri dengan tegak, terpal dapat disanggah dengan besi ataupun buat kolam dengan lapisan batako yang dilapisi terpal
    • Isi terpal dengan air sampai setinggi 20- 30 cm
    • Diamkan air di dalam terpal sepanjang 7- 10 hari buat pembuatan lumut serta fitoplankton. Sehabis itu tambahkan air dengan ketinggian kurang lebih 80- 90 cm
    • Sehabis air siap, tambahkan sebagian irisan daun pepaya serta singkong buat kurangi bau air kolam. Tujuannya supaya air bercorak hijau. air hijau buat menghindari bau yang diakibatkan sebab penguapan air kolam serta wajib dicoba 25% akumulasi serta penggantian air.

  • Pemilihan Benih Unggul

Benih unggul bisa kita amati dengan metode mencermati Identitas semacam: benih nampak aktif melaksanakan oksigenasi; gesit, kasar serta terang; dimensi nampak sama rata; serta corak sedikit lebih cerah.


  • Penebaran Benih

Siapkan benih 1000 lele dumbo/ sangkuriang dimensi 1, 5- 2 inci. Buat dimensi kolam 2m x 1m x 1m. bila budidaya yang di jalani dalam kuota yang besar hingga penebaran benih kita akumulasikan dengan perbandingan cocok syarat diatas.

Baca Juga:  Cara Ternak Ayam Kampung Bagi Pemula (Sukses)

Bibit yang baru dibeli jangan lekas dimasukkan ke dalam wadah ataupun kolam buat budidaya, tetapi wajib lewat sesi peredaman yang bisa membiasakan benih ikan dengan air di kolam habitat buat ikan di budidaya.

Langkah- langkah bagaikan berikut:

  • Siapkan bak/ ember;
  • Masukan air kolam yang hendak di peruntukan budidaya ikan kedalam ember/ bak;
  • Masukan benih lele yang hendak di tebar;

Diamkan 30 menit( tujuan supaya benih ikan melaksanakan penyesuain dengan air kolam bakal budidaya) serta buat menghilang tekanan pikiran ikan sehabis di pindahkan dari habitat penangkaran

Sehabis 30 menit benih bisa di tebar ke dalam kolam baik kolam tanah ataupun kolam terpal.Penebaran benih baik jalani pada pagi ataupun malam hari sebab di waktu pagi ataupun malam hari keadaan air relatip normal.

Sehabis lele berusia lebih dari 20 hari, lele butuh disortir dengan memakai bak penyortir berdimensi 9- 12 centimeter.

Sebabnya dicoba sortir sebab, ikan lele yang lebih kecil hendak susah buat memperoleh santapan sebab kalah kilat dengan yang lebih besar serta bisa memperlambat laju perkembangan ikan sebagian.

Oleh sebab itu, semenjak dini kita wajib mempersiapkan 2 kolam dimensi yang sama dengan tujuan buat memisahkan ikan yang telah di jalani sortir.

Apabila tidak memiliki posisi yang lumayan luas kita bisa mempersiapkan kolam buat ikan hasil sortir lebih kecil dari kolam budidaya. sebab cuma ikan yang kecil saja yang di pindahkan ke kolam hasil sortir( kolam kecil buat ikan yang kecil) serta kolam yang besar kita pakai buat ikan yang besar.

Perawatan Ikan Lele Kolam Terpal


  • Pengaturan Mutu air

Air kolam hendak menurun sebab proses penguapan hingga butuh tambahkan air hingga tingkatan air kembali ke posisi wajar. Pada tingkatan air 20 centimeter( bulan awal), 40 centimeter( bulan kedua), serta 80 centimeter( bulan ketiga).

Corak air yang terbaik untuk ikan lele bercorak hijau menampilkan kalau mutu air yang baik buat ikan lele. Lele tidak suka air jernih. Serta air hendak berganti merah ketikan ikan telah berusia buat siap panen.


  • Kedalaman air

Kolam jangan sangat dangkal sebab penguapan hendak membuat ikan jadi sangat panas. Pastinya ini hendak membuat ikan jadi keletihan serta mati.

Solusinya merupakan dengan meningkatkan air sudah surut kembali ke posisi yang sudah ditetapkan.Tidak hanya itu butuh buat meningkatkan tumbuhan air semacam kangkung, daun talas/ talas, serta eceng gondok.

Gunanya sebagai tumbuhan peneduh, tidak hanya itu pula bisa meresap toksin yang tercantum dalam air kolam. tingkatan air kolam 20 centimeter( bulan awal), 40 centimeter( bulan kedua), serta 80 centimeter( bulan ketiga).

Baca Juga:  Cara Memijahkan Ikan Patin : Pemilihan Induk, Penyuntikan Hormon, Pelepasan Telur dan Proses Penetasan

Cara Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal Mudah dan Praktis untuk Pemula (Sukses)

  • Tingkatan Kejernihan Air

Pada dasarnya lele tidak suka air jernih. Perihal ini bisa dilihat dari watak serta wujud badannya. pakan alam lele di malam hari menimbulkan lele tidak butuh penglihatan yang baik.

Perihal ini karna didukung dari wujud badan yang mempunyai kumis di dekat mulut. Guna ini bermanfaat buat meraba santapan.

Tidak hanya itu, sistem respirasi ikan lele memakai labirin, yang berarti bernapas lele tidak tergantung pada oksigen terlarut dalam air.

Dengan demikian, keadaan oksigen minimun lele bisa bertahan hidup air berlumpur tersebut. Walaupun ikan lele tidak suka air jernih, kita tidak dapat memasukan sembarangan air ke dalam kolam.

Dapat jadi kita memasukan air yang memiliki kuman serta parasit yang bisa menimbulkan penyakit. Sebagai penangkalnya ialah dengan membagikan daun semacam yang disebutkan di atas sehingga air bercorak hijau.


  • Pakan

Pakan dicoba 3 kali satu hari ialah jam 07: 00 pagi, 17: 00 serta 22: 00. Santapan tidak senantiasa wajib 3 kali satu hari, dapat jadi 4 kali, bergantung pada kebutuhan ikan hendak makan.

Dalam proses pakan budidaya ikan diberikan dengan memakai tipe sentrat ikan 781- 1 sebab di dalamnya memiliki nutrisi yang di butuhkan ikan protein minimun 35%, lemak 10- 16%, karbohidrat 15- 25%, vit serta mineral.

Pemberian pakan tidak boleh sangat kelewatan sebab hendak memunculkan bermacam berbagai tipe penyakit akibat pakan yang mengendap yang tidak termakan oleh ikan. hendak menimbulkan amonia beracun.

Pakan natural pula dapat di bagikan seprti Kroto .pakan ini hendak lebih efisien serta  sangat menguntungkan untuk budidaya ikan lele.


  • Pengendalian Hama serta Penyakit

Hama serta penyakit tidak dapat dikira remeh sebab sangat pengaruhi baik volume penciptaan. ataupun tingkatan keberhasilan dalam budidaya ikan. Hama umumnya berang- berang, burung pemakan ikan, kucing.

Penangkalan merupakan dengan memakai semacam penghalang sehingga tidak terdapat hewan liar yang masuk ke kolam serta makan benih lele.

Masa Panen Lele Kolam Terpal

Kurang lebih 90 hari, ikan bisa dipanen. Pemanenan dengan memilah ikan yang layak dijual dimensi umumnya 4 hingga 7 ekor per kilogram ataupun sesuai kemauan pembeli, dimensi yang lebih kecil dipelihara kembali.

Demikian ulasan mengenai Cara Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal Mudah dan Praktis untuk Pemula (Sukses), yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Menanam Kiwi Di Dataran Rendah

admin
2 min read

Daun Semangka Kuning

admin
2 min read