Bonsai Bringin : Cara Membuat, Proses, Menjaga, Pemupukan, Dan Pengendalian Hama

3 min read

Bonsai Bringin : Cara Membuat, Proses, Menjaga, Pemupukan, Dan Pengendalian Hama

Bonsai Bringin : Cara Membuat, Proses, Menjaga, Pemupukan, Dan Pengendalian Hama – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Bonsai Bringin. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Bonsai Bringin : Cara Membuat, Proses, Menjaga, Pemupukan, Dan Pengendalian Hama


Seni mengkerdilkan tumbuhan ataupun tumbuhan di dalam pot yang pertama kali muncul di China pada masa pemerintahan dinasti Tsin serta Tang, bonsai, sudah mengalami pertumbuhan pesat.

Saat ini nyaris tidak terhitung jumlah tumbuhan yang dapat dikerdilkan ke dalam pot dangkal, semacam bonsai beringin.

Tumbuhan beringin asli dengan dimensi yang besar memanglah diketahui sebagai tanaman pekarangan serta tanaman hias pot.

Beringin dapat dijadikan tumbuhan bonsai disebabkan gampang berkembang, mudah dibangun, tidak mudah mati, serta tampilan daunnya yang kecil dalam jumlah banyak (lebat) bisa dipangkas dengan gampang sehingga dapat dibuat model sesuai kemauan.


Cara Membuat Bonsai Beringin

Persiapan Perlengkapan Serta Bahan

Perlengkapan yang dibutuhkan ialah kawat stainless steel dengan ukuran 3 mm serta gunting tumbuhan buat kebutuhan pembuatan pola pada bagian batang bonsai.

Siapkan bonggol beringin yang berukuran lumayan besar serta media tanam berbentuk pot berukuran cocok dengan bonggol beringin.

Pembuatan media tanam serta pengisi

Dibutuhkan media pengisi pot yang memiliki struktur padat serta memiliki sedikit unsur hara. Media pengisi yang mempunyai kriteria tersebut ialah tanah yang dicampur pasir serta batu – batu kerikil kecil.

Proses Pemangkasan Bonsai Beringin

Saat sebelum kalian mulai menanam bonsai beringin, ada baiknya kalian memangkas terlebih dulu pangkal dari bonggolnya buat mengindari perkembangan pangkal yang kelewatan serta membuat ruang buat media tanam jadi menurun, sehingga nutrisi bonsai beringin malah susah terpenuhi.

Baca Juga:  Mengenal Jenis Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Padi

Tidak hanya pangkal, pangkas pula daun bonsai buat membantu menyesuaikan diri awal pada proses penanaman salah satu jenis tumbuhan hias ini.

Sehabis penanaman sukses, pemangkasan daun ini pula wajib selalu kalian lakukan pada bonsai beringin untuk membuatnya selalu nampak menawan serta apik.

Bonsai Bringin : Cara Membuat, Proses, Menjaga, Pemupukan, Dan Pengendalian Hama


Mulai Tanam serta Wujud Pohon

Setelah media tanam serta bonggol tumbuhan bonsai beringin siap, kalian dapat mulai menanam bonggol bonsai tumbuhan beringin yang kamu miliki.

Berikutnya, dengan kawat stainless steel berdimensi 3 milimeter yang telah kalian siapkan, mulailah membentuk pola dari bonsai beringin yang kalian mau dengan melilihkan kawat tersebut pada dari bagian bonggol sampai dahan – dahan serta membentuknya cocok pola bonsai yang kalian mau.

Lakukan proses pembuatan tumbuhan bonsai beringin ini dengan pelan – pelan serta hati – hati. Walaupun santai, buat lilitan dari kawat pada dahan tumbuhan bonsai beringin sekuat serta sekencang bisa jadi agar pola bonsai beringin lebih cepat tercipta.

Proses pembuatan tumbuhan bonsai beringin ini membutuhkan waktu yang lama serta tidak pasti, apalagi pada beberapa permasalahan dapat sangat lama. Jadi, jangan buru – buru melepas lilitan kawat pada tumbuhan bonsai beringin.

Saat kalian merasa pola telah mulai tercipta, lepaslah kawat pada tumbuhan bonsai beringin secara periodik satu per satu.

Sepanjang proses pembuatan ini, jangan lupa buat terus jalani pemangkasan daun bonsai beringin secara berkala memakai gunting spesial tumbuhan bonsai, paling utama saat kalian merasa perkembangan daun telah sangat banyak.


Cara Menjaga Bonsai Beringin

Ketelitian dan konsistensi merupakan kunci buat menjaga tumbuhan Bonsai Beringin yang terdapat di rumah Kamu supaya bisa berkembang dengan baik.

Jaga nutrisi Bonsai Beringin dengan berikan pupuk yang sesuai

Pemupukan ialah perihal penting dalam melindungi serta menjaga berkembangnya suatu tumbuhan. Perihal itu pula berlaku buat tumbuhan Bonsai Beringin.

Untuk urusan pupuk, Kamu tidak perlu repot – repot mencari merek tertentu, sebab Bonsai Beringin ini bisa sesuai dengan jenis pupuk apapun.

Tetapi perhatikan apa pupuk yang Kamu memiliki mempunyai isi nitrogen, fosfor, serta potassium. Ketiga zat kimia tersebut ialah faktor utama dalam mempunyai tumbuhan Bonsai Beringin yang sehat serta kokoh.

Baca Juga:  Cara Menanam Melati

Tetapi, selalu jaga kuantitas pupuknya, Salah satu cara yang dapat dicoba ialah memasukan pupuk ke dalam kantung teh serta taruh di atas tanah supaya Kamu tidak memupuk secara berlebih.

Pangkas daun Bonsai Beringin secara berkala

Pada dasarnya, tumbuhan beringin yang besar memanglah populer mempunyai daun yang rimbun. Kuantitas daun yang banyak pula bisa ditemui pada jenis miniaturnya.

Supaya membuat Bonsai Beringin Kamu nampak menawan serta apik. Pakai gunting tumbuhan spesial bonsai yang lebih kecil, sehingga tidak terdapat kesalahan dalam proses pemangkasan daunnya.

Ukuran bonsai yang kecil membuat tumbuhan hias ini sangat membutuhkan atensi spesial mulai dari penanaman sampai penjaannya.

Tidak hanya itu, waktu selama 2 – 3 minggu dibutuhkan untuk memulihkan keadaan pangkal Bonsai Beringin pada tahap awal penanaman yang mewajibkan akarnya dipangkas.

Buat awal masa pertumbuhannya, pastikan Bonsai Beringin Kamu tidak memperoleh cahaya matahari langsung secara berlebih.


Pemupukan

Pemupukan tumbuhan bonsai ini wajib dilakukan dengan dosis yang pas. Dianjurkan pemupukan dicoba satu bulan sekali.

Pupuk yang dapat digunakan ialah NPK ataupun urea, sesuaikan dengan kebutuhan tumbuhan bonsainya. Tidak hanya pupuk buat tanamannya, berikan pula pupuk daun sebanyak 3 kali perbulan.

Pengendalian Hama serta Penyakit

Hama serta penyakit pada tumbuhan bonsai wajib lekas dihilangkan. Bila tidak maka hama serta penyakit itu dapat menyebar serta hendak mengganggu segala tumbuhan bonsai.

Hama yang kerap melanda tumbuhan bonsai merupakan ulat serta wereng cokelat. Cara yang sangat gampang buat melenyapkan hama tersebut merupakan dengan menyemprotkan insektisida.

Demikian ulasan mengenai Bonsai Bringin : Cara Membuat, Proses, Menjaga, Pemupukan, Dan Pengendalian Hama, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah – mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.