Adas Sowa

2 min read

Adas Sowa

Adas Sowa – Hai sobat berkebun.co.id, kali ini kita akan membahas tentang Adas Sowa. Yang mana pada kesempatan kali ini akan di bahas secara singkat dan padat melalui artikel berikut ini :


Adas Sowa


Adas sowa ataupun daun dill mempunyai bahasa latin Anethum graveolens. Adas sowa ialah tumbuhan herba yang kerap digunakan dalam masakan Thailand, India, Eropa ataupun Italia.

Adas sowa ialah tumbuhan dari family Apiaceae yang mempunyai bunga bercorak kuning dan bau yang khas.

Tumbuhan ini termasuk tanaman berbunga serta tanaman semusim. Tumbuhan ini dapat didapatkan di pulau Jawa, diprediksi tumbuhan ini berasal dari Asia barat serta Timur tengah.

Tumbuhan ini mulai digunakan semenjak masa kerajaan mesir, kemudian masuk ke Mesopotamia, dan Bangsa Yunani serta Romawi.

Sehabis itu tumbuhan ini mulai tersebar ke Amerika beserta negara bagiannya, serta Eropa.

Di sebagian wilayah di Indonesia, tumbuhan ini diketahui dengan das pedas (Aceh), adas (Minangkabau, Bali), adas welanda, adas landi (Jawa), papang/pampas  Manado).

Denggu-denggu (Gorontalo), adase (Bugis), hades (Sunda), papas (Alfuru), wala wunga (Sumba), kumpasi (Sangir talaud) serta papaato (Buol).


Arti Adas Sowa

Nama adas sowa ialah Anethum graveolens yang berarti bau yang menusuk, sebaliknya di negara barat adas sowa diketahui dengan nama Dill.

Dikatakan kalau adas sowa masuk dalam kelompok keluarga seledri (ataupun diketahui Apiaceae semacam disebutkan di atas).

Adas sowa dikenalkan pada India oleh orang barat lewat jalan perdagangan, kemudian dibawa oleh orang dagang India ke Indonesia. Di Indonesia setelah itu disebutlah nama adas sowa ataupun adas manis.

Baca Juga:  Pupuk Organik Adalah

Tumbuhan adas sowa ialah tumbuhan semusim yang kerap digunakan bagaikan bumbu dapur ataupun herbal.

Ciri adas sowa merupakan tanamannya yang mirip pakis dengan daunnya yang panjang serta bercorak hijau hitam.

Tumbuhan ini berkembang menggapai 1 m dengan cabang yang banyak dan menciptakan umbi bercorak kekuningan mirip wortel.

Oleh karenanya, tumbuhan adas sowa sesuai ditanam di dalam pot baik bagaikan tumbuhan hias maupun buat disantap.

Batang adas sowa tegak beralur dengan corak hijau pucat sampai hijau muda dan bunganya yang bercorak kuning majemuk membentuk semacam kumpulan payung besar yang menghasilkan bau yang khas menusuk.

Daun serta biji dari tumbuhan adas sowa mempunyai bau yang menusuk diiringi rasa manis yang sedikit getir.

Tumbuhan ini bisa ditanam pada ketinggian 1200 meter (sebagian pendapat berkata dari dataran rendah sampai ketinggian 1800m) di atas permukaan laut.

Isi yang ada pada tumbuhan adas sowa mempunyai isi minyak atsiri sperti anethol, limonene, fenchone, estragol, safrol, alpha pinene, beta pinene serta p-cymen pada varietas dulce.

Buat varietas vulgare memiliki minyak atsiri yang banyak, tetapi paling banyak isi fenchone sehingga lebih terasa getir.

Adas Sowa


Manfaat Daun Dill (Adas Sowa)

Bumbu dapur

Pemakaian adas sowa (daun dill) dikala ini telah banyak paling utama buat digunakan bagaikan bumbu dapur serta obat herbal.

Di Amerika serta Eropa, pemakaian adas sowa bagaikan bumbu dapur telah semenjak lama.

Konsumsinya juga digunakan pada bermacam tipe menu. Sampai saat ini daun tumbuhan ini digunakan dengan dikeringkan buat dibuat masakan western, seafood serta aneka sup.

Tumbuhan obat

Adas sowa pula digunakan sebagai tumbuhan obat-obatan tradisional telah semenjak lama di negara Yunani serta India. Ada pula khasiat adas sowa buat kesehatan ialah bagaikan sumber antioksidan.

Baca Juga:  Manfaat Labu Panjang

Merendahkan kandungan kolesterol, sumber minyak volatile, sumber minyak esensial (Eugenol), melindungi sistem pencernaan, efek penenang, melancarkan ASI, dan sumber vit serta mineral.

Wewangian

Daun dill pada masa dulu sekali pula digunakan bagaikan wewangian ataupun sebagai aromaterapi.


Metode Budidaya Tumbuhan Adas Sowa (Dill)

Budidaya tumbuhan ini pula bisa semacam tumbuhan lain pada biasanya. Tumbuhan dill ataupun adas sowa yang ditanam pula bisa terkena hama serangga.

Meski terdapat banyak hama yang bisa meyerang, tetapi adas sowa termasuk tumbuhan yang lebih tahan dibandingkan serbuan hama pada tumbuhan lain.

Budidaya hendaknya memakai tanah yang produktif dengan isi kapur. Perwatannya cenderung tidak rumit, tetapi buat memperoleh hasil yang optimal hendaknya melakukan pengendalian serbuan hama.

Bersumber pada metode perawatan yang baik, buah yang dihasilkan bisa dipanen hampir 300 sampai 1200 kilogram buah per hektarnya.

Demikian ulasan mengenai Adas Sowa, yang dapat dijelaskan secara singkat dan terperinci oleh Berkebun.co.id, mudah–mudahan bermanfaat bagi anda yang membacanya, selamat mencoba semoga sukses dan terimakasih.

Cara Membuat Bibit Brokoli

admin
1 min read

Menanam Kiwi Di Dataran Rendah

admin
2 min read

Daun Semangka Kuning

admin
2 min read