12 Cara Budidaya Buah Naga Dengan Baik dan Hasil Melimpah

Posted on

12 Cara Budidaya Buah Naga Dengan Baik dan Hasil Melimpah – Pada kesempatan kali ini Berkebun akan membahas mengenai budidaya buah naga dengan baik agar hasil yang diperoleh melimpah. Membudidaya buah naga itu sangat mudah dan pastinya memiliki banyak sekali keuntungan. Karena buah naga ini memiliki manfaat bagi kesehatan diantaranya adalah mencegah kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengontrol diabetes, tinggi akan serat, dan juga kaya zat besi dan juga mencegah anemia.

Nah untuk mengetahui lebih jelas mengenai cara budidaya buah naga langsung saja yuk kita simak penjelasannya sebagai berikut:

12 Cara Budidaya Buah Naga Dengan Baik dan Hasil Melimpah

1. Persiapan Bibit Buah Naga

Pilihlah bibit buah naga yang baik dan bagus, karena akan berpengaruh pada buah naga yang ditanam tersebut. Jika anda membeli bibit buah naga, maka belilah bibit yang berkualitas.

2. Persiapan Lahan

Lahan yang harus disiapkan adalah lahan yang masih bagus dan terhindar dari ancaman longsor, banjir dan lain sebagainya. Kemudian setelah mempersiapkan lahan barulah melakukan pengolahan lahan dengan cara menyesuaikan antara tanah dengan cara tumbuh buah naga tersebut.

12 Cara Budidaya Buah Naga Dengan Baik dan Hasil Melimpah
12 Cara Budidaya Buah Naga Dengan Baik dan Hasil Melimpah

3. Pembuatan Tiang Panjat

Untuk menanam buah naga perlu diperhatikan cara pembuatan tiang panjat. Tiang panjat tersebut dapat digunakan dari bambu atau sejenis lainnya. Tinggi tiang dapat dibuat sekitar 2 sampai 2.5 meter.

Baca Juga:  5 Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Dengan Mudah dan Benar

4. Penanaman

Dalam proses penanaman tersebut dilakukan dengan memasukkan benih buah naga ke dalam lubang kemudian ditimbun dengan menggunakan tanah.

5. Penyiraman

Penyiraman pada buah naga ini dilakukan dengan tidak terlalu basah, dapat dilakukan pada pagi dan sore hari.

6. Pemilihan Pupuk Kimia dan Organik

Pupuk kimia yang digunakan adalah pupuk mutiara khusus untuk buah naga. Kemudian untuk pupuk organiknya menggunakan kualitas yang super baik.

7. Penyemprotan

Penyemprotan dilakukan dengan khusus untuk buah naga, gunakanlah obat khusus untuk buah naga agar tidak berbahaya.

8. Pemeliharaan

Dalam proses pemeliharaan harus dilakukan agar buah naga tidak mudah membusuk dan terkena hama serta penyakit. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan penyemprotan dan sering di lihat dan di jaga.

9. Pemupukan

Pemupukan dilakukan dengan menaburkan pupuk kimia atau pupuk yang khusus diberikan kepada buah naga. Karena dengan pemupukan dapat membantu perangsangan dalam pembuahan yang akan dihasilkan. Lakukan pemupukan agak jauh dari akar dan buah naga, sebab jika dekat maka akan layu dan mati.

10. Pemangkasan

Lakukanlah pemangkasan, agar tidak terdapat siung baru lagi yang akan membuat batang buah naga tersebut tumbuh benih-benih baru. Jika tidak dipangkas maka akan menimbulkan buah yang cukup lama.

11. Penyulaman

Buah naga memiliki batang yang menjulur, maka setiap batang buah naga tersebut disulam agar menjadi tahan ketika berbuah nantinya.

12. Panen

12 Cara Budidaya Buah Naga Dengan Baik dan Hasil Melimpah
12 Cara Budidaya Buah Naga Dengan Baik dan Hasil Melimpah

Buah naga dapat dipanen jika sudah matang, dan ciri buah naga yang sudah matang adalah warnanya yang sudah merah pudar atau merah tua keunguan, maka siap untuk dipanen.

Nah demikianlah informasi mengenaiΒ 12 Cara Budidaya Buah Naga Dengan Baik dan Hasil Melimpah. Semoga informasi ini dapat membantu bagi yang akan membudidaya buah naga. Semoga berhasil yaaa… Terimakasih πŸ™‚