12 Cara Budidaya Brokoli Yang Tepat Agar Hasil Melimpah

2 min read

12 Cara Budidaya Brokoli Yang Tepat Agar Hasil Melimpah

12 Cara Budidaya Brokoli Yang Tepat Agar Hasil Melimpah – Siapa yang tidak kenal dengan sayuran yang satu ini, ya brokoli. Brokoli merupakan tanaman sayuran dari suku kubis-kubisan. Brokoli atau nama ilmiahnya adalah Brassica oleracea merupakan kepala bunga yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang yang tebal, kepala bunga tersebut berwarna hijau dan dikelilingi dedaunan.

Manfaat dari brokoli ini sangat banyak beberapa diantaranya adalah menjaga kesehatan tulang, menambah daya tahan tubuh, mempertajam pengelihatan, menyehatkan kulit dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Maka tidak heran jika sayuran satu ini selalu dicari dan laris di pasaran.

Jadi tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk membudidaya brokoli, kali ini Berkebun akan memberikan informasi mengenai cara budidaya brokoli. Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

12 Cara Budidaya Brokoli Yang Tepat Agar Hasil Melimpah

Adapun cara budidaya brokoli diantaranya adalah

1. Persyaratan Lokasi

Syarat lokasi untuk penanaman brokoli sangatlah penting karena tidak semua lokasi bagus untuk dijadikan sebagai media tanam brokoli. Adapun tempat yang bagus untuk menanam brokoli adalah tempat yang berada di dataran tinggi karena suhunya bagus untuk menanam brokoli. Sedangkan di dataran rendah juga tak kalah bagus namun biasanya akan menghasilkan buah yang kecil.

Baca Juga:  Cara Menanam Kencur Untuk Pemula (Sukses)

2. Pemilihan Bibit Brokoli

Pilihlah bibit brokoli yang bagus dan tidak busuk. Pemilihan bibit brokoli ini juga sangat berpengaruh karena jika bibit bagus maka akan menghasilkan hasil yang bagus, begitu sebaliknya jika bibit jelek maka akan menghasilkan hasil yang buruk.

3. Siapkan Lahan

Dalam mempersiapkan lahan harus dibuat semaksimal mungkin dan carilah lahan yang aman dari tanah longsor dan banjir. Adapun lahan yang bagus untuk menanam brokoli adalah area persawahan atau area khusus perkebunan yang berada di dataran tinggi seperti bukit.

4. Pengolahan Lahan dan Penaburan Pupuk Organik

Sebelum penaburan pupuk, lahan terlebih dahulu di proses pencangkulan atau penggemburan terlebih dahulu agar dalam proses penanaman brokoli sesuai dan tidak terlalu susah. Kemudian taburlah pupuk organik atau pupuk kandang ke dalam lubang tanah dan beri secukupnya. Hal ini bertujuan untuk memproses pertumbuhan brokoli menjadi lebih besar.

5.  Penyemaian

Sebelum melakukan penyemaian, terlebih dahulu siapkan tempat penyemaian yang terbuat dari berbagai bahan seperti dari bekas aqua gelas ataupun dari bahan lainnya. Kemudian dalam penyemaian benih brokoli buat atau tanam per aqua hanya satu biji benih brokoli agar proses perkembangannya bagus. Adapun proses penyemaian dapat dilakukan selama 1 bulan atau 1 ½ bulan agar benih brokoli matang untuk ditanam.

6. Pembuatan Bedengan

Buatlah bedengan agar terlihat rapi dan mudah dalam melakukan proses selanjutnya. Dan buatlah lubang untuk menanam brokoli tersebut.

7. Penaburan Pupuk Kimia

Masukkanlah pupuk kimia seperti ZA, Mutiara, Poska dan pupuk lainnya, tetapi jangan terlalu banyak namun taburkan secukupnya agar tidak berpotensi bahaya pada proses penanaman brokoli nantinya. Setelah anda menaburkan pupuk kimia campurlah dengan bantuan alat yang diaduk rata dengan pupuk organik dan tanah. Biarkan pupuk tercampur merata selama 2 sampai 4 hari.

Baca Juga:  Manfaat Dari Tembaga

8. Cara Menanam Brokoli

Jika sudah dibiarkan selama 4 hari hingga merata dengan tanah, berarti sudah siap untuk menanam bibit brokoli yang sudah disemai. Tanamlah bibit brokoli sekitar umur 1 ½  bulan, karena dalam perkembangannya akan menjadi lebih baik dan tumbuh dengan baik dan hijau.

9. Pemeliharaan

Pemeliharaan merupakan cara dimana anda melihat setiap hari perkembangan brokoli tersebut. Pemeliharaan dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti penyemprotan ataupun yang lainnya.

10. Penyemprotan dan Penyiangan

Penyemprotan dapat dilakukan sesuai dengan dosis yang dianjurkan, agar dapat membasmi. Sedangkan penyiangan dilakukan dengan cara membersihkan rumput yang ada disekitar brokoli agar tidak menganggu pertumbuhannya.

11. Pemberian Pupuk Ulang

Pemberian pupuk ulang, dilakukan dalam umur seminggu dan seterusnya setelah ditanam ke lahan, maka dapat memberi pupuk ulang baik untuk pupuk batang, daun dan buah. Lebih baik lagi jika pupuk tersebut digunakan lengkap dengan dosis yang sesuai dengan anjuran.

12. Panen

12 Cara Budidaya Brokoli Yang Tepat Agar Hasil Melimpah
12 Cara Budidaya Brokoli Yang Tepat Agar Hasil Melimpah

Brokoli yang suah siap untuk dipanen adalah brokoli yang memiliki warna pucat, maka sudah siap untuk dipanen. Lama pemeliharaan brokoli sampai dengan panen tergantung pada suhu tempat penanaman, karena suhu sangat berpengaruh besar dalam penanaman brokoli.

Demikianlah informasi mengenai 12 Cara Budidaya Brokoli Yang Tepat Agar Hasil Melimpah. Semoga informasi tersebut dapat membantu dalam membudidaya brokoli, semoga berhasil. Terimakasih 🙂

Manfaat Pare Belut

admin
2 min read

Kandungan Gizi Cabai

admin
2 min read

Cabai Gendol

admin
6 min read